Sukses

Tidak Hanya Segar, Air Kelapa Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Begini Caranya

Sebagai sumber elektrolit alami, rendah kalori dan kaya nutrisi luar biasa, air kelapa juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Liputan6.com, Jakarta Cuaca yang tidak menentu seperti saat ini membuat tubuh kita harus kembali menyesuaikan diri. Termasuk sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang mendukung transisi cuaca dan menjaga tubuh agar tetap sejuk. 

Maka tidak heran, hidrasi tubuh menjadi lebih penting sebab tubuh terus-menerus kehilangan air melalui keringan. Selain itu, jika kekurangan cairan bisa menyebabkan dehidrasi hingga heat stroke.

Lalu, bagaimana caranya untuk menjaga hidrasi tubuh dengan baik? Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menghindari godaan makanan dan minuman yang manis.

Apalagi jika Anda sedang menjalani program menurunkan berat badan, ini adalah saat yang tepat. Di mana metabolisme tubuh menjadi lebih tinggi dan biasanya tubuh tidak menginginkan makanan berkalori tinggi seperti yang terjadi saat sering hujan. 

Dengan nafsu makan yang sedikit menurun dan adanya banyak buah-buahan serta sayuran yang bisa memberikan hidrasi, Anda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk diet, lho. Nah, cara yang bisa dilakukan yaitu mengonsumsi air kelapa.

Seperti melansir dari Hindustan Times, Selasa (2/4/2024), air kelapa termasuk minuman rendah kalori yang dapat menghidrasi Anda tanpa menyebabkan lonjakan gula darah. Selain itu juga membantu meningkatkan metabolisme dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Selain itu, menurut Dr. Rituja Ugalmugle, Konsultan Dokter, Rumah Sakit Wockhardt, Mumbai, meskipun air kelapa saja tidak secara langsung menyebabkan penurunan berat badan, air kelapa dapat menjadi bagian dari rencana pengelolaan berat badan yang sehat.

Yuk, kita cek bersama-sama!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Air Kelapa dan Penurunan Berat Badan

Dr. Ugalmugle mencantumkan enam cara berbasis bukti bahwa mengonsumsi air kelapa dapat mendukung penurunan berat badan, di antaranya:

1. Rendah Kalori

Dibandingkan dengan minuman manis lainnya seperti soda atau jus buah, air kelapa relatif rendah kalori. Rata-rata, satu porsi 8 ons (240 mililiter) air kelapa mengandung sekitar 45-60 kalori. Namun, hal ini juga tergantung pada merek dan gula tambahannya.

Memilih air kelapa sebagai pengganti minuman berkalori tinggi dapat membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan sehingga mendukung upaya penurunan berat badan.

2. Menjaga Hidrasi Tubuh

Tetap terhidrasi sangat penting untuk menurunkan berat badan karena dapat membantu meningkatkan metabolisme dan mengurangi nafsu makan. Air kelapa adalah cara alami dan menyegarkan untuk tetap terhidrasi karena kandungan air dan komposisi elektrolitnya yang tinggi.

3 dari 4 halaman

3. Pemulihan Setelah Olahraga

Air kelapa sering disebut-sebut sebagai minuman olahraga alami karena kandungan elektrolitnya. Mengonsumsi air kelapa setelah berolahraga dapat membantu mengisi kembali elektrolit yang hilang melalui keringat dan mempercepat pemulihan, mendukung rutinitas olahraga yang konsisten yang penting untuk pengelolaan berat badan.

4. Dapat Mengurangi Nafsu Makan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air kelapa mungkin memiliki efek menekan nafsu makan. Minum air kelapa sebelum makan dapat membantu Anda merasa lebih kenyang dan mengonsumsi lebih sedikit kalori secara keseluruhan, sehingga dapat berkontribusi pada penurunan berat badan seiring berjalannya waktu.

Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun air kelapa dapat menjadi tambahan yang sehat untuk rencana penurunan berat badan, air kelapa harus dikonsumsi dalam jumlah sedang sebagai bagian dari diet seimbang.

4 dari 4 halaman

5. Kaya Nutrisi

Air kelapa mengandung nutrisi penting seperti potasium, magnesium, kalsium, dan vitamin C. Nutrisi ini penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan dapat mendukung metabolisme dan produksi energi, yang merupakan faktor kunci dalam pengelolaan berat badan.

6. Keseimbangan Elektrolit Alami

Air kelapa merupakan sumber elektrolit alami yang penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Keseimbangan elektrolit yang tepat dapat mendukung tingkat hidrasi optimal selama berolahraga, membantu meningkatkan kinerja fisik dan berpotensi membantu penurunan berat badan.

Jadi, itu tadi enam alasan kenapa air kelapa sangat baik dalam membantu perjalanan menurunkan berat badan Anda. Nah, apakah Anda tertarik untuk mencobanya sekarang?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.