Sukses

Bank of America: Solana Dapat Jadi Visa Ekosistem Kripto

Bank of America menggambarkan Solana menghasilkan blockchain yang dioptimalkan untuk pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Analis Bank of America (BOFA), Alkesh Shah menerbitkan catatan penelitian tentang cryptocurrency minggu ini dengan alasan Solana dapat mengambil pangsa pasar dari Ethereum dan dapat menjadi Visa dalam ekosistem kripto

Shah menggambarkan Solana menghasilkan blockchain yang dioptimalkan untuk kasus penggunaan konsumen dengan memprioritaskan skalabilitas, biaya transaksi rendah, dan kemudahan penggunaan.

"Kemudahan penggunaan dan biayanya yang rendah membuat kripto Solana (SOL) dapat dioptimalkan untuk pembayaran mikro, permainan, dan NFT. Dengan lebih dari 50 miliar transaksi diselesaikan sejak peluncurannya Maret 2020, dan total nilai USD 10 miliar terkunci,” kata Shah, seperti dikutip dari bitcoin.com, Senin (17/1/2022). 

Blockchain Solana adalah jaringan proof-of-stake yang secara resmi diluncurkan pada 2020, dengan SOL sebagai token aslinya. Sejak itu, token SOL telah mengalami pertumbuhan besar-besaran untuk masuk ke deretan 10 blockchain teratas berdasarkan kapitalisasi pasar. 

Solana memprioritaskan skalabilitas, tetapi blockchain yang relatif kurang terdesentralisasi dan aman memiliki trade-off, diilustrasikan oleh beberapa masalah kinerja jaringan sejak awal. 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prioritas Ethereum

Sedangkan Ethereum hanya memprioritaskan desentralisasi dan keamanan namun mengorbankan skalabilitas, sehingga biaya transaksinya cenderung lebih mahal. Selain itu menurut Shah, scalable blockchain lainnya juga dapat mengurangi pangsa pasar Ethereum.

Prioritas Ethereum saat ini adalah untuk mengoptimalkan transaksi, identitas, penyimpanan, dan kasus penggunaan rantai pasokan bernilai tinggi.

Oleh karena itu, Bank of America berpendapat Solana (SOL) dan blockchain lain dapat merebut pangsa pasar dari Ethereum (ETH) dari waktu ke waktu dan dapat menjadi visa dalam ekosistem kripto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.