Sukses

Cara Asah Pisau Blender Pakai 1 Alat Dapur, Bukan Garam atau Cangkang Telur

Pisau blender yang mulai tumpul seringkali diatasi dengan memanfaatkan cangkang telur ataupun garam. Ternyata ada cara lain yang tak kalah ampuh, yuk cari tahu!

Liputan6.com, Jakarta Selain membuat jus, blender juga sering dimanfaatkan untuk menghaluskan bumbu masakan. Namun, seiring berjalannya waktu, lama-lama pisau blender bisa jadi tumpul. Kondisi ini tentu bisa menghambat proses memasak.

Pisau blender perlu diasah secara rutin untuk mempertahankan ketajamannya. Selain menggunakan cangkang telur dan garam, salah satu akun TikTok, @diy.lifehacks.id membagikna tips yang tak kalah sederhana tentang bagaimana mengasah pisau blender.

Untuk informasi lebih lanjut, berikut penjelasan selengkapnya, dirangkum pada Selasa (14/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Siapkan Aluminium Foil

Dalam videonya, @diy.lifehacks.id memanfaatkan aluminium foil sebagai bahan pengasah pisau blender. Tidak harus baru, aluminium bekas bungkus makanan pun bisa dimanfaatkan, bahkan hal ini dirasa lebih ekonomis. 

3 dari 11 halaman

Blender Aluminium Foil

Potong aluminium kecil-kecil, lalu masukkan ke dalam blender. Dibutuhkan potongan aluminium hingga memenuhi separuh kapasitas blender. Setelah itu, nyalakan blender dan tunggu hingga beberapa menit (sesuaikan dengan tingkat ketumpulan pisau).

4 dari 11 halaman

Cuci Blender

Setelah pisau dirasa sudah cukup tajam, buang aluminium dan cuci blender hingga benar-benar bersih. Perlu kehati-hatian karena pisau blender yang kembali tajam bisa meluakai tangan.

5 dari 11 halaman

Cara Merawat Blender Agar Awet

Beberapa cara berikut ini bisa membuat umur simpan blender lebih panjang.

  1. Cuci blender segera setelah selesai digunakan
  2. Pastikan sela-sela blender tercuci dengan baik
  3. Ketika digunakan, hindari mengisi blender hingga penuh
  4. Pastikan memotong bahan hingga berukuran kecil sebelum dimasukkan ke dalam blender.
6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Pisau Blender

7 dari 11 halaman

Blender 3 in 1 untuk Apa Saja?

Blender 3 in 1 ini mempermudah proses pengolahan berbagai bahan seperti bumbu, daging, kacang-kacangan, dan buah-buahan untuk jus yang lezat. Bahan Food Grade yang digunakan menjamin kebersihan dan daya tahan yang tinggi untuk pemakaian jangka panjang.

8 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Kerja Alat Blender?

Prinsip operasional blender adalah mengonversi energi listrik menjadi energi gerak. Dengan prinsip kerja motor penggerak tersebut, blender dapat berfungsi sesuai dengan kebutuhannya.

9 dari 11 halaman

Apa Arti Quick Clean pada Blender?

Salah satu aspek menarik dari blender unggulan ini adalah Quick Clean. Fitur ini memungkinkan pembersihan blender secara cepat.

10 dari 11 halaman

Apakah Pisau Blender Bisa Diasah?

Pisau blender terletak di tengah wadah blender. Umumnya, terdapat empat mata pisau yang berputar ketika mesin dioperasikan. Seperti halnya pisau dapur, pisau pada blender juga bisa menjadi tumpul jika sering dipakai. Oleh karena itu, pisau blender harus diasah secara berkala.

11 dari 11 halaman

Apakah Blender dengan Chopper Sama?

Selain bisa menghaluskan bumbu dapur, chopper juga berfungsi untuk mencincang daging. Maka dari itu, alat ini dilengkapi dengan mata pisau yang lebih besar. Sebaliknya, blender hanya mampu mencampur dan menghaluskan bahan makanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.