Sukses

Pakai Tambahan 2 Bahan Dapur, Begini Cara Mudah Bersihkan Kerak Air di Wastafel

Noda bekas aliran air keran di wastafel seringkali menimbulkan kerak yang membandel. Mari simak bagaimana cara mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta Kerak air yang membandel membuat wastafel terlihat kotor. Meski sekadar bercak air, jika dibiarkan dan tidak diatasi dengan tepat kerak air pada wastafel akan semakin kuat menempel dan sulit untuk dihilangkan. 

Kebanyakan orang memanfaatkan baking soda sebagai solusinya. Namun, seorang pengguna YouTube bernama helo ase membagikan tips menghilangkan kerak air di wastafel tanpa perlu baking soda.

Untuk informasi lebih lanjut, berikut penjelasannya, dirangkum pada Senin (13/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Untuk mempermudah proses pembersihan wastafel, siapkan beberapa bahan dan alat berikut ini:

  • Cuka
  • Sabun cuci piring
  • Baby oil
  • Spon cuci piring
  • Kain lap
3 dari 11 halaman

1. Gunakan Cuka

Pertama, bersihkan wastafel dengan cuka. Pastikan wastafel dalam kondisi kering, lalu basahi spon dengan cuka secukupnya dan gosokkan ke seluruh permukaan wastafel. Penggunaan cuka ini cukup efektif dalam mengangkat noda kerak air yang tadinya membandel.  

4 dari 11 halaman

2. Gunakan Sabun Cuci Piring

Kedua, lanjut bersihkan ulang wastafel menggunakan sabun cuci piring. Karena aroma cuka biasanya cukup kuat, bersihkan ulang permukaan wastafel menggunakan sabun, lalu bilas dengan air mengalir. 

5 dari 11 halaman

3. Keringkan Permukaan Wastafel

Ketiga, keringkan wastafel untuk mencegah timbulnya noda bercak air. Lap seluruh permukaannya menggunakan kain lap yang bersih dan kering. 

6 dari 11 halaman

4. Aplikasikan Baby Oil

Terakhir, aplikasikan baby oil untuk memberikan kesan mengkilap dan bau harum. Caranya, tuangkan baby oil secukupnya pada spon lalu gosokkan ke seluruh permukaan wastafel. Hasilnya, wastafel pun bersih kembali dan terlihat bersih seperti baru. 

7 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Kerak Air

8 dari 11 halaman

Kenapa Bisa Ada Kerak Air?

Air mengandung mineral seperti kalsium dan magnesium, sehingga dapat mengendap dan menumpuk seiring berjalannya waktu. Akibatnya, terbentuklah noda putih berupa kerak air yang mengganggu.

9 dari 11 halaman

Membersihkan Wastafel Pakai Apa?

Wastafel kebanyakan bisa dibersihkan dengan semprotan pembersih standar serta kain yang halus. Jika ingin alternatif yang lebih ringan, larutkan deterjen ringan atau cuka putih dalam air untuk menghilangkan noda. Manfaatkan sikat gigi bekas atau sikat kecil dengan bulu yang lembut untuk membersihkan secara menyeluruh.

10 dari 11 halaman

Apakah Garam Bisa Membersihkan Kerak?

Garam mampu menghilangkan kerak pada lantai kamar mandi. Sebagai desinfektan yang efektif, garam memiliki kemampuan untuk membunuh kuman serta membersihkan noda air. Cukup dengan menyiramkan air ke permukaan lantai kamar mandi dan menaburkan garam merata.

11 dari 11 halaman

Apakah Sitrun Bisa Membersihkan Kerak?

Karakter asam yang ada dalam buah lemon seringkali dimanfaatkan untuk membersihkan noda serta kerak, juga untuk menghilangkan jamur dan lumut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini