Sukses

Pantai Lampuuk Aceh Besar, Indah!

Bagi masyarakat Aceh, bukan sebuah keistimewaan bisa berlibur ke pantai Kuta, Bali. Sebab, Aceh juga memiliki pantai yang tak kalah mempeson

Citizen6, Banda Aceh: Bagi masyarakat Aceh, bukan sebuah keistimewaan bisa berlibur ke pantai Kuta, Bali. Sebab, Aceh juga memiliki pantai yang tak kalah mempesona. Bahkan, beberapa media menasbihkan, pantai Lampuuk lebih mempesona dari pantai Kuta.

Ya, berehat dengan cara berjemur di pantai, bermain banana boat, berselancar, serta menyelam itu yang biasanya dilakukan para wisatawan lokal maupun manca negara di pantai Kuta. Namun, Lampuuk, pantai yang berada 15 Km dari pusat Kota Banda Aceh mengarah ke  bagian pantai barat Aceh punya kelebihan yang tak dipunyai pantai Kuta.

Di pantai Lampuuk, para pengunjung bisa mendapatkan nilai lebih dari yang pantai Kuta miliki. Di sini wisatawan bersama warga lokal bisa ikut wisata pelestarian penyu lekang dan penyu belimbing yang mulai langka keberadaannya.

Untuk menikmati pesona pantai Lampuuk, ada empat jalur masuk yang bisa dilalui oleh para pengunjung untuk menuju ruas pantai yang berbeda; Babah Satu, Babah Dua, Babah Tiga, dan Babah Empat. Masing-masing pintu masuk dinamai berurutan sesuai posisinya, dari yang paling selatan ke yang paling utara.



Jalur yang banyak dilalui para pengunjung lokal umumnya adalah Babah Satu dan Babah Dua. Wisatawan asing biasanya lebih banyak mendatangi pantai Lampuuk melalui jalur Babah Tiga. Lokasi ini biasanya digunakan untuk kegiatan surfing atau sekadar bersantai menikmati liburan musim panas.

Bagi pengunjung yang ingin bermalam, tersedia pula berbagai penginapan dari kelas losmen hingga cottage yang tarifnya variatif sesuai dengan pelayanan dan fasilitas yang diinginkan.

Pantai Lampuuk memiliki pasir putih serta ombak cantik yang sangat cocok untuk pelancong yang senang berselancar. Tersedia juga gubuk-gubuk dan kios kecil di sepanjang bibir pantai Lampuuk untuk bersantai.

Kios-kios tersebut menyediakan beragam makanan laut. Seafood bakar nan lezat ini cocok dinikmati sebagai hidangan saat berkumpul bersama keluarga atau teman. Lebih lengkap dilengkapi dengan es kelapa muda yang segar.

Para pelancong dapat menyusuri pantai sembari menikmati angin segar. Ujung Pantai Lampuuk berbatasan langsung dengan tebing tinggi yang terjal. Jika berani, anda dapat mencoba kegiatan panjat tebing yang kerap diadakan komunitas pecinta alam setempat.
Singkat kata, bisa jadi, hanya di pantai Lampuuk Aceh Besar para wisatawan dapat melakukan kegiatan berselancar, memanjat tebing, serta ikut melestarikan penyu sekaligus. (kw)

Penulis:
Ahmad Arif

Baca Juga:
Guli Tutup Botol, Permainan Seru Mengisi Liburan Sekolah
Apresiasi, Tumbuhkan Semangat Belajar Binaan Ruman Aceh
Kilas Balik 9 Tahun Tsunami Aceh

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 7 Januari sampai 17 Januari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Warga Mengadu". Ada hadiah dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Caranya bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.