Sukses

Jadi Bos Besar di Usia Muda, Ini Sumber Kekayaan Darma Mangkuluhur Putra Sulung Tommy Soeharto

Darma Mangkuluhur adalah seorang pengusaha yang berhasil meraih kesuksesan pada usia muda. Kekayaannya berasal dari sejumlah bisnis yang ia kelola.

Liputan6.com, Jakarta Darma Mangkuluhur, namanya tengah menjadi topik hangat di tengah publik baru-baru ini. Berita tentang pengeluaran dana sebesar Rp1,2 triliun untuk pembangunan lapangan golf baru yang diungkapkan olehnya langsung menarik perhatian. Rencananya, lapangan golf tersebut akan dibangun di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Proyek pembangunan tersebut akan dikerjakan di bawah naungan PT Intra GolfLink, di mana Darma menjabat sebagai komisaris. Kesuksesannya di usia muda membuat banyak orang penasaran tentang sumber kekayaan anak sulung Tommy Soeharto tersebut.

Dari mana saja Darma Mangkuluhur memperoleh kekayaannya? Simak pembahasannya selengkapnya berikut, Selasa (14/05/2024) mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Keloka Bisnis Golf yang Telah Menyebar di Berbagai Tempat

Darma diketahui mengelola beragam bisnis, termasuk yang diwariskan dari bisnis milik Soeharto dan yang dibangunnya sendiri. Salah satunya ialah PT. Intra GolfLink (IGR) yang didirikan pada tahun 2005.

Perusahaan ini memiliki empat cabang bisnis, yaitu PT Sentul Golf Utama yang mengoperasikan Palm Hills Golf Club di Bogor, PT New Kuta Golf And Ocean View yang mengelola New Kuta Golf Ball, PT Belitung Golf And Resorts yang mengurus Black Rocks Hotel & Golf di Belitung, dan PT New Kuta Condotel yang fokus pada sektor properti dan pariwisata.

3 dari 11 halaman

Lanjutkan Bisnis Warisan Ayahnya

Pria yang lahir pada tahun 1998 ini juga menduduki jabatan sebagai komisaris di PT Wisma Purnayudha Putra yang merupakan bisnis yang dimiliki oleh ayahnya. Perusahaan tersebut fokus pada properti eksklusif dan mewah di wilayah Jakarta, seperti Mankuluhur City Tower.

Pendapatan Darma juga diperoleh melalui perannya sebagai presiden PT Humpuss Land, sebuah anak perusahaan dari Humpuss Group. Bisnis milik ayahnya ini beroperasi di sektor properti, konstruksi, dan real estate.

4 dari 11 halaman

Kelola Bisnis Milik Sendiri

Salah satu usaha yang dijalankannya adalah Lounge In The Sky Jakarta, sebuah restoran mewah pertama di Indonesia yang memberikan pengalaman unik makan malam sambil menikmati panorama Kota Jakarta dari ketinggian 50 meter.

Selain itu, ia turut mengelola sebuah restoran di Jakarta, BOCA RICA Tapas Bar & Lounge yang menghidangkan hidangan khas dari Spanyol.

5 dari 11 halaman

Tamatkan Studi di Luar Negeri Sebelum Terjun ke Dunia Bisnis

Sebelum terjun ke dalam dunia bisnis, Darma menyelesaikan sekolah menengahnya di Overseas Family School, Singapura, pada tahun 2016. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan di EU Business School, Barcelona, Spanyol, dan berhasil menyelesaikannya pada tahun 2019.

6 dari 11 halaman

Gemari Dunia Balap Sejak Kecil

Darma tidak hanya sukses di dunia bisnis, tapi juga aktif dalam dunia olahraga, khususnya balap, sejak usia muda. Pada usia delapan tahun, Darma sudah bergabung dengan Humpuss Junior Racing Team, yang merupakan bagian dari Humpuss Group.

Pengalaman balap Darma meliputi kompetisi di tingkat nasional dan internasional. Pada usia 14 tahun, Darma turut serta dalam Asia Karting Open Championship 2012. Selain itu, ia juga mengikuti enam seri Asia Cup Formula Master pada 2014 dan Asian Formula Renault pada 2015.

7 dari 11 halaman

Pertanyaan Warganet Seputar Darma Mangkuluhur

8 dari 11 halaman

Darma Anak Siapa?

Darma Mangkuluhur merupakan anak pertama pasangan Tommy Soeharto dan Tata Cahyani. 

9 dari 11 halaman

Darma Mangkuluhur Ibunya Siapa?

Darma lahir dari rahim seorang ibu bernama Ardhia Pramesti Regita Cahyani atau yang akrab dipanggil Tata Cahyani.

10 dari 11 halaman

Boca Rica Punya Siapa?

Darma Mangkuluhur mulai mengikuti jejak sang ayah berkarier di dunia bisnis. Darma meiliki memiliki bisnis restoran bergaya Spanyol yang diberi nama Boca Rica Tapas Bar & Lounge.

11 dari 11 halaman

Darma Mangkuluhur Sekolah di Mana?

Sebelum terjun ke dunia bisnis, Darma menyelesaikan sekolah SMA-nya di Overseas Family School, Singapura pada 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini