Sukses

UKT UB Malang 2024, Jumlah Golongan Tak Berubah Nominal Tertinggi Kembali ke 2023

Rektorat UB Malang soal UKT 2024 ini tetap memberlakukan 12 golongan tapi nominal tertinggi tetap sama seperti 2023 lalu

Liputan6.com, Malang - Universitas Brawijaya atau UB Malang menyiapkan skema pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) 2024 bagi mahasiswa baru (maba) jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). Ada sejumlah penyesuaian yang disiapkan.

Kebijakan itu terkait kebijakan Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang membatalkan kenaikan UKT 2024 ini. UB Malang sendiri telah menerima surat dari kementerian pagi tadi. 

"Sebagai konsekuensinya, UKT kembali ke 2023," kata Wakil Rektor UB Malang Bidang Keuangan dan Sumber Daya, Muchamat Ali Safaat, Selasa, 28 Mei 2023.

Menurut dia, sedang ada proses transisi tarif UKT UB 2024 bagi maba jalur SNBP, termasuk bagi mereka yang sudah daftar ulang. Untuk pengelompokan UKT tetap sama seperti yang ditentukan pada 2024 ini yakni XII golongan. 

"Tapi nominalnya dibatasi, nilai tertinggi UKT tahun ini maksimal sama 2023 silam yang masuk di golongan VIII," kata Ali. 

Misalnya, pada 2023 lalu nominal tertinggi Rp 7 juta di golongan VIII. Maka tahun ini nominal itu masuk ke golongan IX - XII. Serta ada penyesuaian untuk golongan lainnya. Ada skema bagi maba yang sudah membayar melebihi nominal itu.

"Selisih pembayarannya akan jadi saldo untuk pembayaran UKT semester berikutnya," ucap Ali.

Sedangkan maba yang sudah bayar UKT pada golongan tertentu antara III-VII dengan nominal lebih rendah dibanding 2023, tetap diberlakukan UKT 2024. Sehingga tidak ada kenaikan maupun kekurangan pembayaran UKT bagi mereka.

Misalnya, bila di satu program studi itu banyak digolongan III, berdasarkan UKT 2024 nilainya Rp 1,5 juta. Bila ikut UKT tahun lalu bisa jadi ada yang mengalami kenaikan. Karena itu tak diubah tetap sesuai kebijakan sekarang.

"Karena itu tidak ada yang mengalami kekurangan pembayaran. Itu kebijakannya," ucap Ali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

75 Persen Maba Bayar UKT 2024

Untuk maba UB Malang jalur SNBP yang belum melunasi pembayaran, maka tetap membayar sesuai golongan UKT 2024. Kecuali golongan VIII-XII, tagihan pembayarannya menyesuaikan nominal tertinggi berdasar tahun lalu. 

"Nanti kami akan hitung ulang, menyesuikan UKT tahun lalu untuk diterapkan pada semester berikutnya," ujar Ali.

Maba UB Malang dari jalur SNBP 2024 ada sebanyak 3.662 mahsiswa. Berdasarkan data, sudah 75 persen yang membayar biaya daftar ulang. Namun belum bisa dipastikan berapa maba yang sampai kelebihan bayar.

"Masih kami data berapa banyak saldo dari maba yang kelebihan bayar," tutur Ali Safaat.

Berdasar data awal maba yang sudah daftar ulang itu pula Rektorat UB Malang sejauh ini belum mendapat informasi dan data terkait maba yang mundur karena tak mampu bayar. Informasi lebih lengkap termasuk peraturan terkat UKT terbaru ditaget selesai minggu depan.

"Ini kan maaih proses transisi, jadi semua masih kami data lagi," kata Ali.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.