Sukses

Oman Luncurkan Pusat Penambangan Kripto Senilai USD 350 Juta

Oman telah mengambil langkah tegas dengan meluncurkan pusat penambangan mata uang kripto kedua, menyusul pengumuman fasilitas lain yang sudah berdiri pada November 2022 senilai hampir USD 390 juta.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Transportasi, Komunikasi, dan Teknologi Informasi (Ministry of Transport, Communications, and Information Technology/MTCIT) Oman meresmikan pusat hosting data dan penambangan kripto di Zona Bebas Salalah.

Menelan biaya sekitar USD 350 juta, langkah strategis ini menandai masuknya Oman ke dalam arena cryptocurrency global dan hosting data, sekaligus berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonominya.

Oman telah mengambil langkah tegas dengan meluncurkan pusat penambangan mata uang kripto keduanya, menyusul pengumuman fasilitas lain pada November 2022 senilai hampir USD 390 juta. Investasi gabungan sebesar USD 740 juta ini siap untuk meningkatkan ekonomi digital negara tersebut, menciptakan banyak peluang kerja bagi warga Oman, dan menjadikan negara ini sebagai pusat global terkemuka untuk aktivitas hosting dan penambangan data.

Exahertz International, perusahaan di balik fasilitas ini, membayangkan jaringan pusat berbasis blockchain yang lebih luas di seluruh Kesultanan Oman. CEO Sam Fedows mengindikasikan rencana ekspansi, dimulai dengan proyek percontohan di Zona Bebas Salalah.

Melansir Optimisus, Selasa (22/8/2023), fasilitas yang baru ini sudah beroperasi, memiliki lebih dari 2.000 mesin, dan direncanakan akan diperkuat dengan 15.000 perangkat tambahan pada bulan Oktober. Ruang lingkup proyek dapat diperluas ke daerah lain seperti Al Jabal Al Akhdar dan Kegubernuran Al Dakhiliyah.

Pakai Sumber Daya Lokal

Fedows menekankan bahwa pusat penambangan kripto memanfaatkan sumber daya lokal, termasuk listrik dan sumber daya manusia, untuk mendukung perekonomian Oman. Fasilitas tersebut telah mengadopsi mesin yang diproduksi oleh perusahaan penambangan kripto China yang terkenal, Bitmain Technologies.

Integrasi teknologi dan sumber daya lokal ini siap untuk mendorong pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Oman, selaras dengan keyakinan Fedows terhadap teknologi blockchain sebagai masa depan.

Kyrgyzstan, negara Asia Tengah, juga membuat kemajuan di sektor penambangan kripto dengan menginvestasikan USD 20 juta dalam membangun fasilitas serupa. Terletak di dekat Pembangkit Listrik Tenaga Air Kambar-Ata-2, pusat ini memanfaatkan kelebihan energi yang dihasilkan oleh pembangkit listrik tersebut selama periode tertentu dalam setahun.

Presiden Kyrgyzstan Sadyr Japarov menggarisbawahi niat untuk memaksimalkan pemanfaatan energi, mencegah pemborosan, dan memberikan manfaat bagi sistem energi nasional.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Intip Negara Termahal dan Termurah untuk Menambang Bitcoin

Italia adalah negara termahal untuk menambang bitcoin (BTC), sedangkan Lebanon adalah yang termurah. Hal ini terkait biaya listrik untuk menambang bitcoin tersebut.

Dilansir dari riset CoinGecko, Italia adalah negara termahal untuk penambang crypto karena dibutuhkan biaya listrik hampir USD 210.000 atau Rp 3,06 miliar (asumsi kurs Rp 15.327 per dolar Amerika Serikat) untuk menghasilkan satu BTC. Negara Eropa lainnya yakni Austria, Belgia, Denmark, dan Jerman mengikuti sebagai wilayah yang paling tidak menguntungkan.

Hal ini menarik untuk memberikan catatan menambang bitcoin menguntungkan hanya di 62 dari 147 negara yang dianalisis oleh CoinGecko. Meskipun ada masalah ekonomi, Lebanon adalah destinasi termurah untuk kegiatan semacam itu.

Seperti Tidak Ada Jalan bagi Penambang di Eropa

Menambang bitcoin bergantung pada beberapa faktor vital saat memutuskan untuk bergabung dengan ekosistem, biaya listrik, kualitas mesin yang digunakan, dan kesulitan penambangan jaringan.

Melalui Cryptopotato.com ditulis Selasa (22/8/2023),  Agregator data kripto CoinGecko mengungkap bahwa rata-rata nilai listrik rumah tangga untuk menghasilkan satu bitcoin adalah 46.291 USD atau 709 juta rupiah. Ini hampir dua kali lipat dari harga digital terkemuka saat ini (sekitar 26.000 dollar atau 398 juta rupiah saat ini ditulis). 

Bagaimanapun, ada wilayah yang memiliki harga menambang BTC jauh lebih mahal. Italia berada di urutan teratas pada daftar dengan biaya listrik 208.560 USD atau 437 juta rupiah untuk menghasilkan satu bitcoin. Beberapa negara Eropa lainnya, seperti Austria, Belgia, Jerman, Belanda, Inggris, dan lainnya mengikuti dari posisi 2 hingga 9. Pulau Cayman menjadi satu-satunya negara dari top 10 yang tidak berlokasi di Old Continent.

CoinGecko menetapkan bahwa tingginya biaya energi di Eropa dapat disebabkan oleh berbagai alasan, termasuk lonjakan harga grosir listrik global tak lama setelah pandemi COVID-19 dan krisis yang disebabkan oleh konflik militer antara Rusia dan Ukraina.

 
 
3 dari 3 halaman

Negara Termurah

Penelitian memperkirakan ada perbedaan yang cukup besar dalam biaya listrik di antara benua. Contohnya, harga rata-rata energi rumah tangga untuk menambang satu BTC di Eropa diperkirakan sebesar USD 85.767 atau Rp 1,3 miliar, sedangkan di Asia, angka ini sedikit lebih tinggi dari USD 20.000 atau Rp 306 juta.

Lebanon terlihat seperti pilihan yang tepat untuk penambang kripto karena hanya membutuhkan USD 266 atau Rp 4 juta untuk menghasilkan satu bitcoin. Iran, Syria, Ethiopia, dan Sudan adalah top 5 dengan wilayah termurah.

Ada negara-negara yang biaya listriknya juga rendah, tetapi pemerintah setempat telah memberlakukan larangan operasi mata uang kripto. Salah satunya Irak, yang membutuhkan kurang dari USD 4.000 atau Rp 61 juta untuk menambang satu BTC.

"Bank Sentral Irak melarang penggunaan cryptocurrency pada tahun 2017. Jika tidak, Irak akan masuk sebagai negara termurah kesembilan untuk menambang bitcoin,” kata CoinGecko.

Bagaimana dengan Amerika Serikat?

Meskipun berada di tengah-tengah daftar tersebut, negara dengan perekonomian terbesar di dunia, Amerika Serikat memiliki biaya listrik yang jauh lebih mahal yaitu USD 46.280 atau Rp 709 juta dibandingkan Kanada yang sebesar USD 33.250 atau Rp 509 juta dan Meksiko sebesar USD 26.340 atau Rp 403 juta.

Perlu disebutkan harga energi memiliki variasi yang berbeda di setiap negara bagian, menjadikan negara-negara dengan tarif lebih murah menjadi pusat kripto lokal. Perusahaan penambangan bitcoin terkemuka, Riot Platforms, misalnya, telah memfokuskan operasinya di Colorado dan Texas, dua wilayah Amerika Serikat yang menawarkan biaya energi yang lebih rendah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.