Sukses

Miliarder Kripto akan Sumbang Rp 14,6 Triliun buat Pilpres AS 2024

Liputan6.com, Jakarta CEO pertukaran kripto FTX yang juga merupakan miliarder kripto, Sam Bankman-Fried mengatakan dia bisa menghabiskan USD 1 miliar, sekitar Rp 14,6 triliun atau lebih dalam pemilihan 2024, yang akan dengan mudah menjadikannya donor politik terbesar yang pernah ada dalam satu pemilihan.

Sam Bankman-Fried mengatakan dalam sebuah wawancara podcast yang dirilis Selasa ia mengharapkan untuk memberikan "utang USD 100 juta" dalam pemilihan presiden berikutnya dari rencana USD 1 miliar. 

Namun tidak menutup kemungkinan pengeluarannya akan lebih tinggi jika mantan Presiden Donald Trump mencalonkan diri lagi. 

Bankman-Fried, yang diperkirakan memiliki kekayaan lebih dari USD 20 miliar dan mengatakan dia telah memberikan lebih dari USD 200 juta untuk berbagai tujuan, memperingatkan rencana politiknya masih berubah-ubah dan akan bergantung pada seperti apa lanskapnya.

“Saya kira di utara USD 100 juta. Kalau lebih dari itu, saya tidak tahu. Itu benar-benar tergantung pada apa yang terjadi. Ini benar-benar tergantung pada siapa yang menjalankan di mana untuk apa,” ujar Bankman-Fried dikutip dari CNBC, Kamis (26/5/2022). 

”USD 1 miliar adalah hal yang layak untuk dilihat. Saya tidak suka mengatakan langit-langit keras, karena siapa yang tahu apa yang akan terjadi antara sekarang dan nanti tetapi setidaknya semacam langit-langit lunak,” lanjut dia. 

Jumlah uang itu belum pernah terjadi sebelumnya dan memecahkan rekor yang ada beberapa kali lipat  setidaknya jika semuanya dihabiskan sebagai apa yang disebut “uang keras”, yang mencakup sumbangan kepada kandidat, partai, PAC super, dan kelompok lain yang harus melapor ke Komisi Pemilihan Umum.

Sebelum Bankman-Fried, banyak nama-nama terkenal dengan mega donornya untuk keperluan politik. Jumlah donor biasanya mencapai sekitar USD 40 hingga USD 60 juta per siklus pemilihan, sehingga bahkan USD 100 juta akan menempatkan Bankman-Fried di antara segelintir kecil donor terbesar di negara itu.

Bankman-Fried telah menghabiskan setidaknya USD 20 juta sepanjang tahun ini untuk mendukung kandidat dalam pemilihan pendahuluan kongres Demokrat yang telah berjanji untuk mendorong pemerintah AS untuk berinvestasi dalam menghentikan pandemi berikutnya.

 

2 dari 2 halaman

Masuk ke Kripto

Bankman-Fried adalah penganut Efektif Altruisme, filosofi utilitarian yang mempromosikan ide-ide seperti menghasilkan banyak uang untuk memberikan semuanya.

Dia masuk ke dunia keuangan dan kripto kemudian mulai menyumbangkan sebagian besar gajinya jauh sebelum dia menghasilkan miliaran pertamanya dan masih hidup cukup sederhana, dengan teman sekamar dan Toyota Corolla, dengan tujuan yang dinyatakan untuk memberikan sebagian besar kekayaannya saat dia membuatnya.

Namun, para kritikus mempertanyakan motif di balik meningkatnya keterlibatan Bankman-Fried dalam politik, mencatat industri kripto telah meningkatkan lobinya di Washington karena pembuat undang-undang dan regulator berupaya menerapkan aturan baru ke industri yang sebagian besar tidak diatur yang kemungkinan telah menghancurkan lebih banyak kekayaan daripada itu telah dibuat.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.