Sukses

El Salvador Gelontorkan Rp 14,8 Triliun Bangun Penambangan Bitcoin

Proyek ini akan dimulai dengan USD 250 juta atau setara Rp 3,7 triliun awal.

Liputan6.com, Jakarta Kemitraan publik-swasta di El Salvador akan menggelontorkan USD 1 miliar atau setara Rp 14,8 triliun (asumsi kurs Rp 14.849 per dolar AS)untuk menciptakan salah satu ladang penambangan bitcoin terbesar di dunia, grup bernama Volcano Energy mengumumkan pada Senin, 5 Juni 2023.

Proyek ini akan dimulai dengan USD 250 juta atau setara Rp 3,7 triliun awal, didukung oleh pemimpin utama industri Bitcoin bekerja sama dengan pengembang energi terbarukan, kata Volcano Energy dalam sebuah pernyataan. 

Dilansir Yahoo Finance, Selasa (6/6/2023), kantor Bitcoin negara bagian El Salvador juga membuat cuitan di Twitter tentang berita itu. 

Volcano Energy mengatakan dana tersebut akan digunakan untuk lahan pembangkit listrik sekitar 241 MW menggunakan energi matahari dan angin di kota barat laut Metapan, yang pada akhirnya akan memberi daya pada ladang penambangan bitcoin.

Penambangan Bitcoin menggunakan komputer berkekuatan tinggi yang terhubung ke jaringan global, menyedot listrik dalam jumlah besar dalam prosesnya. Praktik intensif energi ini mendapat kecaman dari para pencinta lingkungan yang khawatir hal itu akan memperburuk hilangnya hutan dan perubahan iklim.

Pengumuman itu datang dua tahun setelah Presiden Salvador Nayib Bukele menyatakan niatnya untuk menjadikan bitcoin sebagai alat pembayaran sah di El Salvador.

Bukele dan para pendukung bitcoinnya mengatakan mata uang tersebut dapat mendatangkan pekerjaan, inklusi keuangan, dan investasi asing ke negara tersebut, salah satu yang termiskin di Belahan Barat.

Pemerintah El Salvador akan memiliki "partisipasi yang disukai setara dengan 23 persen dari pendapatan dalam proyek tersebut, kata Volcano Energy, dengan investor swasta memegang 27 persen.

Sisa 50 persen akan diinvestasikan kembali ke infrastruktur, kata pernyataan itu, tanpa mengklarifikasi keseluruhan struktur kepemilikan.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesulitan Penambangan Bitcoin Tembus Rekor Baru

Bitcoin mencapai tonggak sejarah baru karena kesulitan penambangan (mining difficulty) aset tersebut meningkat 3,4 persen di ketinggian blok 792.288 pada Rabu, 31 Mei 2023.

Tingkat kesulitan melampaui angka 50 triliun untuk pertama kalinya dalam sejarah Bitcoin, mencapai angka 51,23 triliun. Sebagai informasi, mining difficulty adalah tingkat kesulitan dalam menambang bitcoin untuk menjaga jumlah bitcoin yang beredar agar harganya terus meningkat.

Semakin banyak miner yang berpartisipasi maka tingkat kesulitan mining akan bertambah. Sebaliknya, semakin sedikit miner yang berpartisipasi maka tingkat kesulitan mining akan berkurang.

Data mengungkapkan sekitar 373 exahash per detik (EH/s) dari hashrate berkomitmen untuk blockchain Bitcoin, dan hashpower jaringan telah tumbuh secara konsisten. Misalnya, pada 2 Mei 2023 di blok 787.895, hashrate jaringan mencapai angka tertinggi sepanjang masa sebesar 491,15 EH/s.

Karena hashrate yang meningkat ini dan interval blok yang lebih cepat, kesulitan meningkat sebesar 3,22 persen pada 18 Mei di ketinggian blok 790.272.

Melansir laman Bitcoin, Kamis (1/6/2023), penyesuaian kesulitan terbaru terjadi pada ketinggian blok 792.288 dengan peningkatan 3,4 persen. Kesulitan naik dari 49,55 triliun menjadi 51,23 triliun, setelah lonjakan Rabu, 31 Mei 2023.

Ini adalah pertama kalinya Bitcoin mencatat kesulitan di atas angka 50 triliun, yakni pada angka 51,23 triliun mewakili nilai terendah hash yang dihitung harus di bawah agar penambang berhasil menambang blok baru.

 

3 dari 3 halaman

Kumpulan Terbesar

Karena meningkatnya kesulitan dalam penambangan, sekarang dibutuhkan daya komputasi dan sumber daya yang lebih tinggi untuk menemukan hash yang valid dan imbalan penambangan yang aman.

Saat ini, Foundry USA adalah kumpulan penambangan terkemuka yang memberikan kontribusi hashrate terbanyak ke jaringan dengan 114,75 EH/s dan memimpin 30,26 persen dari total hashrate pada 31 Mei.

Mengikuti jejak Foundry termasuk kolam (pool) penambangan Antpool (79,75 EH/s), F2pool (55,34 EH/s), Binance Pool (34,99 EH/s), dan Viabtc (29,30 EH/s).

Jaringan mencatat hashrate rata-rata sekitar 366 EH/s sepanjang 2.016 blok terakhir. Penyesuaian kesulitan berikutnya pada jaringan Bitcoin dijadwalkan berlangsung sekitar 14 Juni 2023.

Meskipun kesulitan penambangan meningkat, penambang bitcoin tetap tidak terpengaruh, dan hashrate jaringan secara keseluruhan tetap konstan, menunjukkan tren aktivitas yang tak tergoyahkan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini