Sukses

Warren Buffett Tegaskan Bitcoin Tak Hasilkan Apapun

Warren Buffett menyebutkan bitcoin bukan aset produktif dan tidak menghasilkan sesuatu yang nyata.

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin terus mendapatkan penerimaan dari dunia keuangan dan investasi tradisional dalam beberapa tahun terakhir, tetapi miliarder Warren Buffett tetap pada pendiriannya yang skeptis terhadap bitcoin.

Dia mengatakan pada Rapat Pemegang Saham Tahunan Berkshire Hathaway, Sabtu, 30 April 2022 waktu setempat. Ia menyebutkan bitcoin bukan aset produktif dan tidak menghasilkan sesuatu yang nyata. Meskipun ada pergeseran persepsi publik tentang cryptocurrency, Buffett tetap tidak mau membelinya.

“Apakah naik atau turun di tahun depan, atau lima atau 10 tahun, saya tidak tahu. Tetapi satu hal yang saya cukup yakin adalah bahwa itu tidak menghasilkan apa-apa,” kata Buffett.

"Ada keajaiban di dalamnya dan orang-orang telah menempelkan sihir pada banyak hal," ia menambahkan dilansir dari CNBC, Minggu (1/5/2022).

Bahkan penggemar bitcoin cenderung menganggap cryptocurrency sebagai aset pasif yang dibeli dan dipegang investor dan berharap untuk melihat kenaikan harga dalam jangka panjang. Buffet sendiri berkomentar bahwa tidak ada kekurangan bitcoin, semua orang merupakan pemegang jangka panjang.

Tak hanya itu, untuk investor kripto yang lebih canggih, beberapa koin menawarkan cara bagi mereka untuk menggunakan kripto mereka secara produktif baik melalui pinjaman, atau sebagai jaminan untuk menciptakan manfaat portofolio tambahan. Namun, mereka masih muda, sangat spekulatif dan belum masuk ke arus utama seperti bitcoin.

Buffett menjelaskan mengapa dia tidak melihat nilai dalam bitcoin, membandingkannya dengan hal-hal yang menghasilkan jenis nilai lainnya.

"Jika Anda mengatakan untuk bunga 1 persen di semua lahan pertanian di Amerika Serikat, bayar grup kami USD 25 miliar, saya akan menulis cek kepada Anda sore ini, untuk USD 25 miliar, saya sekarang memiliki 1 persen lahan pertanian. Jika Anda menawari saya 1 persen dari semua rumah apartemen di negara ini dan Anda menginginkan USD 25 miliar lagi, saya akan menulis cek kepada Anda, ini sangat sederhana," kata Buffett.

"Sekarang jika Anda memberi tahu saya bahwa Anda memiliki semua bitcoin di dunia dan Anda menawarkannya kepada saya seharga USD 25, saya tidak akan menerimanya karena apa yang akan saya lakukan dengannya? Saya harus menjualnya kembali kepada Anda dengan satu atau lain cara. Itu tidak akan melakukan apa pun. Apartemen akan menghasilkan sewa dan pertanian akan menghasilkan makanan," ia menambahkan.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Tangan Kanan Buffett, Charlie Munger Terkait Kripto

Investor selama bertahun-tahun bingung bagaimana menilai bitcoin sebagian karena potensinya untuk melayani fungsi yang berbeda. Di pasar Barat, ini telah ditetapkan sebagai aset investasi, terutama dalam satu tahun terakhir karena tingkat dan inflasi yang meningkat. Di pasar lain, orang masih melihat potensi yang sangat besar untuk digunakan sebagai uang digital.

“Aset, untuk memiliki nilai, harus memberikan sesuatu kepada seseorang. Dan hanya ada satu mata uang yang diterima. Anda dapat menemukan segala macam hal kita dapat memasang koin Berkshire, tetapi pada akhirnya, ini adalah uang,” katanya sambil mengangkat uang kertas USD 20.

“Dan tidak ada alasan di dunia ini mengapa pemerintah Amerika Serikat akan membiarkan uang Berkshire menggantikan uang mereka," ia menambahkan.

Baik Buffett dan Charlie Munger telah membuat komentar bermusuhan terhadap bitcoin di masa lalu. Yang paling terkenal, Buffett mengatakan bitcoin adalah mungkin racun tikus kuadrat. Munger menggandakan sentimen itu pada Sabtu.

“Dalam hidup saya, saya mencoba dan menghindari hal-hal yang bodoh dan jahat dan membuat saya terlihat buruk dibandingkan dengan orang lain dan bitcoin melakukan ketiganya,” kata Munger.

“Pertama, itu bodoh karena kemungkinan masih nol. Itu jahat karena merusak Sistem Federal Reserve dan ketiga, itu membuat kita terlihat bodoh dibandingkan dengan pemimpin Komunis di China. Dia cukup pintar untuk melarang bitcoin di China," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Bank Nasional Georgia akan Atur Sektor Crypto Negara

Sebelumnya, Otoritas moneter Georgia berencana untuk memperkenalkan aturan operasi di ruang kripto negara. Regulator keuangan telah menyusun undang-undang baru untuk mencapai soal masalah Crypto ini.

Rencana tersebut disampaikan langsung oleh Gubernur Bank Nasional Georgia (NBG), Koba Gvenetadze dalam wawancaranya dengan The Financial, portal berita bisnis Georgia.

NBG telah menyiapkan amandemen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan Satuan Tugas Aksi Keuangan antar pemerintah untuk Pencucian Uang (FATF).

“Bank juga menerima bantuan teknis dari Dana Moneter Internasional (IMF) dalam pengembangan kerangka peraturan,” kata Gvenetadze, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat, 29 April 2022.

Rancangan perubahan legislatif pada tahap ini mencakup pendaftaran dan lisensi, pengujian kepatuhan, dan persyaratan kontrol AML untuk pemain pasar kripto.

Sementara aturan untuk entitas ini masih diselesaikan, otoritas Georgia telah memperkenalkan langkah-langkah yang membatasi eksposur perusahaan keuangan tradisional ke aset kripto yang terdesentralisasi.

“Selain itu, orang yang melakukan aktivitas yang terkait dengan aset virtual harus diklasifikasikan oleh lembaga keuangan sebagai klien berisiko tinggi dan harus tunduk pada tindakan pencegahan yang ditingkatkan,” ujar Gvenetadze.

Diminta untuk memberikan perkiraan perputaran mata uang kripto saat ini di negara tersebut, kepala bank sentral mencatat sektor kripto belum diatur, otoritas Georgia tidak memiliki data terbaru dan akurat tentang ukurannya.

Dorongan regulasi sekarang datang setelah pada Oktober tahun lalu, NBG mengumumkan akan meluncurkan versi digital dari mata uang fiat nasional pada awal 2022.

Regulator kebijakan moneter mengatakan pihaknya berencana untuk menggunakan mata uang digital bank sentral berbasis blockchain (CBDC).

 

 

4 dari 4 halaman

Tesla Catat Aset Digital Sentuh Rp 17,2 Triliun

Sebelumnya, Tesla merilis hasil pendapatannya untuk kuartal pertama 2022 pada Rabu waktu setempat. Perusahaan mobil listrik Elon Musk melaporkan rekor penjualan dan laba kuartal lainnya melebihi perkiraan Wall Street meskipun ada tekanan inflasi.

Pendapatan Tesla naik 81 persen menjadi USD 18,76 miliar atau sekitar Rp 270,4 triliun dari USD 10,39 miliar tahun lalu. Pendapatannya melonjak 658 persen dari USD 438 juta pada tahun sebelumnya menjadi USD 3,32 miliar pada kuartal pertama tahun ini.

"Saya tidak pernah lebih optimis dan bersemangat dalam hal masa depan daripada saya sekarang," kata Musk selama rilis kinerja keuangan pada Rabu, 27 April 2022.

Di tengah rekor laba, neraca tesla menunjukkan aset digital bersih sebesar USD 1,26 miliar atau sekitar Rp 17,2 triliun. Pernyataan arus kas Tesla masih menunjukkan satu-satunya pembelian aset digital perusahaan terjadi pada kuartal pertama tahun lalu ketika membeli BTC senilai USD 1,5 miliar. Satu-satunya penjualan aset digital juga terjadi di kuartal yang sama.

Pada Januari, Tesla mulai menerima meme coin, dogecoin untuk beberapa barang dagangan. Namun, perusahaan belum mengembalikan Bitcoin sebagai opsi pembayaran.

Musk mengatakan dia melihat Bitcoin sebagai penyimpan nilai sedangkan Dogecoin lebih cocok untuk transaksi. Dia sebelumnya mengungkapkan secara pribadi memiliki bitcoin (BTC), Ether (ETH), dan dogecoin (DOGE) dan tidak akan menjualnya.

Bos Tesla itu baru-baru ini juga resmi membeli twitter seharga USD 44 miliar atau sekitar Rp 634 triliun, Pada saat informasi penawaran pembelian Twitter Musk diterima, harga Dogecoin meroket hingga 27 persen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.