Sukses

Bagus untuk Diet, Ini Cara Bikin Rendang Agar Sehat dan Tetap Gurih Tanpa Santan

Rendang ternyata bisa diolah agar lebih sehat tanpa menggunakan santan dan minyak. Simak caranya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Dengan kelezatan yang khas, tidak heran jika Rendang berhasil mendapatkan pengakuan dari UNESCO di tahun 2013.

Makanan tradisional asal Sumatera Barat ini dikenal memiliki cita rasa gurih pedas dengan sentuhan rempah yang kuat.

Salah satu bahan utama yang dipercaya dapat membuat rendang jadi semakin lezat adalah santan kelapa. Santan inilah yang menyebabkan rendang mengeluarkan minyak yang sangat menggugah selera.

Meskipun begitu, beberapa orang justru menganggap penggunaan santan pada rendang jadi tidak menyehatkan. Di sisi lain, banyak yang beranggapan jika rendang tidak akan senikmat biasanya jika tidak menggunakan santan.

Padahal, anggapan itu sedikit keliru. Pasalnya rendang bisa diolah agar jadi lebih sehat, seperti yang dilakukan oleh pemilik kanal YouTube/Elaine Hanafi. Bahkan, ia tidak menggunakan santan dan minyak sedikitpun.

Lantas, apakah ia menggunakan bahan baku alternatif yang lain? Temukan jawabannya pada ulasan yang dirangkum pada Minggu (12/05/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Buat Kuah Rendang

Guna membuat kuah rendang, haluskan bumbu-bumbu berikut dengan blender:

●     3 bawang merah dan 2 bawang putih.

●     4 butir kemiri dan 2 cm jahe

●     7 cabai merah besar (jika tidak mau pedas, bisa buang biji cabai).

●     ¼ sdt cengkih dan bunga lawang.

●     ⅓ sdm garam rendah sodium dan 1 sdt kaldu jamur tanpa msg.

●     699 ml air.

Saat akan diblender, tuang air setengah dahulu lalu blender sebentar. Baru setelah itu masukkan sisa airnya dan lanjut blender lagi sampai benar-benar encer seperti kuah.                                                                         

Untuk garam rendah sodium dan kaldu jamur tanpa msg bisa didapatkan sekitar 5-20 ribuan saja lewat platform e-commerce.

3 dari 12 halaman

Potong Daging Kecil-kecil

Untuk membuat tiga porsi rendang, siapkan sekitar 350 gram daging sapi lalu potong kecil-kecil. Agar lebih sehat, buang kulit dan lemak yang menempel pada daging.

Namun jika lemak daging tidak ingin dibuang juga tidak masalah, karena pada dasarnya rendang ini sudah rendah lemak karena akan diolah tanpa minyak.

4 dari 12 halaman

Panaskan Kuah Rendang Sampai Mendidih

Masukkan kuah rendang yang sudah dihaluskan tadi ke dalam panci untuk dipanaskan sampai mendidih, kira-kira selama lima belas menit. Agar lebih cepat mendidih, jangan lupa untuk menutup panci.

Setelah kuah rendang mendidih, tambahkan 4 cm lengkuas, tiga batang serai dan lima lembar daun jeruk supaya lebih harum.

5 dari 12 halaman

Masak Rendang

Langsung setelah langkah sebelumnya, masukkan daging sapi yang sudah dipotong-potong untuk dimasak dengan api kecil biar lebih meresap.

Tutup panci lalu tunggu sampai kuah rendang benar-benar serat dan hampir tidak tersisa. Jika kuah rendang sudah hampir habis, aduk-aduk terus rendang agar

6 dari 12 halaman

Tambahkan Susu

Sambil terus mengaduk, tambahkan 150 ml susu pada rendang yang sedang dimasak. Susu yang digunakan bisa susu low-fat, susu almond atau fiber cream dicampur air.

Susu sendiri berperan sebagai pengganti santan karena mengandung lemak yang tidak terlalu tinggi. Selain itu, susu dinilai lebih kaya gizi dibandingkan santan.

Usai ditambah susu, aduk rendang sedikit lalu tutup panci lagi dan tunggu sampai bumbu mengering. Jika bumbu sudah kering, maka rendang versi rendah lemak ini siap untuk disajikan.

7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet tentang Rendang

8 dari 12 halaman

Apakah Rendang Boleh untuk Diet?

Tidak dilarang untuk menyantap rendang daging saat sedang menjalani program diet. Akan tetapi, penting untuk mengendalikan asupannya karena rendang daging memiliki kandungan kalori dan lemak yang tinggi. Sebuah sajian rendang daging mengandung sebanyak 238 kalori.

9 dari 12 halaman

Apakah Rendang Makanan Berlemak?

Dalam satu sajian rendang berukuran 100 gram, terdapat sekitar 11,07 gram lemak. Angka ini melebihi jumlah lemak yang terdapat dalam hidangan lain yang memiliki porsi serupa.

10 dari 12 halaman

Apakah Rendang Sehat?

Rendang terbuat dari daging merah sebagai bahan utamanya, yang sebenarnya mengandung asam amino penting bagi tubuh. Namun, santan yang juga digunakan dalam pembuatan rendang memiliki kandungan asam lemak jenuh yang cukup tinggi. Oleh karena itu, rendang dianggap berisiko bagi kesehatan.

11 dari 12 halaman

Apakah Rendang Tinggi Kolesterol?

Biasanya, bahan utama yang digunakan dalam rendang adalah daging sapi atau ayam. Daging sapi memiliki kolesterol, tetapi ketika dimasak menjadi rendang, kandungan kolesterolnya tidak meningkat secara signifikan.

12 dari 12 halaman

Apa Manfaat Rendang?

Selain memiliki cita rasa yang lezat, bumbu rendang juga memberikan manfaat kesehatan. Ini dikarenakan rempah-rempah yang digunakan dalam pembuatannya mengandung senyawa bioaktif yang memiliki potensi untuk meningkatkan kesehatan, seperti sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini