Sukses

Unik, Kuil Ini Dibangun Miring Mirip Menara Piza

Di Taiwan, tepatnya di Kabupaten Chiayi terdapat sebuah kuil dengan struktur yang condong, disebut sebagai versi Menara Miring Pisa di Taiwan.

Liputan6.com, Jakarta Pada Agustus 2009, Taiwan dilanda Badai Morakot, badai terdahsyat yang pernah menerjang pulau tersebut.

Kejadian ini menyebabkan hujan lebat sehingga mengakibatkan banjir lumpur besar dan genangan air merata di seluruh Taiwan.

Selain merusak dan mengakibatkan kehilangan banyak nyawa, badai ini juga memberikan dampak unik di Taiwan.

Salah satunya adalah kemunculan Istana Taihe Zhenxing (振興宮舊址), sebuah tempat ibadah dengan kemiringan sekitar 45 derajat.   

 

Pada tahun 2009, struktur bangunan warna-warni di Desa Taihe masih berdiri dengan tegar, tetapi terjadi peristiwa tanah longsor saat badai besar melanda dan menyebabkan bangunan tersebut merosot ke bawah sejauh 100 meter.

Meskipun strukturnya berhasil bertahan dengan keajaiban, tetapi masih miring.

Istana Taihe Zhenxing berlokasi di luar jalur biasa, tetapi belakangan ini jumlah kunjungannya meningkat karena popularitas platform media sosial seperti Instagram dan TikTok.    

Tempat ini ideal untuk merekam kembali gerakan ikonik Michael Jackson yang menantang gravitasi tanpa kesulitan apapun.

Dengan memiringkan ponsel, Anda bisa menampilkan sudut pandang yang optimal sedangkan tubuh Anda condong sedikit ke depan.

Pada awal tahun ini, perhatian terpusat pada Istana Taihe Zhenxing setelah foto dan video yang diambil di sana menjadi viral di media sosial.

Bangunan ini muncul di televisi nasional dan dijuluki sebagai versi Taiwan dari Menara Miring Pisa di Italia.    

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Kuil?

Sebuah biara adalah ansambel bangunan yang terdiri dari tempat tinggal para biarawan atau biarawati, yang didominasi oleh gereja biara atau katedral, dan dipimpin oleh seorang kepala biara atau kepala biarawati. Secara konseptual, biara adalah kompleks bangunan yang memenuhi kebutuhan komunitas keagamaan yang hidup mandiri.

 

3 dari 4 halaman

Apa Fungsi dari Kuil?

Tempat ibadah ini tak hanya menjadi tempat penyembahan, sebab upacara pengorbanan dan ritual untuk dewa-dewa dilakukan di luar bangunan ini. Tempat ini seringkali dijadikan sebagai tempat menyimpan pemberian yang dijanjikan. Tempat ibadah ini merupakan struktur yang paling utama dan tersebar luas dalam arsitektur Yunani.

 

4 dari 4 halaman

Apakah Candi dan Kuil itu Sama?

Pemahaman yang semakin luas di kalangan masyarakat internasional, terutama di antara individu yang menggunakan bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya, adalah bahwa kata "candi" merujuk khususnya pada struktur bersejarah dari periode Hindu-Buddha di Indonesia, sementara dalam bahasa Melayu, struktur semacam itu disebut "kuil".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini