Sukses

Awas Bikin Ilfil! Ini 7 Cara Sederhana untuk Cepat Hilangkan Bau Kaki di Sepatu

Permasalahan bau kaki masih dapat diatasi bahkan dengan cara yang sederhana. Berikut beberapa pilihannya.

Liputan6.com, Jakarta Bau kaki merupakan hal tidak menyenangkan yang bisa terjadi pada siapa saja, terlebih pada mereka yang memiliki aktivitas berat. Selain membuat tidak nyaman, bau kaki juga dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. 

Penyebabnya pun dapat berbagai macam, mulai dari hal yang sepele hingga serius. Paling umum, bau kaki disebabkan oleh keringat dan bakteri yang berkembang biak di kaki. Semakin banyak keringat yang diproduksi kaki, maka akan semakin menghasilkan aroma yang tidak sedap.

Dilansir dari Alodokter, terdapat beberapa hal yang menyebabkan seseorang lebih rentan mengalami bau kaki. Beberapa di antaranya yaitu karena stres berlebihan, berolahraga, perubahan hormon, efek samping obat-obatan, hingga kurap atau infeksi jamur di kaki.

Ketika menggunakan sepatu, maka bau kaki juga bisa hinggap di dalam sepatu. Terlebih pada sepatu dengan model tertutup, menghilangkan bau kaki pasti menjadi pekerjaan rumah tersendiri. 

Bagi kamu yang sedang memiliki permasalahan serupa tidak perlu khawatir, sebab hal tersebut masih dapat diatasi bahkan dengan cara yang sederhana. Berikut beberapa tips untuk menghilangkan bau sepatu.

1. Soda Kue

Soda kue merupakan bahan makanan yang memiliki banyak fungsi, termasuk untuk menghilangkan noda hingga bau. Oleh sebab itu, soda kue dapat digunakan untuk menghilangkan bau kaki.

Cara menggunakan bahan ini yaitu dengan menaburkan sedikit soda kue di bagian dalam sepatu, kemudian diamkan selama semalam. Ketika pagi hari, bersihkan sisa soda kue dan sepatu sudah tidak bau lagi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Garam

Secara alami, garam memiliki sifat antibakteri serta dapat menyerap kelembaban dan bau berlebih. Oleh karena itu, tidak heran bila garam dapat menjadi pilihan bagi kamu untuk menghilangkan bau pada sepatu.

Cara menggunakannya yaitu dengan menaburkan garam ke dalam sepatu, kemudian gosokkan agar seluruh bagian dalam sepatu tersentuh garam. 

3. Cuka

Seperti soda kue, cuka juga bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan bau sepatu. Cara untuk menggunakannya yaitu dengan mencampurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1 dalam botol semprot, kemudian semprotkan larutan tersebut pada bagian dalam sepatu.

Ulangi proses tersebut hingga bau tidak sedap dalam sepatumu hilang. Jika kamu ingin menggunakan sepatu kembali, pastikan bagian dalam sepatumu sudah benar-benar kering.

3 dari 4 halaman

4. Arang

Meskipun sering diremehkan, arang dapat berperan sebagai bahan penetral bau. Agar hitam arang tidak mengotori sepatumu, masukkan arang dalam pouch kecil yang dapat dimasukkan ke dalam sepatu.

Kemudian masukkan pouch berisi arang tersebut ke dalam sepatumu yang memiliki bau kaki. Dalam beberapa waktu, bau tersebut akan hilang.

5. Teh atau Kopi

Teh atau kopi merupakan bahan lain yang dapat menghilangkan bau sepatu dengan alami dan efektif. Teh sendiri mengandung tanin yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur, sehingga dapat mencegah pertumbuhan mikroorganisme yang menyebabkan bau.

Cara untuk menggunakannya yaitu dengan menaruh tek kantong atau taburkan kopi di dalam sepatu. Diamkan selama semalaman dan bau sepatu pun akan hilang.

4 dari 4 halaman

6. Kertas Koran

Jika kamu memiliki tumpukkan koran bekas yang tidak terpakai, tidak ada salahnya mencoba tips menghilangkan bau kaki yang satu ini. 

Remukkan beberapa halaman koran, kemudian tempatkan di dalam sepatu yang memiliki bau tidak sedap dan tunggu selama sehari. kertas tersebut berfungsi untuk menyerap kelembaban berlebih dan bau tidak sedang dari dalam sepatu

7. Sinar Matahari

Bagi kamu yang tidak memiliki bahan-bahan di atas sama sekali, cara mudah lain yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau kaki pada sepatu yaitu dengan menjemurnya. 

Jemurlah sepatu di bawah terik matahari selama beberapa jam, jangan lupa buka bagian sepatu agar bagian dalam sepatu terkena paparan sinar matahari. Dengan begitu, kelembaban yang ada di dalam sepatu pun dapat menghilang dan sepatu tidak lagi bau.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.