Sukses

Perusahaan Kripto Messari PHK 15 Persen Pegawai

CEO perusahaan mengatakan ini adalah penataan kembali yang sulit,

Liputan6.com, Jakarta Putaran PHK di industri kripto masih berlanjut. Kali ini, perusahaan analisis kripto, Messari telah memangkas 15 persen karyawannya sebagai bagian dari upaya restrukturisasi perusahaan. 

CEO Messari, Ryan Selkis mengatakan ini adalah penataan kembali yang sulit, namun terfokus dalam jangka panjang yang akan membantu perusahaan melayani kebutuhan data pelanggan dengan lebih baik dalam iklim ekonomi dan teknologi yang berkembang pesat. 

“Kami berterima kasih atas kontribusi dari karyawan yang telah berpisah dengan kami, dan telah memberi mereka paket pemisahan untuk memudahkan transisi,” kata Selkis dikutip dari CoinDesk, Selasa (28/2/2023). 

Selkis mengungkapkan perusahaan berencana untuk mempekerjakan sejumlah posisi terbuka dan akan terus bekerja untuk menghadirkan transparansi dan standar data yang lebih baik di industri kripto. 

“Hambatan pasar dalam kripto dan teknologi secara umum menyebabkan keputusan yang sulit. Tapi saya yakin langkah ini akan menempatkan kami pada pijakan yang lebih kuat dalam jangka panjang," ungkap Selkis dalam sebuah cuitan di Twitter pada Kamis.

Tahun lalu, perusahaan analisis kripto ini berhasil menutup putaran Seri B senilai USD 35 juta atau setara Rp 532,4 miliar (asumsi kurs Rp 15.211 per dolar AS) yang dipimpin oleh Brevan Howard Digital.

Messari adalah perusahaan terbaru dari serangkaian perusahaan kripto terkemuka yang mengumumkan pemutusan hubungan kerja dalam upaya untuk mengatasi musim dingin kripto yang dimulai sejak awal 2022. 

Perusahaan kripto lainnya seperti Coinbase dan Ethereum, Polygon Labs, memangkas 20 persen tenaga kerja mereka dalam beberapa bulan terakhir. 

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PHK Terjadi Lagi, Perusahaan Gaming Kripto Immutable Pangkas 11 Persen Pegawai

Perusahaan game kripto di Australia, Immutable memangkas 11 persen tenaga kerjanya, menurut surat pengumuman perusahaan kepada karyawan. Immutable menjadi perusahaan terbaru di industri kripto yang melakukan putaran PHK. 

Chief Executive dan co-founder Immutable, James Ferguson menjelaskan alasan PHK ada pada kebutuhan untuk memaksimalkan berapa lama cadangan kas akan bertahan dan menggunakan sumber dayanya untuk proyek yang paling penting.

“Saya bertanggung jawab penuh atas tindakan ini. Saya minta maaf kepada semua pegawai Immutables yang terkena dampak perubahan ini,” kata Ferguson dikutip dari CoinDesk, Kamis (23/2/2023). 

Pengumuman itu mengungkapkan, staf yang terkena dampak akan ditawari rata-rata gaji redundansi 10 minggu, laptop, konseling, pelatihan, dan outplacement layanan. 

Laporan dari The Sydney Morning Herald (SMH), mengatakan bahwa laporan keuangan ke Komisi Sekuritas dan Investasi Australia menunjukkan Immutable memperoleh dana sebesar USD 27 juta atau setara Rp 410,3 miliar (asumsi kurs Rp 15.198 per dolar AS), tetapi memiliki pengeluaran USD 83 juta atau setara Rp 1,2 triliun.

Juru bicara Immutable mengatakan kepada The Sydney Morning Herald perusahaan saat ini memiliki USD 280 juta atau setara Rp 4,2 triliun dalam bentuk tunai di neraca, memberikannya lebih dari empat tahun cadangan kas dengan tingkat pengeluaran saat ini.

Beberapa hari lalu perusahaan kripto lainnya yang melakukan PHK adalah Polygon Labs. Perusahaan telah memberhentikan 100 karyawan, atau hampir 20 persen dari posisinya. 

 

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 3 halaman

Badai PHK Kripto Berlanjut, Polygon Labs PHK 100 Pegawai

Sebelumnya, perusahaan kripto Polygon Labs mengatakan telah memberhentikan 100 karyawan, atau hampir 20 persen dari posisinya, pada Selasa, 21 Februari 2023. Ini menjadikannya perusahaan aset digital terbaru yang melakukan gelombang PHK.

Dilansir dari Channel News Asia, Rabu (22/2/2023), karyawan masing-masing akan menerima pesangon selama tiga bulan, terlepas dari level atau masa kerja mereka di perusahaan, kata pihak Polygon Labs dalam sebuah postingan blog.

Platform terdesentralisasi yang membuat koin digital Ethereum lebih mudah diakses didirikan pada 2017 sebagai Matic dan diganti namanya menjadi Polygon pada Februari 2021.

Nilai lebih dari triliun dolar telah terhapus dari sektor kripto tahun lalu karena kenaikan suku bunga memperburuk kekhawatiran akan penurunan ekonomi.

Kecelakaan itu menyebabkan kebangkrutan para pemain industri utama seperti crypto hedge fund Three Arrows Capital dan Celsius Network.

Pukulan terbesar bagi industri kripto datang setelah crypto exchange FTX mengajukan perlindungan kebangkrutan pada November 2022.

Kejatuhannya yang cepat telah memicu pengawasan peraturan global yang ketat tentang bagaimana perusahaan kripto menyimpan dana dan melakukan operasi bisnis.

Bulan lalu, Luno milik Digital Currency Group mengatakan akan memangkas 35 persen dari total tenaga kerjanya untuk menghadapi kemerosotan harga di pasar cryptocurrency.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.