Sukses

Jadi Menu Buka Puasa yang Populer, Ketahui Manfaat Air Kelapa

Air kelapa tidak hanya sebatas penyegar. Minuman alami ini kaya akan elektrolit yang membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

Liputan6.com, Jakarta Di bulan Ramadan ini, air kelapa sering kali menjadi menu yang populer untuk berbuka puasa.

Selain rasanya yang segar, air kelapa mengandung vitamin dan mineral penting yang membantu mendukung fungsi otot dan saraf serta menyeimbangkan cairan tubuh.

Air kelapa sangat cocok untuk mengisi kembali cairan tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa karena kandungan elektrolitnya yang tinggi. Terkadang, berpuasa membuat tubuh kehilangan banyak cairan tubuh sehingga menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit.

Menurut Verywell Health, air kelapa mengandung banyak elektrolit alami, seperti natrium, magnesium, kalsium, dan kalium.

Elektrolit adalah mineral yang penting untuk menyeimbangkan jumlah air dalam tubuh. Elektrolit juga membantu memindahkan limbah ke dalam dan ke luar sel, mendukung fungsi otot dan saraf, dan menstabilkan tekanan darah.

"Air kelapa adalah cairan alami yang terdapat di dalam kelapa muda berwarna hijau, dan terdiri dari karbohidrat, kalium, serta berbagai tingkat senyawa lain seperti flavonoid, antosianin, asam fenolat, dan asam amino," kata Monique Richard, seorang ahli gizi terdaftar yang berbasis di Johnson City, Tennessee, pemilik Nutrition-In-Sight, dan juru bicara media nasional untuk Academy of Nutrition Dietetics, dikutip dari Forbes.

Manfaat minum air kelapa antara lain sebagai berikut.

Hidrasi

"Air kelapa adalah minuman yang sangat baik untuk ditambahkan ke dalam rutinitas hidrasi Anda karena kandungan elektrolitnya yang tinggi," kata Cordelia McFadyen, ahli gizi holistik bersertifikat dan pendiri serta pemilik perusahaan nutrisi holistik Inspired Living Nutrition Inc. yang berbasis di Calgary, Alberta, Kanada.

Elektrolit adalah mineral yang memengaruhi beberapa fungsi tubuh, termasuk jumlah air dalam tubuh dan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kaya Nilai Gizi

Air kelapa kaya akan kalium, dengan 1 cangkir air kelapa tanpa pemanis yang siap diminum menawarkan 404 miligram kalium.

"Kalium membantu mengontraksikan otot, bertindak sebagai elektrolit dan mendukung keseimbangan cairan tubuh," kata Richard.

Selain kalium, 1 cangkir air kelapa tanpa pemanis yang siap diminum juga mengandung sekitar 17 miligram kalsium, 15 miligram magnesium, 64 miligram natrium, dan 12 miligram fosfor. Kalsium diperlukan untuk membangun dan mempertahankan tulang yang kuat dan untuk pergerakan otot.

Magnesium penting karena dibutuhkan untuk berbagai fungsi termasuk produksi energi dan kesehatan tulang. Sementara itu, natrium sangat penting dalam jumlah kecil untuk menjaga cairan tubuh serta fungsi saraf dan otot.

Terakhir, fosfor membentuk tulang dan gigi serta membantu tubuh memproduksi protein, yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel dan jaringan, serta ATP, molekul yang digunakan untuk menyimpan energi.

3 dari 4 halaman

Rendah Kalori

Air kelapa dapat dimasukkan ke dalam diet rendah kalori atau rendah gula, secangkir (8 ons) air kelapa tanpa pemanis yang siap diminum mengandung sekitar 44 kalori dan mengandung hampir 10 gram total gula. Namun, sisi positif ini dapat hilang tergantung pada kemasan air kelapa yang Anda pilih.

McFadyen mengatakan bahwa lebih baik minum air kelapa asli. Lalu, jangan tambahkan gula.

“Dianjurkan untuk memeriksa label dan jika bisa, pilihlah air kelapa yang langsung dari buah kelapa,” kata McFadyen

Selain manfaat di atas, terdapat 5 manfaat mengesankan Lainnya dari air kelapa menurut Verywell Health

  • Menurunkan tekanan darah
  • Membantu melawan kerusakan sel dalam tubuh
  • Mencegah batu ginjal
  • Membangun tulang dan gigi yang lebih kuat
  • Menstabilkan gula darah
4 dari 4 halaman

Konsumsi Air Kelapa dengan Porsi yang Pas

Ada banyak cara untuk memasukkan air kelapa ke dalam menu makanan.

“Anda dapat mengonsumsinya sebagai alternatif jus atau menambahkannya ke dalam smoothie,” saran Richard.

Menurut Richard, tidak ada "standar 'asupan sehat' yang pasti atau 'jumlah sehat' yang diteliti secara spesifik untuk air kelapa, meskipun ada bukti efek berbahaya ketika dikonsumsi secara berlebihan. "Delapan hingga 16 ons air kelapa mungkin merupakan perkiraan yang tepat, namun sekali lagi, hal ini tergantung pada orangnya, kebutuhan individu, kondisi kesehatan, status hidrasi, akses, dan tujuannya," jelas Richard.

Meskipun bukan pengganti lengkap untuk air putih atau berbagai makanan padat nutrisi lainnya, air kelapa dapat menawarkan berbagai manfaat, terutama jika Anda memperolehnya lebih dekat dengan sumbernya.

"Di alam, air kelapa segar sangat menyenangkan dengan berbagai manfaat nutrisi," jelas McFadyen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini