Sukses

Aku Bangga Menjadi Orang Indonesia

Meskipun banyak "berita miring" tentang negara ini, namun tidak mengurangi rasa cinta setiap orang akan negaranya, yakni Indonesia.

Citizen6, Jakarta: Bicara tentang Indonesia, ada banyak hal yang tidak bisa dungkapkan dengan kata-kata. Indonesia memang indah. Meskipun banyak "berita miring" tentang negara ini, namun tidak mengurangi rasa cinta setiap orang akan negaranya, yakni Indonesia.

Banyak hal yang membuat kita cinta dan bangga akan Indonesia. Di antaranya karena alamnya yang kaya, ribuan pulaunya yang indah, serta masyarakatnya yang terdiri atas berbagai suku, ras, dan agama yang berbeda-beda, namun tetap satu.

Berikut 6 alasan aku cinta Indonesia:

1. Pantai yang indah

Pantai di Indonesia tidak kalah dengan pantai dunia. Masih ingat dengan pantai Padang-padang beach di Bali? Pantai itu terkenal dengan keindahannya dan di jadikan lokasi syuting film kelas dunia, Eat, Pray and Love yang di bintangi oleh Julia Roberts. Membanggakan bukan?

2. Agama

Di Indonesia, kehidupan beragama sangat beragam. Lebih dari 5 agama hidup rukun di Indonesia. Kehidupan beragama dihormati di negara yang plural ini. Tidak banyak negara yang memiliki kehidupan beragama yang plural seperti Indonesia.

3. Budaya

Budaya Indonesia sangat kaya dan menarik perhatian dunia internasional. Tari kecak dari Bali sangat terkenal sampai ke manca negara. Gamelan, alat musik asli Indonesia sangat terkenal di dunia. Bahkan banyak orang asing yang sangat antusias dan senang belajar gamelan, angklung maupun tarian daerah asal Indonesia. Kalau mereka saja suka, mengapa kita harus malu?



4. Batik

Batik menjadi salah satu kebanggaan orang Indonesia. Sejak diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO, masyarakat Indonesia mengistimewakan batik dengan menjadikannya sebagai Hari Batik setiap tanggl 2 Oktober.  



5. Bahasa

Bahasa adalah identitas sebuah bangsa. Saat kita pergi ke luar negeri misalnya, bahasa yang digunakan sudah pasti berbeda. Tapi pernahkah kita berpikir, dengan ribuan pulau yang ada di Indonesia dengan beragam suku serta ras yang ada di sana, tetap bahasa pemersatunya adalah bahasa Indonesia.  

6. Kuliner

Siapa yang tidak suka dengan rendang? Masakan tradisional asal Minangkabau ini hanya bisa ditemukan di Indonesia. Bahkan rendang pun sekarang diakui keberadaannya di dunia. Kuliner lain yang tak kalah enaknya dan dapat ditemukan di Indonesia adalah gado-gado dan rujak.



"Saya pernah pergi ke daerah Mekong di Vietnam. Agak terkejut karena di sana ada juga rujak dengan bumbu garam yang di ulek dengan cabe merah. Hampir mirip dengan Indonesia, tapi lebih enak rujak Indonesia, karena di Vietnam tidak ada bumbu rujak gula merah," ungkap Ani.

Begitu kayanya Indonesia, dan saya bangga menjadi warga negara Indonesia. Semoga makin banyak orang Indonesia yang mencintai negaranya sendiri dan bangga menjadi bangsa Indonesia. (Ani Setiowati/mar)

Ani Setiowati adalah pewarta warga.

Mulai 16 Oktober-1 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "6 Alasan Aku Cinta Indonesia". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.