Sukses

Granit Xhaka hingga Ben White, Ini 5 Pemain Arsenal Paling Berkembang di Bawah Asuhan Mikel Arteta

Berikut ini pemain-pemain Arsenal yang berkembang di bawah asuhan Mikel Arteta

Liputan6.com, Jakarta Mikel Arteta telah memimpin sejak akhir tahun 2019 dan meskipun itu sebuah proses, pemain Spanyol itu telah mendapatkan yang terbaik dari banyak pemain Arsenal. Meskipun beberapa pemain tidak memiliki masa-masa positif di bawah Arteta, dapat dikatakan bahwa sebagian besar pemain telah menerima dia sebagai manajer dan mereka telah menunjukkan peningkatan yang signifikan di bawah arahannya.

Berikut adalah 5 pemain Arsenal yang paling berkembang di bawah asuhan Mikel Arteta. Dihimpun dari berbagai sumber, ini dia.

1. Granit Xhaka

 

Granit Xhaka menghabiskan tujuh tahun di Arsenal, menandatangani kontrak dengan klub di bawah asuhan Mikel Arteta pada tahun 2016. Namun, ada periode waktu yang singkat ketika karier Xhaka di London Utara sepertinya akan berakhir.

Gelandang internasional Swiss ini diangkat menjadi kapten dan dia masih dikenang sebagai salah satu kapten Arsenal terburuk sepanjang masa.

Beberapa bulan kemudian, secara ajaib dia masih menjadi pemain Arsenal. Singkat cerita, Arteta kembali memasukkan Xhaka ke starting lineup dan ia menjadi gelandang krusial. Ia beberapa kali tampil apik di bawah asuhan pelatih asal Spanyol itu, khususnya di musim 2022/23.

Itu adalah musim terakhirnya berseragam Arsenal dan di pertandingan terakhirnya untuk klub, Xhaka menerima tepuk tangan meriah setelah mencetak dua gol. Sebuah perubahan haluan yang luar biasa dan sebuah contoh dari "zero to hero".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Ben White

Ben White ditandatangani oleh Mikel Arteta pada tahun 2021 dan jelas terlihat mengapa bos Spanyol itu mendorong kesepakatan itu terjadi. Bagaimanapun, White telah menjadi salah satu pemain paling mengesankan di bawah asuhan Mikel Arteta.

White awalnya memulai hidupnya di Arsenal sebagai bek tengah, yang sepertinya ditakdirkan untuk menjadi posisinya seumur hidup. Namun, dalangnya yaitu Mikel Arteta punya rencana lain. Pada musim 2022/23, White melihat posisinya diubah menjadi bek kanan dan kini di sinilah dia paling sering bermain.

 

3 dari 5 halaman

3. Eddie Nketiah

Awalnya diberikan terobosannya sebagai seorang bocah oleh Arsene Wenger, dapat dikatakan bahwa Eddie Nketiah berubah menjadi seorang pria di bawah asuhan Mikel Arteta.

Meski Nketiah tidak pernah benar-benar menjadi pilihan utama Arsenal, namun ia selalu menjadi opsi cadangan yang layak dan bisa diandalkan oleh Mikel Arteta. Meski begitu, Arteta lebih bermurah hati dengan waktu bermain yang diberikan kepada pemain Inggris itu, meski sebagian besar penampilannya datang dari bangku cadangan.

Nketiah telah membuat lebih dari 100 penampilan Liga Premier untuk Arsenal, sebagian besar dilakukan di bawah asuhan Mikel Arteta. Dia adalah pemain yang selalu haus akan lebih dan apa pun yang terjadi di jendela transfer musim panas 2024, dapat dikatakan bahwa dia telah membuat perkembangan maksimal di bawah asuhan Mikel Arteta dan dia harus berterima kasih kepada pelatih Spanyol atas masa depan cerah yang pasti akan dia lakukan. memiliki.

 

4 dari 5 halaman

4. William Saliba

William Saliba awalnya ditandatangani oleh Unai Emery, yang tampaknya aneh untuk dikatakan mengingat dia baru saja melakukan terobosan di Arsenal baru-baru ini. Namun, Saliba tidak memiliki awal terbaik di Arsenal dan ada kekhawatiran apakah dia akan menyia-nyiakan karirnya atau tidak, ketika dia agak disingkirkan di masa-masa awalnya.

Meski demikian, Mikel Arteta selalu melihat Saliba sebagai bek tengah jangka panjang di Arsenal. Setelah kembali dari masa pinjamannya di Ligue 1 dan berkembang dengan baik di sana, William Saliba mempertaruhkan klaimnya di lineup Arsenal pada awal musim 2022/23. Sejak itu, Arteta tidak pernah menoleh ke belakang.

Dalam dua musim terakhir, Saliba membuktikan diri sebagai salah satu pemain terbaik Liga Inggris. Perkembangannya di bawah asuhan Mikel Arteta luar biasa dan dia jarang melakukan kesalahan di lini belakang Arsenal.

 

5 dari 5 halaman

5. Martin Odegaard

Ketika ia pertama kali muncul hampir satu dekade lalu setelah Real Madrid mengontraknya saat masih remaja, ia dianggap sebagai pemain terbaik berikutnya. Ternyata, bermain untuk Los Blancos bukanlah hal yang menyenangkan baginya, karena ia tidak diberi kesempatan besar untuk bersinar.

Odegaard sempat dipinjamkan beberapa kali tetapi bersama Arsenal lah dia paling terkesan. Odegaard awalnya didatangkan pada pertengahan musim 2020/21, awalnya dengan status pinjaman. Dia memuji Mikel Arteta sebagai faktor penariknya sebelum menandatangani kontrak, dengan mengklaim (melalui Sky Sports):

“Saya berbicara dengannya (Arteta) sebelum datang ke sini, tentu saja, itu sangat penting bagi saya dan dia tampak seperti manajer top dan saya menyukai ide-idenya, cara dia memandang sepak bola, dan juga sikapnya."

Beberapa tahun kemudian, dia akan menjadi pemain paling penting di Arsenal, mengaturnya melalui kualitas kepemimpinannya sebagai kapten setiap minggunya. Odegaard adalah contoh bagi setiap pemain muda untuk berhenti mendengarkan kebisingan dari luar dan memercayai prosesnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.