Sukses

Wali Kota Miami Francis Suarez Terima Sumbangan Kripto untuk Kampanye Presiden AS 2024

Wali kota Miami dari Partai Republik Francis Suarez mengumumkan menerima bitcoin untuk sumbangan kampanye. Francis Suarez ingin menantang presiden petahan Joe Biden dalam pemilu Amerika Serikat (AS).

Liputan6.com, Jakarta - Wali kota Miami dari Partai Republik Francis Suarez mengumumkan pihaknya menerima cryptocurrency untuk sumbangan kampanye. Kandidat presiden 2024 mengungkapkan keputusan untuk mengizinkan mata uang digital dalam siaran TV Coindesk.

Hal itu diungkapkan oleh Suarez pada, 4 Agustus 2023. Adapun Francis Suarez yang saat ini menjabat sebagai wali kota Miami terkenal karena sikapnya terhadap bitcoin dan aset kripto. Ia ingin menantang presiden petahana Joe Biden dalam pemilihan umum AS 2024.  

Melansir Cointelegraph, Minggu (6/8/2023), Suarez mengumumkan untuk mengizinkan aset kripto untuk sumbangan kampanye, bergabung dengan dua kandidat lain yang mengungkapkan mereka juga menerima bitcoin untuk sumbangan. Suarez menyampaikan berita tersebut di siaran TV Coindesk.

"Secara resmi, kampanye saya mengizinkan bitcoin. Ini adalah proses pengembangan teknologi yang akan menciptakan peluang demokratisasi untuk penciptaan kekayaan dan tidak dimanipulasi oleh motif tersembunyi manusia, tujuan politik, dan lain-lain," kata Suarez.

Namun, Francis Suarez tidak hanya menerima bitcoin. Situs web kandidat presiden mengatakan kripto ini mengarah ke portal yang mengizinkan donasi crypto. Portal terhubung ke faktur Bitpay setelah jumlah donasi yang dipilih.  

Di portal faktur Bitpay, pembayaran diarahkan ke Suarez untuk President Inc. Pembayaran dapat dilakukan dalam BTC, BCH, LTC, DOGE, XRP, ETH, SHIB, USDC, DAI, MATIC, APE, BUSD, WBTC, USDP, GUSD, dan EUROC. Menariknya, tether (USDT) ditampilkan di faktur Bitpay tetapi tidak didukung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Izinkan Bitcoin untuk Sumbangan Kampanye

Suarez bergabung dengan kandidat presiden Robert F. Kennedy Jr., seorang Demokrat, yang mengumumkan penerimaannya terhadap BTC pada 21 Mei 2023, dan Vivek Ramaswamy, seorang Republikan, yang membuat pengumuman untuk mengizinkan BTC untuk sumbangan kampanye hanya beberapa jam setelah Kennedy pada saat yang sama.

Konvensi Bitcoin 2023 di Miami. Pemilihan presiden 2016 adalah kandidat pertama yang menerima kripto untuk pembiayaan kampanye.

Rand Paul, seorang Republikan dan putra Ron Paul, mengumumkan penerimaannya terhadap BTC pada April 2015, menjadi kandidat presiden pertama dalam sejarah Amerika yang menerima sumbangan melalui cryptocurrency.  

Kandidat presiden dari Partai Demokrat Andrew Yang dan Eric Swalwell menerima mata uang digital untuk pencalonan 2020 mereka. Suarez membuat nama untuk dirinya sendiri di crypto space bertahun-tahun yang lalu, dibayar dalam bitcoin dan memilih untuk menginvestasikan sebagian dari rencana pensiun 401 (k) dalam bitcoin.

3 dari 4 halaman

Wali Kota Miami Francis Suarez Siap Adopsi Bitcoin

Sebelumnya,  Wali kota Miami Francis Suarez memberikan pandangannya soal Bitcoin pada konferensi Bitcoin 2022 yang berlangsung di kotanya minggu lalu. 

Wali kota pro-bitcoin telah memimpin beberapa inisiatif Bitcoin di kota dan negara bagiannya. Gajinya juga sudah dibayar dalam Bitcoin dan pegawai kotanya dapat memilih untuk dibayar dalam Bitcoin.

“Saya perlu mengartikulasikan visi untuk negara ini. Visinya sederhana. Saya menyebutnya: Visi untuk Bitcoin Amerika 2024,” kata Suarez dikutip dari Bitcoin.com, Minggu (17/4/2022). 

Suarez menjelaskan memiliki tiga poin dalam visinya tersebut yaitu yang pertama adalah perlu memilih kandidat pro-bitcoin dan presiden Amerika Serikat berikutnya harus menjadi kandidat pro-bitcoin.

“Karena yang dipertaruhkan adalah undang-undang federal yang dapat mendorong kita ke generasi berikutnya atau dapat membuat kita mundur. Ada satu hal yang tidak boleh dilakukan Amerika Serikat. Amerika Serikat tidak boleh menyetujui apa pun dengan Rusia dan China dalam hal Bitcoin,” ujar Suarez. 

Hal kedua dalam visinya yang perlu lakukan tahun ini adalah mengintegrasikan Bitcoin ke dalam setiap aspek masyarakat. 

“Kami perlu memastikan Anda dapat pergi ke toko serba ada dan membeli Snickers dengan satoshi (satuan terkecil Bitcoin),” ujar Suarez. 

Wali kota Miami Suarez melanjutkan untuk menyoroti poin ketiganya.

“Hal terakhir yang perlu kita lakukan adalah kita perlu melepaskan kekuatan makro Bitcoin. Bitcoin memiliki kekuatan untuk mendemokratisasikan dan menciptakan kekayaan bagi mereka yang tidak memiliki rekening bank dan bagi orang miskin di komunitas kami yang dihancurkan oleh inflasi dan pengeluaran pemerintah yang merajalela,” tuturnya.

Dalam pidato penutupan, Suarez menyimpulkan dirinya menginginkan dunia kebebasan. Dunia di mana orang dapat memilih takdir mereka sendiri, di mana hari esok mereka lebih baik daripada hari kemarin. 

 

4 dari 4 halaman

Senator AS Kenalkan RUU Terkait Ancaman Adopsi Bitcoin El Salvador

Sebelumnya, Senator Amerika Serikat (AS) Jim Risch dan Bob Menendez memperkenalkan RUU terkait ancaman yang dapat ditimbulkan dari adopsi Bitcoin milik El Salvador. 

Dilansir dari Decrypt, ditulis Jumat (4/8/2023), RUU itu meminta laporan Departemen Luar Negeri tentang adopsi bitcoin dan potensi El Salvador berdampak pada hubungan ekonomi bilateral dan kerjasama penegakan hukum.

RUU tersebut yang dinamai Undang-Undang Akuntabilitas untuk Cryptocurrency di El Salvador (ACES), pertama kali diperkenalkan pada Februari tahun lalu oleh Risch, Menedez dan Bill Cassidy. 

Para pembuat undang-undang menginginkan analisis adopsi Bitcoin oleh El Salvador sebagai alat pembayaran yang sah dan risiko untuk keamanan dunia maya, stabilitas ekonomi, dan pemerintahan demokratis di El Salvador.

El Salvador menjadi topik utama pada 2021 ketika menjadi negara pertama di dunia yang membuat tender legal Bitcoin. Presiden EL Salvador, Nayib Bukele telah membeli cryptocurrency dalam jumlah besar dan bisnis di El Salvador sekarang harus menerima Bitcoin secara hukum jika mereka memiliki sarana teknologi untuk melakukannya.

Eksperimen Bitcoin Presiden Bukele telah dipuji oleh orang-orang di dunia cryptocurrency, tetapi dikritik oleh lembaga seperti Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia.

Saifedean Ammous, penulis buku “The Bitcoin Standard,” minggu ini menjadi penasihat ekonomi terbaru untuk National Bitcoin Office (ONBTC) El Salvador, sebuah entitas yang mengelola semua hal yang berkaitan dengan cryptocurrency di negara tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.