Sukses

Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan, Hindari Konsumsi 5 Minuman Ini saat Perut Kosong

Beberapa minuman sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut kosong karena rentan memicu beberapa penyakit, misalnya naiknya asam lambung. Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut!

Liputan6.com, Jakarta Biasanya, kebanyakan orang sangat memperhatikan makanan yang pertama kali dikonsumsi di pagi hari saat kondisi perut masih kosong. Misalnya, makanan pedas harus dihindari saat perut kosong agar tidak memicu lonjakan asam lambung.

Namun ternyata, selain makanan, jenis minuman yang dikonsumsi ketika perut kosong juga perlu diperhatikan. Pasalnya, tak jarang yang mengonsumsi beberapa minuman, seperti kopi dah teh, sebagai pengganti sarapan. Jika hal ini dibiasakan, dikhawatirkan dapat memicu beberapa masalah kesehatan.

Karenanya, berikut sederet minuman yang sebaiknya jangan dikonsumsi sebelum sarapan, dirangkum dari berbagai sumber pada Senin (29/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Minuman Bersoda

Mengonsumsi minuman bersoda berisiko menyebabkan perut kembung. Ini disebabkan oleh asam karbonat pada minuman bersoda yang bertemu dengan asam lambung. Selain itu, minuman bersoda yang dikonsumsi saat perut kosong dapat menyebabkan kerusakan selaput lendir di saluran cerna. 

3 dari 12 halaman

2. Yoghurt

Meskipun yoghurt merupakan salah satu sumber prebiotik, ternyata yoghurt kurang baik dikonsumsi saat perut masih kosong. Ini karena asam lambung dalam perut yang masih kosong berpotensi merusak kandungan bakteri baik dalam yoghurt. 

4 dari 12 halaman

3. Kopi

Banyak orang yang suka mengonsumsi kopi di pagi hari saat perut masih kosong. Ternyata, hal ini kurang baik bagi kesehatan. Pasalnya, konsumsi kopi saat perut kosong bisa meningkatkan keasaman lambung. Akibatnya, bisa menimbulkan maag pada sebagian orang.

5 dari 12 halaman

4. Jus Jeruk

mengonsumsi jus jeruk saat perut kosong berisiko mengiritasi lambung. Ini karena mengonsumsi jus jeruk ataupun buah jeruk secara langsung saat perut kosong bisa meningkatkan produksi asam di lambung. 

6 dari 12 halaman

5. Air Es

Air es masuk ke dalam daftar minuman yang tidak direkomendasikan saat perut kosong. Hal ini karena air dingin berisiko menghambat proses pencernaan. Sebagai gantinya, lebih baik konsumsi air putih hangat atau air biasa jika belum mengonsumsi makanan apapun. 

7 dari 12 halaman

Beberapa pertanyaan Warganet Seputar Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi saat Perut Kosong

8 dari 12 halaman

Perut Kosong Boleh Minum Apa?

Mengonsumsi air putih saat perut belum terisi bisa meningkatkan laju metabolisme tubuh.

9 dari 12 halaman

Bolehkah Minum Jus Buah dalam Keadaan Perut Masih Kosong?

Sebagaimana yang disebutkan di Healthshots, minuman jus buah dapat meningkatkan beban pada pankreas ketika diminum tanpa ada makanan di perut.

10 dari 12 halaman

Minuman Apa yang Cocok untuk Sarapan?

Teh hijau, smoothies, jus sayur.

11 dari 12 halaman

Kenapa Tidak Boleh Minum Teh saat Perut Kosong?

Minum teh saat perut sedang tidak berisi dapat mengganggu keseimbangan asam dan basa dalam lambung.

12 dari 12 halaman

Apakah Boleh Minum Air Kelapa pada Saat Perut Kosong?

Air kelapa adalah pilihan yang tepat untuk diminum saat berbuka, bahkan ketika perut kosong, karena kandungan asam lauratnya mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.