Sukses

Binance Mulai Transisi ke Platform Baru di Jepang

Pertukaran kripto Binance mulai proses pembentukan anak usaha baru dan teregulasi penuh di Jepang. Hal tersebut dilakukan setelah akuisisi pertukaran kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah lima tahun keluar dari pasar Jepang, pertukaran crypto Binance telah memulai proses pembentukan anak perusahaan baru dan teregulasi penuh di negara tersebut. Langkah ini mengikuti akuisisi pertukaran crypto yang diatur Sakura Exchange Bitcoin (SEBC) pada November 2022.

Melansir Cointelegraph, Minggu (28/5/2023), sebagai bagian dari kesepakatan, SEBC akan menghentikan layanannya saat ini pada 31 Mei dan dibuka kembali sebagai Binance Jepang dalam beberapa minggu mendatang. Pengguna platform global bursa di negara tersebut harus mendaftar dengan entitas baru. Migrasi akan tersedia setelah 1 Agustus 2023, dan akan menyertakan proses verifikasi identitas (KYC) baru untuk memenuhi persyaratan lokal.

Dana yang tersisa di bursa SEBC akan secara otomatis dikonversi ke yen Jepang dan ditransfer ke rekening bank pengguna mulai bulan Juni, ungkap Binance sebelumnya.

Dengan lanskap peraturan yang menyempit, strategi pertukaran untuk memperluas jangkauan globalnya adalah mengakuisisi entitas yang diatur secara lokal. Binance melakukan langkah serupa di Singapura pada 2021, di Malaysia pada 2022, dan di Thailand baru-baru ini. Di Jepang, ia menutup operasinya pada 2018, setelah gagal mendapatkan lisensi independen dari regulator lokal.

Menurut pemberitahuan di situsnya, bursa tidak akan menyediakan layanan derivatif di Jepang. Versi global Binance tidak akan menerima akun turunan baru dari pengguna di negara tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rencana Binance

Selain itu, penduduk di Jepang yang menggunakan platform global tidak akan dapat meningkatkan atau membuka posisi opsi baru setelah 9 Juni. Pending order akan dibatalkan, dan posisi yang ada harus ditutup sebelum 23 Juni, kata pihak bursa. Token Binance Leveraged tidak akan tersedia untuk perdagangan atau langganan.

"Di masa depan, kami berencana untuk terus memperkaya penawaran layanan kami di Jepang dan akan bekerja sama dengan regulator untuk menyediakan layanan turunan dengan cara yang sepenuhnya sesuai," tulis perusahaan tersebut.

Jepang adalah salah satu negara pertama yang memperkenalkan peraturan crypto. Undang-undang setempat berkontribusi pada pemulihan dana yang cepat pada bulan Februari di FTX Jepang, anak perusahaan dari pertukaran crypto FTX yang sekarang bangkrut. Peraturan Jepang mewajibkan pertukaran kripto untuk memisahkan dana klien dari aset lain.

 

3 dari 4 halaman

Binance Luncurkan Fitur Pinjaman NFT, Apa Itu?

Sebelumnya, pasar kripto Binance meluncurkan fitur pinjaman non-fungible token (NFT) di mana pemegang aset digital dapat melakukan pinjaman kripto Ethereum (ETH) dengan menggunakan NFT mereka sebagai jaminan.

“Layanan baru, yang disebut Binance NFT Loan, akan memungkinkan orang menggunakan NFT blue-chip untuk meminjam kripto, dimulai dengan ETH, memperkenalkan manfaat DeFi ke komunitas Binance NFT," kata Binance dalam siaran pers, dikutip dari CoinDesk, Jumat (26/5/2023).

Menurut platform, fitur ini menawarkan suku bunga kompetitif, likuiditas instan, biaya gas nol, dan perlindungan likuiditas. Ini menggunakan pendekatan "Peer-to-Pool" di mana Binance bertindak sebagai kumpulan pinjaman.

Fitur tersebut, yang diluncurkan pada Jumat, awalnya hanya akan mendukung pinjaman Ethereum dan NFT blue chip seperti Bored Ape Yacht Club (BAYC), Mutant Ape Yacht Club (MAYC), koleksi Azuki dan Doodles. Platform berencana untuk meluncurkan opsi baru di masa mendatang.

Kepala produk di Binance, Mayur Kamat mengatakan dalam siaran pers fitur baru ini akan memberikan opsi likuiditas baru bagi pemegangnya, memungkinkan mereka untuk berpartisipasi di pasar tanpa harus melepaskan NFT berharga mereka.

Kami telah menambahkan sejumlah fitur yang menjadikannya toko serba ada untuk perdagangan NFT dan layanan keuangan untuk komunitas kami," kata Kamat.

Binance baru-baru ini memperluas penawaran NFT untuk tetap kompetitif, merangkul tren yang terlihat di seluruh ruang kripto. Pada Maret, platform meluncurkan versi beta untuk "Bicasso", generator NFT bertenaga kecerdasan buatan (AI). Kemudian pada Mei, diumumkan mereka akan segera menambahkan dukungan untuk NFT Bitcoin.

 

4 dari 4 halaman

Binance Hengkang dari Kanada Setelah Regulasi Makin Ketat

Sebelumnya, pertukaran crypto Binance mengumumkan akan menghentikan operasinya di Kanada. Hal itu mempertimbangkan regulasi negara setempat yang disebut kian menantang, meski perusahaan memiliki harapan besar untuk industri blockchain Kanada lainnya.

“Regulasi baru terkait stablecoin dan batas investor yang diberikan untuk pertukaran crypto membuat pasar Kanada tidak lagi dapat dipertahankan untuk Binance saat ini,” ungkap Binance, dikutip dari CoinDesk, Minggu (14/5/2023).

Pada Februari lalu, Administrator Sekuritas Kanada (Canadian Securities Administrators/CSA) mengungkapkan aturan baru yang melarang platform perdagangan aset kripto di negara tersebut untuk mengizinkan pelanggan membeli atau menyimpan stablecoin tanpa persetujuan sebelumnya dari CSA.

Untuk memperoleh persetujuan, platform perdagangan crypto diharuskan menjalani pemeriksaan uji tuntas CSA hingga dinyatakan lolos. Binance menambahkan mereka tidak setuju dengan peraturan baru tersebut tetapi masih berharap dapat bekerja sama dengan regulator Kanada untuk lebih mengembangkan kerangka peraturan seputar cryptocurrency.

Di sisi lain, salah satu pendiri dan CEO Binance Changpeng Zhao (CZ) adalah warga negara Kanada. Sehingga keluarnya Binance dari Kanada dinilai sebagai hal yang sentimental.

Selama setahun terakhir, Binance telah menerima pengawasan yang lebih ketat dari regulator Amerika Utara, dan tampaknya mengurangi operasi di wilayah tersebut. Awal tahun ini, Binance mengatakan sedang mempertimbangkan untuk memutuskan hubungan dengan mitra bisnis AS.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.