Sukses

Mengapa Kita Lebih Suka Bau Kentut Sendiri? Ini Penjelasan Ahli

Mengapa kita sebenarnya menyukai kentut kita dan menganggap kentut orang lain menjijikan. Oleh karena itu, ketahui mengapa kita lebih suka bau kentut kita sendiri?

Liputan6.com, Jakarta - Meski tanpa Anda sadari, tubuhmu mengeluarkan gas melalui kentut hingga 25 kali sehari, termasuk 3-5 kali saat Anda tidur. Namun keindahannya terletak di balik pertanyaan mengapa kita sebenarnya menyukai kentut kita dan menganggap kentut orang lain menjijikan.

Oleh karena itu, ketahui mengapa kita lebih suka bau kentut kita sendiri? Berikut ulasannya, seperti melansir dari Bright Side, Senin (29/4/2024).

Kentut tidak buruk sama sekali

Mungkin Anda tidak sengaja mengeluarkan kentut di dalam mobil yang penuh dengan teman, dan mereka segera membuka jendela sementara Anda berpikir, tidak ada masalah sama sekali dengan kentutmu.

Hal ini membawa kita pada pertanyaan abadi, mengapa kita merasa jijik jika orang lain kentut, padahal kita baik-baik saja, dan bahkan menikmati kentut kita sendiri?

Sayangnya, beluma da penelitian yang secara khusus berfokus pada aspek gastroenterologi ini. Namun, beberapa teori bisa menjelaskan mengapa bau kentut kita bisa ditoleransi atau bahkan menarik.

Semakin kita mengenal sesuatu, semakin kita menyukainya

Menurut Loretta Breuning, Ph.D., pakar kimia otak dan perilaku sosial mamalia, salah satu penjelasan yang masuk akal adalah kita cenderung terbiasa dengan bau kita sendiri. Dengan kata lain, karena kita sering buang angin (rata-rata sekitar setengah liter sehari), kita menjadi terbiasa dengan baunya.

"Di alam, kelangsungan hidup bergantung pada kemampuanmu mendeteksi bau lain, jadi Anda cenderung mengabaikan bau Anda sendiri," ucap Loretta.

Namun, semua spekulasi ini menjadi tidak relevan jika Anda tidak tahan dengan bau badanmu sendiri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyesuaian pola makan

Dalam hal ini, kemungkinan besar penyebabnya adalah makanan yang Anda konsumsi, dan mungkin inilah saatnya untuk melakukan penyesuaian pola makan.

Ahli gizi Tracy Lockwood, R.D, menjelaskan bahwa gas hanyalah hasil metabolisme bakteri atau organisme, yang pada dasarnya merupakan produk sampingan dari pencernaan.

Tergantung pada mikrobiota usus dan flora kolon Anda, gas yang Anda keluarkan bisa berbau tajam atau tidak berbau.

Salah satu langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah mengurangi asupan makanan tinggi sulfat, senyawa yang tidak terserap dengan baik di usus kecil dan biasa ditemukan pada sayuran seperti kubis, brokoli dan kacang-kacangan.

Lockwood menyarankan bahwa mengonsumsi makanan ini dalam jumlah lebih sedikit bisa mengurangi kemungkinan menghasilkan gas berbau.

3 dari 3 halaman

Alasan Mengapa Sebaiknya Tidak Menahan Kentut

Rata-rata, seseorang kentut 15 kali sehari dan jumlah itu bisa mencapai 40. Kentut disebabkan oleh udara dan gas tubuh yang terperangkap. Meskipun ini adalah proses yang sepenuhnya normal, hal ini terkadang bisa menimbulkan keributan dan memalukan dan itulah alasan mengapa kebanyakan dari kita mencoba untuk menahannya.

Namun, melakukan hal tersebut bukanlah ide bagus. Sebab, menahan kentut bisa menimbulkan beberapa masalah besar.

Berikut beberapa alasan Anda tidak menahan kentut, seperti melansir dari Times of India.

1. Tubuhmu akan menyerap kembali

Ketika Anda memaksa tubuhmu untuk menahan kentut, tubuh hanya memiliki sedikit pilihan, salah satunya adalah menyerap kembali. Ini dimasukkan ke dalam sirkulasi lagi dan keluar melalui napasmu.

2. Menyebabkan nyeri dan mulas

Saat Anda mengontraksikan otot untuk menghindari kentut keluar, hal ini akan menimbulkan tekanan di dalam tubuh dan bisa menyebabkan rasa sakit, gangguan pencernaan dan mulas.

Jika dilakukan secara rutin, hal ini juga bisa menyebabkan pembengkakan pada saluran pencernaanmu.

3. Membuatmu merasa kembung setiap saat

Meskipun masih menjadi perdebatan apakah menahan kentut membuatmu benar-benar kembung atau tidak, diketahui bahwa menyimpannya di dalam kentut secara tidak sadar membuatmu khawatir dan memberi kesan bahwa Anda mungkin kembung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.