Sukses

5 Koki Selebritas Terkaya di Dunia Tahun 2024, Ada Saudara Elon Musk Juga

Berikut ini daftar koki selebritas terkaya di dunia tahun 2024, ada saudara Elon Musk juga

Liputan6.com, Jakarta Tidak dapat disangkal bahwa setiap koki terkenal tahu cara menyiapkan makanan lezat. Ketika Anda mendengar nama-nama seperti Pierre Gagnaire atau Marco Pierre White, Anda tahu bahwa Anda sedang akan mendapatkan makanan enak. 

Namun beberapa koki yang sangat cerdas telah berhasil mengubah keajaiban dapur mereka menjadi jutaan dolar juga. Para koki ini telah menciptakan kerajaan kuliner sejati, mulai dari buku masak terlaris dan acara TV berperingkat tinggi hingga restoran berbintang Michelin.

Berikut ini daftar koki selebritas terkaya 2024 menurut Celebrity Net Worth, ini dia.

1. Alan Wong

Perkiraan kekayaan bersih: US$1 miliar

Ia mungkin tidak setenar rekan-rekan koki lainnya dalam daftar orang terkaya, namun Alan Wong, kelahiran Jepang, jelas merupakan orang terkaya – ia dilaporkan secara luas telah melampaui angka US$1 miliar dengan masakan khas daerah Hawaii yang menjadi ciri khasnya. Dia secara luas dianggap sebagai raja makanan fusi kepulauan dan bahkan pernah memasak untuk mantan presiden AS Barack Obama.

Wong dikenal karena penggunaan produk segar, cita rasa lokal, dan eksperimen rasa untuk menciptakan hidangan lezat. Sayangnya, dia terpaksa mengambil keputusan sulit untuk menutup Restoran Alan Wong setelah 25 tahun, pada November 2020.

2. Kimbal Musk

Perkiraan kekayaan bersih: US$500 juta

Saudara dari salah satu orang terkaya di dunia, Elon Musk, Kimbal juga seorang pengusaha teknologi, duduk di dewan direksi Tesla dan SpaceX dan ikut mendirikan perusahaan perangkat lunak Zip2 yang sekarang sudah tidak ada lagi bersama kakak laki-lakinya, Elon. 

Jauh dari dunia teknologi, Kimbal Musk yang lebih muda juga seorang koki, pemilik restoran, dan salah satu pendiri The Kitchen Restaurant Group.

Menurut DC Finance, konsep di balik grup ini adalah menyajikan “makanan nyata dengan harga berapa pun” sekaligus menciptakan lebih dari seribu lapangan kerja. Ambisi pribadnya adalah “mengejar Amerika di mana setiap orang memiliki akses terhadap makanan asli”. Restoran-restoran grup tersebut, termasuk Next Door, Hedge Row, dan The Kitchen, bersumber dari petani Amerika.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Gordon Ramsay

Perkiraan kekayaan bersih: US$220 juta

Dengan buku, acara TV, dan restoran berbintang Michelin, Gordon Ramsay adalah salah satu koki paling sukses di dunia. Dia mendapatkan ketenaran di seluruh dunia karena perannya di MasterChef, mendapatkan reputasi sebagai perfeksionis yang tidak segan-segan meremehkan orang lain. 

Koki yang terkenal suka marah-marah ini bahkan menganggap rekan-rekannya termasuk di antara para pengkritiknya, dengan Anthony Bourdain dan Jacques Pépin sama-sama menentangnya – meskipun Pépin mengklarifikasi bahwa “bukan niatnya untuk menghina” rekan koki tersebut.

Namun, ada yang mengatakan bahwa kepribadian Ramsay yang nakal sebagian besar hanyalah akting, dan dia hanya akan gusar jika reputasi kulinernya dipertaruhkan. Makanannya jelas mewakili dirinya sendiri, karena restorannya terus menerima penghargaan – faktanya, Ramsay memiliki total 17 bintang Michelin, hanya tertinggal dari Alain Ducasse dari Prancis yang memiliki 21 bintang.

 

3 dari 4 halaman

4. Jamie Oliver

Perkiraan kekayaan bersih: US$200 juta

Jamie Oliver baru berusia 16 tahun ketika dia meninggalkan sekolah untuk menyelesaikan studinya di Westminster Training College. Setelah memotong giginya di restoran-restoran di seluruh Prancis – dan restoran Neal Street Restaurant milik Antonio Carluccio di London – Oliver mulai bekerja di River Café. 

Ia kemudian muncul dalam film dokumenter Natal di The River Cafe tahun 1997 dan segera ditawari acara TV-nya sendiri. Hal ini mempercepat reputasinya sebagai seorang koki yang bertekad untuk “mengurangi makanan hingga hal-hal yang mendasar”, katanya, untuk menciptakan mahakarya yang sederhana namun lezat.

Ketika ketenarannya semakin meningkat, Oliver menggandakan minatnya terhadap pendidikan pangan, nutrisi, dan pelatihan para koki masa depan, dengan menciptakan berbagai inisiatif, termasuk kampanye nasional bernama Feed Me Better untuk makanan sekolah bergizi di negara asalnya, Inggris.

 

4 dari 4 halaman

5. Nobuyuki Matsuhisa

Perkiraan kekayaan bersih: US$200 juta

Jaringan restoran Jepang yang terkenal di dunia, Nobu, mungkin memiliki lebih dari 50 – dan terus bertambah – lokasi di seluruh dunia, tetapi Matsuhisa tidak pernah bermaksud untuk menciptakan sebuah kerajaan. Fokus Makanan dan Anggur, Matsuhisa ingin menjadi koki sushi sejak kakaknya membawanya ke restoran sushi ketika dia masih kecil; dia pindah ke Tokyo ketika dia berusia 18 tahun dan mulai bekerja di bar sushi yang dikelola keluarga. 

Setelah beberapa tahun, ia memanfaatkan kesempatan untuk pindah ke Lima, Peru ketika seorang pengunjung restoran menawarinya kesempatan untuk membuka restoran – selama tiga tahun di sini ia mengembangkan bakat kuliner khasnya.

Setelah beberapa kali mengalami kegagalan, ia pindah ke AS dan akhirnya membuka restoran Matsuhisa pertamanya di Beverly Hills pada tahun 1987 dengan bantuan seorang teman. Dia dilaporkan membuat aktor Robert De Niro terkesan, yang sangat menyukai makanan dan konsepnya sehingga dia ikut mendirikan restoran Nobu pertama. Sang koki – dan restorannya – kemudian mendapatkan pengakuan global yang besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.