Sukses

8 Negara Penghasil Mangga Terbanyak di Dunia,Termasuk Indonesia

Mangga adalah salah satu jenis buah yang paling banyak diminati di berbagai negara. Selain kaya nutrisi, mangga juga termasuk buah yang dapat dimanfaatkan dan dikreasikan untuk berbagai macam sajian. Yuk, simak negara mana saja yang menghasilkan mangga terbanyak di dunia!

Liputan6.com, Jakarta Mangga adalah jenis buah tropis yang berasal dari pohon Mangifera Indica. Asalnya, mangga berasal dari wilayah India, Bangladesh, dan Myanmar, sehingga dikenal sebagai salah satu buah khas Asia Tenggara yang telah ada selama berabad-abad. Karena banyaknya kultivar mangga, buah ini memiliki variasi yang cukup besar baik dari segi penampilan maupun rasanya.

Saat ini, mangga telah menjadi salah satu buah favorit yang disukai oleh banyak orang di berbagai negara. Pohon mangga dapat tumbuh dan berbuah di banyak tempat asalkan cuacanya hangat, sehingga memberikan sentuhan tropis di mana pun tumbuhnya. Namun, apakah Anda tahu negara mana yang paling banyak menanam dan memanen mangga?

Berikut ini daftar negara-negara di dunia yang memproduksi buah mangga terbanyak, dikutip dari animals.com (08/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 14 halaman

India

Setiap tahun, India menghasilkan sekitar 25 juta ton mangga, yang merupakan sekitar 45% dari total produksi mangga di seluruh dunia. Lebih dari 3 juta hektar lahan di India dialokasikan untuk penanaman pohon mangga. Para petani di India umumnya menanam mangga pada awal musim hujan agar pertumbuhan pohonnya optimal. Sehingga, ketika musim hujan berakhir, mereka dapat mulai memanen buah mangga. Beberapa varietas mangga yang umum tumbuh di India antara lain Mangga Dashehari, Mangga Kesar, dan Mangga Alphonsus.

3 dari 14 halaman

China

China menghasilkan sekitar 3,8 juta ton mangga setiap tahunnya. Budidaya mangga di negara ini telah dimulai sejak seribu tahun yang lalu, khususnya pada masa Dinasti Tang. Saat ini, lebih dari 30 varietas mangga ditanam di dalam negeri. Provinsi Guangxi dan Hainan menjadi dua wilayah utama dengan luas tanam mangga yang signifikan di China.

4 dari 14 halaman

Indonesia

Setiap tahun, Indonesia menghasilkan sekitar 3,6 juta ton mangga. Kondisi iklim tropis negara ini sangat mendukung pertumbuhan mangga. Provinsi Jawa Timur menjadi pusat produksi mangga terbesar di Indonesia. Produksi mangga di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan sejak awal abad ini. Saat ini, terdapat sekitar 25 juta pohon mangga yang ditanam di seluruh negeri.

5 dari 14 halaman

Pakistan

Di Pakistan, produksi mangga mencapai sekitar 2,7 ton dengan luas lahan sekitar 412.000 hektar. Kota Mirpurkhas atau Kota Mangga terkenal di sana, sementara festival mangga telah diadakan setiap tahun sejak tahun 1955.

6 dari 14 halaman

Meksiko

Setiap tahun, Meksiko menghasilkan sekitar 2,4 juta ton mangga. Sejak 2013, produksi mangga di negara ini telah meningkat sebesar 39%. Mangga ditanam di berbagai wilayah di Meksiko, tetapi negara bagian Sinaloa adalah produsen utama mangga di negara tersebut.

7 dari 14 halaman

Brazil

Setiap tahun, Brazil menghasilkan sekitar 2,1 juta ton mangga, menjadikannya produsen utama buah mangga di Amerika Selatan. Iklim tropis yang melimpah di sekitar wilayah Brazil menjadi faktor utama dalam produksi ini. Bahia, sebuah negara bagian di bagian utara Brazil, menyumbang hampir 80% dari total produksi mangga di negara tersebut.

8 dari 14 halaman

Malawi

Malawi menghasilkan sekitar 1,7 ton buah mangga setiap tahunnya. Dari bulan Oktober hingga Maret, petani di Malawi mengemas buah mangga hasil panen mereka untuk diekspor ke berbagai belahan dunia. Di negara tersebut, terdapat minimal lima varietas mangga yang ditanam.

9 dari 14 halaman

Thailand

Setiap tahun, Thailand menghasilkan sekitar 1,6 juta ton mangga, menjadikannya lokasi utama budidaya mangga di dunia. Musim panen mangga di Thailand biasanya dari bulan Februari hingga Juli. Namun, berkat cuaca tropisnya, sebagian besar buah mangga dapat dipanen sepanjang tahun.

10 dari 14 halaman

Berapa Produksi Mangga Per Pohon?

Pohon muda okulasi dapat menghasilkan 50-100 buah/ tahun. Angka itu akan meningkat sampai 300-500 buah pada umur 10 tahun, kemudian 1000 buah pada umur 15 tahun, dan 2.000 buah pada waktu produksi maksimum di umur 20 tahun. Demikianlah penjelasan mengenai pohon mangga.

 

11 dari 14 halaman

Berapa Lama Pohon Mangga Bisa Bertahan Hidup?

Pohon mangga adalah tanaman berumur panjang, bahkan beberapa spesiesnya dapat berbuah hingga umur 300 tahun.

12 dari 14 halaman

Berapa Lama Waktu Panen Mangga?

Umur panen buah mangga dipengaruhi oleh iklim dan varietas. Di Indonesia, umur panen tercapai antara 75 – 107 hari setelah muncul bunga. Pada mangga golek, umur panen adalah 75 – 85 hari, pada jenis arumanis dan gedong, umur panen adalah 93 – 107 hari setelah muncul bunga.

13 dari 14 halaman

Darimana Asal Pohon Mangga?

Mangga berasal dari daerah di sekitar perbatasan India dengan Burma, dan mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekitar 1500 tahun yang silam.

14 dari 14 halaman

Mangga Berbuah Pada Umur Berapa?

Tanaman mangga berbuah rata-rata hanya sekali dalam setahun. Musim buah mangga rata-rata jatuh pada bulan Oktober sampai Desember.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.