Sukses

Komite Pengawasan AS Minta Pertukaran Kripto Ungkap Cara Perangi Penipuan

Surat yang dikirim diminta untuk menampilkan upaya memerangi penipuan kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Komite Pengawasan dan Reformasi DPR AS meningkatkan tekanan pada agen federal dan pertukaran kripto untuk melindungi para nasabah atau penggunanya dari penipuan. 

Dalam serangkaian surat yang dikirim, komite meminta empat lembaga, termasuk Departemen Keuangan, Komisi Perdagangan Federal, Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas, dan Komisi Sekuritas dan Bursa. 

Sura itu juga ditujukan kepada lima pertukaran aset digital Coinbase, FTX, Binance US, Kraken, dan KuCoin tentang apa yang mereka lakukan untuk melindungi konsumen dari penipuan dan memerangi penipuan terkait cryptocurrency.

Menurut penelitian dari FTC, lebih dari USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,8 triliun dalam kripto telah hilang karena penipuan sejak awal 2021. 

“Karena cerita tentang harga yang meroket dan kekayaan semalam telah menarik investor profesional dan amatir ke cryptocurrency, scammers telah menguangkannya,” tulis Ketua Subkomite Kebijakan Ekonomi dan Konsumen, Raja Krishnamoorthi, dikutip dari CNBC, Senin (3/10/2022). 

Raja menambahkan, kurangnya otoritas pusat untuk menandai transaksi yang mencurigakan dalam banyak situasi, transaksi yang tidak dapat diubah, dan pemahaman yang terbatas yang dimiliki banyak konsumen dan investor tentang teknologi yang mendasarinya menjadikan cryptocurrency sebagai metode transaksi pilihan untuk scammers.

Surat-surat itu meminta agar agen federal dan pertukaran kripto merespons pada 12 September dengan informasi tentang apa yang mereka lakukan untuk melindungi konsumen. Komite mengatakan tanggapan ini dapat digunakan untuk menyusun solusi legislatif.

Secara khusus, surat-surat tersebut meminta agar bursa memberikan dokumen sejak 1 Januari 2009, yang menampilkan upaya untuk memerangi penipuan kripto, serta menunjukkan upaya yang dilakukan untuk mengidentifikasi, menyelidiki, dan menghapus atau menandai aset digital yang berpotensi penipuan. atau akun.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Popularitas Kripto di Amerika Serikat Menurun Akibat Crypto Winter

Sebelumnya, popularitas cryptocurrency dengan investor Amerika sedang menurun. Menurut survei Bankrate September, pada 2022, hanya sekitar 21 persen orang Amerika yang merasa nyaman berinvestasi dalam cryptocurrency. Itu turun dari 35 persen pada 2021. Penurunan ini terjadi di tengah kondisi yang disebut crypto winter.

Meskipun tingkat kenyamanan turun dengan investor lintas generasi, penurunan itu paling tajam di kalangan milenial. Hampir 30 persen investor Amerika Serikat berusia antara 26 dan 41 tahun merasa nyaman pada 2022, dibandingkan dengan hampir 50 persen pada 2021.

Penurunan ini tidak mengejutkan, mengingat hampir USD 2 triliun atau sekitar Rp 30.395 triliun telah hilang dari seluruh pasar kripto sejak November 2021. Harga mata uang digital populer seperti bitcoin telah berjuang untuk mencapai level tertinggi 2021. 

Salah satu perwakilan Bankrate, James Royal mengatakan trader aset apa pun adalah penggemar keuntungan. Dengan cryptocurrency utama seperti Bitcoin dan Ethereum turun lebih dari 70 persen dari tertinggi sepanjang masa, tidak mengherankan jika peminatnya menurun. 

"Penurunan harga kripto tidak membantu penyebab menarik lebih banyak orang ke kripto,” ujar Royal, dikutip dari CNBC, Jumat, 30 September 2022.

Bitcoin telah diperdagangkan antara USD 18.000 dan USD 25.000 sejak Juni turun dari rekor tertinggi lebih dari USD 65.000 pada November 2021. Cryptocurrency dianggap sebagai aset yang sangat fluktuatif yang tunduk pada fluktuasi harga yang tidak dapat diprediksi. 

Pakar keuangan biasanya menyarankan untuk tidak menginvestasikan lebih banyak uang ke dalam cryptocurrency karena tidak ada jaminan untuk mendapatkan keuntungan.

3 dari 4 halaman

Pembeli Kripto Kini Angkat Tangan Usai Rugi 50 Persen

Sebelumnya, membeli bitcoin (BCT) saat bull market atau menguat 2021, mengaku angkat tangan lantaran merugi hingga 50 persen.

Dalam salah satu pembaruan pasar Quicktake per 29 September, platform analitik on-chain CryptoQuant mengungkapkan penjualan yang intens oleh sejumlah besar pemilik bitcoin baru-baru ini. Kontributor CryptoQuant, Edris menunjukkan mereka yang membeli antara April 2021 dan April 2022 telah menjual koin secara massal dengan harga lebih murah daripada yang mereka beli.

"Koin ini telah dibeli antara April 2021 dan April 2022 dengan harga di atas USD 30.000. Sinyal ini berarti bahwa banyak pemegang yang telah memasuki pasar selama bull market 2021, baru-baru ini menyerah dan keluar dari pasar dengan perkiraan kerugian 50 persen,” kata Edris, dikutip dari laman Cointelegraph, Sabtu (1/10/2022).

Mengikuti tren enam bulan terakhir atau lebih, faktor-faktor saat ini terus memberikan tekanan pada harga BTC, di antaranya kekhawatiran terus-menerus tentang potensi regulasi kripto yang ketat. Kemudian kebijakan Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) mengenai kenaikan suku bunga dan pengetatan kuantitatif. Disusul kekhawatiran geopolitik Rusia—Ukraina dan persenjataan sumber daya alam permintaan tinggi yang diimpor oleh Uni Eropa.

Tak kalah mencekam, pasar mencermati sentimen risk-off yang kuat karena kemungkinan AS dan resesi global. Tantangan bertubi-tubi itu telah membuat aset dengan volatilitas tinggi kurang menarik bagi investor institusi, dan euforia yang terlihat selama bull market 2021 sebagian besar telah hilang.

4 dari 4 halaman

The Fed Sebut Mengatur Stablecoin Jadi Prioritas

Sebelumnya, Wakil ketua pengawasan baru Federal Reserve, Michael Barr, mengatakan awal bulan ini, mengatur stablecoin adalah prioritas bagi bank sentral. 

Barr menambahkan The Fed akan bekerja untuk mengawasi aktivitas kripto untuk melindungi pengguna dan sistem keuangan dalam alamat kebijakan pertamanya sejak dilantik pada Juli lalu.

"Saya berencana untuk memastikan bahwa aktivitas kripto bank yang kami awasi tunduk pada perlindungan yang diperlukan untuk melindungi keamanan sistem perbankan serta pelanggan bank,” kata Barr dikutip dari Yahoo Finance, Kamis (29/9/2022). 

Barr menambahkan, Bank yang terlibat dalam aktivitas terkait kripto perlu memiliki langkah-langkah yang tepat untuk mengelola risiko baru yang terkait dengan aktivitas tersebut dan untuk memastikan kepatuhan terhadap semua undang-undang yang relevan, termasuk yang terkait dengan pencucian uang.

Barr juga mengungkapkan, aktivitas kripto baik di dalam atau di luar bank memerlukan pengawasan sehingga orang sepenuhnya menyadari risiko yang mereka hadapi, mencatat produk inovatif yang penting seperti kripto tidak mendahului kontrol risiko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.