Sukses

6 Tips Bawa Hewan Peliharaan Saat Mudik Agar Tidak Stres dan Aman di Jalan

Mudik bisa menjadi hal yang membingungkan bagi mereka yang memiliki hewan peliharaan. Berikut 6 hal yang wajib kamu perhatikan saat mengajak anabul untuk melakukan perjalanan jauh.

Liputan6.com, Jakarta Mudik menjadi tradisi yang selalu dinantikan oleh sebagian besar orang di Indonesia, terutama oleh mereka yang merantau ke kota-kota besar. Dengan melakukan mudik, mereka bisa menikmati hari raya lebaran dalam kehangatan bersama keluarga di kampung halaman.

Di sisi lain, mudik bisa menjadi hal yang membingungkan bagi mereka yang memiliki hewan peliharaan. Mereka akan merasa dilema apakah harus menitipkan anak bulu (anabul) ke pet hotel dan menahan rindu berhari-hari, atau mengajaknya melakukan perjalanan yang melelahkan.

Apalagi bagi pecinta hewan, sering kali rasa sayang membuat mereka tidak bisa berjauhan terlalu lama dengan hewan peliharaan. Akan tetapi, hewan peliharaan rentan merasa stres apabila berada di dalam kendaraan terlalu lama.

Apabila kamu merasakan hal yang sama, sebenarnya kamu tidak perlu risau. Bagi kamu yang akan melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil, kamu masih bisa membawa hewan peliharaan asal mempersiapkannya dengan maksimal.

Dilansir dari channel YouTube “Suka Kucing”, berikut 6 hal yang wajib kamu perhatikan saat mengajak anabul untuk melakukan perjalanan mudik lebaran.

1. Pastikan Anabul dalam Kondisi Fit

Hal utama yang harus diperhatikan saat akan mengajak anabul melakukan perjalanan jauh yaitu memastikan kondisinya benar-benar sehat atau fit. Apabila hewan kamu sedang sakit, sebaiknya jangan memaksa mereka untuk ikut mudik.

Apabila tetap dilakukan, hal ini akan membuat kondisi anabul semakin buruk. Terlebih untuk mengikuti perjalanan yang sangat panjang dalam 8 hingga 10 jam.

Oleh sebab itu, kamu bisa menjaga kesehatan anabul sejak jauh-jauh hari agar ketika sudah waktunya berangkat mudik mereka sudah dalam keadaan optimal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Gunakan Pet Cargo yang Besar 

Pet cargo adalah benda yang wajib dimiliki oleh pemilik anabul seperti kucing dan anjing. Perlengkapan ini berfungsi untuk membawa anabul bepergian, seperti jalan-jalan, ke dokter hewan, hingga bepergian jauh.

Namun kamu perlu memperhatikan pet cargo yang digunakan. Usahakan untuk menggunakan ukuran yang besar agar anabul dapat leluasa berada di dalamnya. Sebab apabila kekecilan, maka anabul harus meringkuk sepanjang jalan dan menyebabkan mereka tidak nyaman dan rentan stres.

3. Siapkan Makanan dan Multivitamin Anabul

Makanan tentu menjadi kebutuhan utama anabul sehingga kamu harus menyiapkannya. Akan tetapi, penting untuk memperhatikan jenis makanan yang akan kamu berikan kepada anabul.

Kamu bisa memberikan anabul makanan basah yang berbentuk snack. Dengan begitu, hal ini akan mempermudah kamu dalam memberi makan, serta mencegah makanan menjadi berantakan. Hal ini jauh lebih efektif daripada kamu memberikan dry food dari kemasan kiloan.

Selain makanan, multivitamin anabul juga merupakan hal yang sangat penting karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh anabul. Tidak hanya itu, multivitamin juga dapat berperan sebagai anti stres untuk anabul yang dibawa pergi jauh.

3 dari 4 halaman

4. Siapkan Peralatan Untuk Membersihkan Kotoran Anabul

Selama melakukan perjalanan panjang panjang, hewan peliharaanmu juga melakukan melakukan buang air kecil maupun buang air besar. Oleh sebab itu, kamu harus menyediakan peralatan lain untuk membersihkan anabul.

Tisu menjadi hal yang sangat penting untuk dibawa sebab dapat membersihkan kotoran anabul dengan mudah. Kamu bisa menggunakan kedua jenis tisu yaitu baik yang basah maupun yang kering.

5. Perhatikan Waktu Memberi Makan

Selain pergi dalam kondisi tubuh fit, kamu juga harus memastikan anabul merasa kenyang saat akan memulai perjalanan. Kamu bisa memberinya makan dua sampai tiga jam sebelum berangkat.

Hindari memberi makan kucing mepet waktu saat berangkat karena apabila keadaan mobil panas, hal ini bisa memancing anabul untuk muntah. Selain akan muntah banyak, hal ini juga akan mengotori pet cargo dan membuat keadaan menjadi tidak efisien.

4 dari 4 halaman

6. Pakaikan Pet Underpad Pada Pad Cargo

Pet Underpad dirancang khusus untuk hewan peliharan seperti anjing dan kucing. Kamu bisa mengalasi pet cargo anabulmu dengan pet underpad karena hal ini sangat berguna sebagai alas pipis atau poop anabul kamu.

Selain itu, penggunaan pet underpad juga membantu mencegah penyebaran kuman. Apabila telah selesai digunakan alat ini dapat langsung dibuang sehingga sangat efisien.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.