Sukses

Lawrence Wong Terima Ucapan Selamat dari Para Pemimpin Dunia Usai Dilantik sebagai PM Singapura

Lawrence Wong (51) dilantik di halaman depan Istana pada Rabu (15/5) malam, bersama seluruh anggota kabinetnya.

Liputan6.com, Singapura - Sejumlah pemimpin dunia mengucapkan selamat kepada Lawrence Wong setelah ia resmi menjadi Perdana Menteri keempat Singapura pada Rabu (15/5/2024).

Wong (51) dilantik di halaman depan Istana pada Rabu (15/5) malam, bersama seluruh anggota kabinetnya.

Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang pada Rabu (15/5) mengucapkan selamat kepada Wong atas pengangkatannya sebagai Perdana Menteri, menurut kantor berita Xinhua.

Li mengatakan, selama 30 tahun terakhir sejak pembentukan hubungan diplomatik, Singapura dan Tiongkok telah memperdalam rasa saling percaya di bidang politik dan kerja sama yang bermanfaat di berbagai bidang.

Li menambahkan bahwa China sangat mementingkan perkembangan hubungan Tiongkok-Singapura dan menyatakan kesediaannya untuk menjaga komunikasi dan kerja sama yang erat dengan Wong untuk mendorong kerja sama berkualitas tinggi antara kedua negara.

Sementara itu, dalam postingan di X, Perdana Menteri India Narendra Modi menyampaikan ucapan selamatnya kepada Wong yang telah menjabat, dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (16/5).

Modi menulis bahwa ia berharap dapat bekerja sama dengan Wong untuk lebih memajukan kemitraan strategis kedua negara.

Wakil Perdana Menteri Malaysia Zahid Hamidi mengucapkan selamat kepada Wong melalui postingan Facebook.

Dia mengatakan, di bawah kepemimpinan Wong, “kami yakin Singapura akan terus berkembang dan sejahtera”.

Zahid juga mengatakan, ia berharap dapat lebih memperdalam kemitraan kedua negara di berbagai bidang seperti pembangunan ekonomi, pendidikan dan perdagangan.

Menteri Malaysia lainnya seperti Menteri Perdagangan dan Perindustrian Tengku Zafrul Tengku Abdul Aziz dan Menteri Pemuda dan Olahraga Hannah Yeoh juga menyampaikan ucapan selamat kepada Wong.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ucapan dari PM Jepang

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menyampaikan ucapan selamatnya kepada Wong dan menyampaikan niatnya untuk bekerja sama untuk lebih memperkuat hubungan bilateral.

Hal ini dalam rangka peringatan 60 tahun terjalinnya hubungan diplomatik Jepang-Singapura pada tahun 2026, kata Kishida dalam surat ucapan selamatnya.

Lalu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengucapkan selamat kepada Wong dan mengatakan bahwa AS berharap untuk lebih memperkuat “kemitraan strategis AS-Singapura dan menjunjung tinggi norma dan standar internasional di kawasan Indo-Pasifik dan di seluruh dunia”.

“Kami juga akan terus memperkuat hubungan ekonomi, keamanan, dan hubungan antar masyarakat yang kuat demi kepentingan rakyat Amerika dan Singapura,” kata Blinken.

3 dari 3 halaman

Ucapan dari PM Inggris

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dalam pesan ucapan selamatnya kepada Wong, mengatakan bahwa senang bisa bertemu dengannya di pertemuan Menteri Keuangan G20 dan berharap mereka akan memiliki kesempatan untuk bertemu kembali secara langsung dalam waktu dekat.

Sunak mencatat bahwa terdapat "potensi besar bagi kedua negara untuk mencapai lebih banyak hal bersama-sama".

“Saya yakin bahwa bersama-sama kita akan memastikan bahwa kemitraan kita memberikan lebih banyak manfaat bagi warga negara kita.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.