Sukses

7 Red Flag Temanmu Ternyata Seorang Narsistik, Kenali Tandanya

Apakah kamu menjalani pertemanan dengan seorang narsistik? Kenali red flag yang mungkin tidak kamu sadari.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak hanya keluarga, seorang teman menjadi salah satu orang yang Anda tuju ketika Anda membutuhkan nasihat atau tempat bercerita tentang masalah yang sedang dialami. Sebab, mereka bisa memedulikanmu dan memberikan solusi yang tepat terkait hal tersebut.

Namun sayangnya, hal tersebut tidak selalu terjadi dan belum tentu berjalan mulus. Sebab, ada juga pertemanan tidak sehat sehingga bisa merusak kualitas hidup dan harga diri Anda. Terutama jika teman dekat Anda rupanya seorang yang narsis.

Sebagaimana dikutip dari Best Life, Kamis (21/3/2024), psikolog klinis Carla Marie Manly, PhD, penulis The Joy of Imperfect Love mengatakan, "Narsisme terjadi pada spektrum, dari sangat sedikit fokus pada diri sendiri hingga sangat mementingkan diri sendiri. Orang narsistik sejati—mereka yang memenuhi syarat untuk diagnosis gangguan kepribadian narsistik—menurut definisinya, sangat mementingkan diri sendiri." 

Dia juga menambahkan, "Meskipun seorang narsistik bisa bertindak seperti seorang teman jika itu memenuhi kebutuhannya, sebuah persahabatan dapat dengan mudah dikesampingkan jika ada orang—atau sesuatu—yang datang."

Menurut Manly, individu yang narsistik biasanya memiliki kecerdasan emosional yang rendah, dan mereka juga kurang memiliki keterampilan persahabatan yang penting. Untuk itulah, Anda sebenarnya harus mewaspadai beberapa perilaku yang bisa jadi menunjukkan red flag tertentu.

Baca terus untuk mengetahui tujuh red flag yang menandakan bahwa teman Anda adalah seorang yang narsistik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Suka Memonopoli Percakapan

Kita semua mengenal seseorang yang suka mendengar dirinya terus-menerus berbicara. Lalu, meskipun tidak semua dari orang-orang ini merupakan orang yang narsistik, memonopoli percakapan secara terus-menerus adalah sebuah red flag tersendiri.

“Bahkan jika Anda mengungkapkan berita menarik atau tragis, [seorang narsistik] akan selalu menemukan cara untuk mengalihkan perhatian kembali ke dirinya sendiri,” kata Beth Ribarsky, PhD, profesor dan direktur School of Communication and Media di University of Illinois Springfield.

"Terkadang hal ini agak halus. Misalnya, Anda mungkin berbicara tentang anjing Anda yang baru saja meninggal, dan mereka mungkin berkata, 'Apakah saya pernah memberi tahu Anda tentang anjing saya saat tumbuh dewasa?'"

2. Tidak Menerima Kritik

Seorang narsistik mungkin akan cepat memberikan pendapatnya. Akan tetapi, jika Anda melakukan hal yang sama, hal itu tidak akan diterima dengan baik.

“Sedihnya, orang narsistik memiliki inti yang mengakar dalam perasaan malu, tidak aman, dan rendah diri; kerentanan batin mereka terselubung oleh sifat luar yang sering menindas dan sering kali arogan,” kata Manly.

"Namun, di balik kedok superiornya terdapat individu yang sedih dan kesepian yang mudah diremehkan bahkan oleh kritik atau masukan yang membangun dalam dosis kecil."

3 dari 5 halaman

3. Pertemanan Terjalin Satu Arah

Menurut Courtney Hubscher, LMHC, LCPC, NCC, dari GroundWork Cognitive Behavioral Therapy, tanda lain teman Anda mungkin seorang narsistik adalah jika Anda merasa bahwa hubungan Anda hanya sepihak.

"Apakah sepertinya hubungan Anda berkisar pada kehidupan, masalah, dan agenda si narsistik? Jika Anda merasa peran Anda dalam persahabatan terutama sebagai penonton drama kehidupan teman Anda, itu bisa menjadi tanda sikap narsistik yang bertepuk sebelah tangan. persahabatan yang terpusat," kata Hubscher.

Demikian pula, jika Anda selalu ada untuk teman Anda tetapi dia tidak muncul untuk Anda, hal itu akan menimbulkan tanda bahaya.

“Saat Anda membutuhkan seseorang untuk melampiaskan atau membantu suatu proyek, mereka tidak dapat ditemukan,” kata Ribarsky. "Mereka bahkan mungkin membuat Anda berpikir bahwa Anda membutuhkan di saat-saat yang jarang Anda butuhkan."

4 dari 5 halaman

4. Tidak Memiliki atau Kurang Empati

Tidak semua teman akan berempati atau mampu memahami setiap pengalaman yang Anda alami. Namun biasanya, seorang narsistik bahkan tidak akan mencoba.

“Tidak mengherankan, orang narsistik cenderung mengalami kesulitan dalam hubungan mereka karena kurangnya perhatian atau minat terhadap kebutuhan, pikiran, atau perasaan orang lain,” kata Manly.

“Salah satu ciri yang paling mengerikan dari seorang narsistik adalah kesediaannya untuk melakukan apa pun yang 'harus dilakukan' agar kebutuhan atau agenda pribadinya terpenuhi. Orang narsistik akan berbohong atau memanipulasi untuk mendapatkan apa pun yang mereka inginkan tanpa memperhatikan bagaimana perilaku ini memengaruhi orang lain. "

Menurut Hubscher, seorang narsistik mungkin juga merasa kesal atau mengabaikan Anda sepenuhnya saat Anda membutuhkan dukungan.

5. Punya Sifat Manipulatif

Penting juga untuk memperhatikan tanda-tanda manipulasi, yang menurut Hubscher adalah "inti dari hubungan narsistik."

“Orang narsistik seringkali menggunakan rasa bersalah, bantuan, atau pesona untuk mengendalikan teman-temannya,” katanya.

"Jika Anda memperhatikan bahwa teman Anda sering memutarbalikkan percakapan atau situasi demi keuntungannya dan membuat Anda bingung dengan kenyataan, anggap itu sebagai tanda bahaya yang signifikan," sambungnya.

5 dari 5 halaman

6. Tidak Bisa Mengakui Kesalahannya

Hal lain yang sulit dilakukan oleh orang narsistik adalah meminta maaf dan mengakui kesalahannya.

"Mengakui bahwa mereka salah hanya akan menarik perhatian pada kelemahan mereka. Jadi, mereka sering bergumul dengan penyesalan. Mereka akan menyangkal kesalahannya atau mencari alasan di luar diri mereka," kata Ribarsky.

"Ketika Anda memberi tahu mereka bahwa Anda terluka ketika mereka tidak mengirim pesan teks pada hari ulang tahun Anda, mereka mungkin menyalahkan Anda bahwa Anda 'seharusnya mengingatkan mereka' atau 'harapan Anda tidak realistis' atau mereka 'terbebani di tempat kerja.'"

Manly juga menunjukkan bahwa teman-teman ini tidak akan bisa memberikan permintaan maaf yang berarti. Kebutuhan mereka untuk menjadi "benar" sering kali akan mendorong mereka untuk menuding orang lain.

7. Punya Sifat Tempramental

Sifat mudah marah bukanlah hal yang aneh. Sebab, kita semua terkadang menjadi emosional dan mudah tersinggung. Namun jika teman Anda terus-menerus meluapkan amarahnya, waspadalah terhadap hal tersebut.

“Orang narsistik mungkin rentan terhadap amarah dan ledakan kemarahan ketika mereka tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan; mereka mengalami kesulitan mengatur emosi mereka, terutama dalam hubungan dekat,” kata Manly.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.