Sukses

Gak Cuma Sate atau Gulai, Ini 7 Ide Olahan Lain Daging Kurban Idul Adha yang Bisa Dicoba

Bagi kamu yang akan mendapat daging kurban, yuk mulai rencanakan daging kurbannya akan diolah menjadi apa. Jika selama ini seringnya bikin sate atau gulai, kamu bisa coba olahan lain.

Liputan6.com, Jakarta - Umat Islam Indonesia akan melakukan perayaan Idul Adha pada Senin, 14 Juni 2024. Diawali dengan gema takbir mulai malam harinya, muslim akan melaksanakan salat Id di pagi hari dan menyembelih hewan kurban setelahnya. 

Hari Raya Idul Adha 2024 semakin dekat. Sudah menyiapkan ide olahan daging kurban tahun ini?

Sebagaimana diketahui, daging kurban tidak hanya dinikmati oleh shohibul qurban. Daging kurban akan dibagi-bagi ke orang lain, terutama kalangan fakir atau miskin. 

Inilah esensi ibadah kurban. Selain merupakan wujud pendekatan kepada Allah SWT (hablumminallah), juga meningkatkan rasa empati dan solidaritas sesama manusia sebagai hablumminannas

Bagi kamu yang akan mendapat daging kurban, yuk mulai rencanakan daging kurbannya akan diolah menjadi apa. Jika selama ini seringnya bikin sate atau gulai, kamu bisa coba olahan lain.

Berikut Liputan6.com ulas tujuh olahan daging kurban selain sate atau gulai. 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Olahan Daging Kambing Kurban Idul Adha

1. Tongseng Kambing

Bosan dengan satai? Kamu bisa menyulap daging kurban jadi tongseng kambing, lho. Ini salah satu olahan daging kurban yang bisa jadi inspirasi kamu. Daging kambing yang telah dipotong ditambah dengan kol, tomat, dan kuah yang sudah dibumbui akan menggoyah lidahmu.

2. Sup Kaki Kambing

Biasanya kaki kambing jarang ada yang mau olah. Padahal kalau pandai mengolahnya, kaki kambing hasil kurban bisa dijadikan sup (sup kaki kambing). Para penikmat sup jangan sampai terlewat dengan olahan masakan ini. Sup kaki kambing bisa disantap selagi hangat bersama nasi. 

3. Kari Kambing

Kari kambing adalah masakan yang populer dalam sajian Asia Tenggara dan Indo-Karibia. Jika mendapat daging kambing kurban, kamu bisa mengolahnya menjadi kari kambing. Sajian kambing berkuah yang ditambah rempah-rempah sangat cocok dinikmati di momen Idul Adha.

3 dari 3 halaman

Olahan Daging Sapi Kurban Idul Adha

4. Semur Sapi

Selain satai, daging sapi juga dapat diolah menjadi semur. Semur sapi merupakan salah satu masakan favorit di Indonesia. 

Sekilas, semur memang mirip rendang, tapi sebenarnya beda. Semur daging lebih berkuah. Bumbunya juga tidak sepekat rendang. Masakan ini cocok jadi menu makan bersama keluarga.

5. Rendang Sapi

Rendang adalah salah satu masakan khas Minang dari daging sapi yang sudah melegenda di Tanah Air. Masakan ini bisa jadi inspirasi saat kamu kebingungan mengolah daging kurban. 

Kamu perlu menyiapkan daging sapi dan dimasak agar empuk, lalu ditambah bumbu-bumbu yang membuat masakan rendang jadi maknyus.

6. Dendeng Sapi

Ingin daging sapi kurban awet? Jika iya, kamu bisa membuatnya menjadi dendeng. Dendeng bisa bertahan hingga dua bulan.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan daging sapi dan merebusnya supaya sampai empuk, lalu dipotong tipis.

Kemudian ditambah bumbu mau manis atau asam. Setelah itu, daging sapi dikeringkan dengan dengan cara dijemur. Sampai langkah ini, kamu sudah berhasil membuat dendeng dari daging sapi. Tinggal digoreng lalu disantap dengan nasi.

7. Tongseng Daging Sapi

Tidak hanya daging kambing, daging sapi juga bisa diolah menjadi tongseng. Ini bisa jadi inspirasi olahan daging kurban tahun ini.

Bagi penikmat daging sapi, tongseng daging sapi yang telah dibumbui dan ditambah rempah-rempah tentu saja akan menggugah selera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.