Sukses

LIVE REPORT:PELANTIKAN PRESIDEN JOKOWI DAN WAKIL PRESIDEN MA'RUF AMIN

Kumpulan Emak Blogger, Segudang Prestasi Kaya Inspirasi

Citizen6, Depok: Apa yang ada dalam pikiran Anda ketika mendengar kata "Emak"? Atau ketika mendengar ada yang dipanggil dengan sebutan "Mak", "Emak"?

Dalam bayangan Anda, seorang emak mungkin adalah perempuan paruh baya, memakai daster, rambut digelung, dan cerewet. Lalu
bagaimana, ya, kalau ada emak-emak yang suka ngumpul bareng dalam satu grup? Seperti apa kehebohannya? Ngerumpi? Arisan? Shopping bareng? Atau...?

Kenalkan, Kumpulan Emak Blogger, atau lebih sering disebut KEB. Anggotanya lebih dari 1000 orang, di dalam dan luar negeri, dan semua anggotanya adalah perempuan. KEB dibentuk pada 18 Januari 2012, di dunia maya, tepatnya di media sosial Facebook. Ya, KEB adalah komunitas online yang mewadahi blogger-blogger perempuan Indonesia, yang punya hobi ngeblog, berkumpul dalam satu grup di Facebook.

Awalnya, grup ini dibentuk hanya untuk kangen-kangenan dan ajang silaturahmi para ibu yang suka ngeblog. Maklum, sejak media sosial semacam Twitter dan Facebook naik daun, blog tampaknya mulai ditinggalkan, dan para ibu ini lebih memilih eksis di dua media sosial tersebut.

Hari pertama grup KEB dibentuk, ternyata berhasil mengumpulkan 100 orang blogger perempuan, dan ternyata, masih banyak diantara mereka yang aktif ngeblog. Hal ini membuat Mira Sahid, sang penggagas, penasaran. Mira ingin tahu berapa banyak sih, sebenarnya perempuan yang menulis di blog. Melihat antusiasme para blogger perempuan yang bergabung di group, Mira bersama 4 rekannya, yaitu Indah Juli Sibarani, Sary Melati, dan Nike Rasyid, menggelar rapat dadakan di inbox Facebook, untuk mengembangkan grup baru ini kearah yang lebih serius. Dalam waktu beberapa hari saja, KEB sudah memiliki website dan akun Twitter sendiri.

Kenapa memilih sebutan "emak"? Kenapa bukan "bunda", "mom", "perempuan", atau yang lainnya. Alasannya sebenarnya supaya terdengar Indonesia banget. Awalnya, yang bergabung di KEB memang blogger perempuan yang sudah menikah, karena sebutan emak identik sekali dengan perempuan yang sudah menikah dan memiliki anak. Tapi sekarang, sudah banyak sekali member KEB yang statusnya single, alias belum menikah. Pokoknya lengkap, mulai dari anak SMA, sampai nenek-nenek usia 70 tahun, semua ada.

Sebutan emak ini rupanya menjadi salah satu faktor yang membuat KEB cepat dikenal dikalangan blogger. Sesama member KEB, wajib memanggil Mak. Begitu juga dengan para adminnya, dipanggil dengan sebutan Makmin (Emak Admin). Uniknya, tiap makmin ini juga memiliki julukan sesuai jabatannya masing-masing. Bahkan saking populernya sebutan makmin, ketika ada admin yang aktif di komunitas blogger yang lain, dia tetap sering dipanggil makmin.

Emak-emak yang bergabung dalam KEB ini, kegiatannya ternyata banyak sekali dan sangat positif. Sebulan setelah dibentuk saja, KEB sukses menyelenggarakan lomba ngeblog bekerjasama dengan sebuah operator telepon seluler. Dengan tagline Inspirasi Perempuan, Kami Ada Untuk Berbagi, KEB terus melaju, mendapat banyak kepercayaan dari agency, perusahaan, komunitas, media massa, dan banyak pihak lain untuk bekerjasama dan menghadiri undangan acara. Tagline ini juga membuat sesama member saling mendukung, memotivasi, dan menginspirasi di blog masing-masing, dan grup Facebook KEB. Terbukti hampir setiap lomba blog, livetwit, dan kompetisi menulis, selalu ada member KEB yang menjadi pemenangnya.
 
Komunikasi dan diskusi di group KEB, sehat dan bermanfaat. Tidak ada gosip, rumpian yang tidak bermanfaat. Sebaliknya, di grup KEB, member saling berbagi ilmu dan inspirasi. Melalui kelas online, misalnya. Member yang memiliki keahlian tertentu, dengan senang hati berbagi ilmu dan pengetahuannya kepada member yang lain. Sejauh ini KEB sudah pernah menyelenggarakan kelas online blogging dan editing dengan pakar di bidangnya masing-masing.

Setahun setelah KEB dibentuk, kepengurusan KEB ditambah dengan 5 orang emak lagi sebagai Makmin. Selain karena jumlah member yang semakin banyak, para pendiri KEB juga memiliki program dan rencana jangka panjang untuk masa depan KEB. Salah satunya adalah penyelenggaraan event tahunan Srikandi Blogger.

Tahun ini, ajang Srikandi Blogger yang pertama sukses digelar, bekerjasama dengan beberapa perusahaan besar, dan melibatkan banyak komunitas dan media. Tujuan dari ajang Srikandi Blogger adalah penganugerahan untuk blogger perempuan Indonesia, yang kiprahnya dalam dunia blogging, mampu menginspirasi banyak orang, baik di dunia maya maupun dalam dunia nyata sehari-hari (offline). Para blogger perempuan yang aktif ngeblog ini, menulis di blognya berdasarkan passion mereka masing-masing. Banyak diantara mereka yang mencapai kesuksesan berkat blog. Saat ini para Makmin KEB bersama MakPan (Emak Panitia) Srikandi Blogger yang baru, diketuai oleh Mak Haya Aliya Zaki, sedang sibuk mempersiapkan #RoadToSB2014 yang akan diselenggarakan di tahun 2014 mendatang.

Di usianya yang belum 2 tahun, sudah banyak pencapaian yang dilakukan oleh KEB. Tidak hanya di dunia maya dan dunia blogging. Tapi juga berkiprah di dunia nyata melalui kegiatan positif dan aktivitas sosial. Di KEB, tidak ada batasan untuk kaum perempuan untuk terus menelurkan karya dan berprestasi. Di KEB, tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar dan berbagi. Di KEB, ada banyak sahabat yang saling menginspirasi. Karena KEB, Inspirasi Perempuan, Kami Ada Untuk Berbagi.

Mau gabung dengan komunitas keren kami, KEB, Kumpulan Emak Blogger? Pastikan Anda perempuan, aktif menulis di blog. Gabung bersama kami di http://www.facebook.com/groups/KumpulanEmak2Blogger/. Atau ingin kenal lebih dekat dengan KEB? Website kami di http://emak2blogger.web.id. Twitter: @Emak2Blogger , dan Fanpage https://www.facebook.com/KumpulanEmak2Blogger. (Sary Melati/Mar)

Sary Melati adalah pewarta warga dan juga Co Founder & Board KEB, MakRT yang bisa dihubungi lewat akun twitter: @saryahd.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 10-20 September ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Komunitasku Keren!". Ada merchandise eksklusif
bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Loading