Sukses

Cara Mengatasi Uban agar Kembali Berwarna Hitam dengan Bahan Alami

Cara ampuh untuk mengatasi rambut beruban agar kembali hitam dan sehat dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Liputan6.com, Malang Uban terjadi ketika helaian rambut putih muncul di kepala. Seiring berjalannya waktu, uban bisa bertambah banyak dan menutupi sebagian besar kepala. Penyebab utama uban adalah penurunan kadar melanin di folikel rambut, yang biasanya memberikan warna gelap pada rambut dan akhirnya membuatnya berubah menjadi putih.

Umumnya, rambut mulai memperlihatkan uban sekitar usia 30 tahun, namun bukan tak mungkin juga terjadi pada usia yang lebih muda. Banyak yang memilih untuk mewarnai rambut di salon untuk menyamarkan uban, meski hal ini dapat memakan banyak biaya. Namun, walaupun pewarnaan rambut dapat memberikan hasil yang instan dan efektif, penggunaan yang terlalu sering tidak sehat.

Salah satu alternatif untuk mengatasi uban adalah dengan menggunakan bahan alami yang mudah didapat dan lebih baik untuk kesehatan rambut. Berikut ini adalah tiga bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi uban, dan yang terbaik, Anda hanya memerlukan tiga bahan saja!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Mengatasi Rambut Beruban Menggunakan Serbuk Kunyit

Kunyit, dengan kandungan antioksidan dan kurkuminnya, merangsang folikel rambut untuk menghasilkan rambut baru yang berpigmen hitam, serta menghambat kemunculan uban. Dengan penggunaan rutin kunyit sebagai perawatan, kamu bisa mengurangi jumlah uban yang timbul di rambutmu.

3 dari 10 halaman

Mengatasi Uban Memakai Mustard Oil

Kombinasi asam lemak, omega 3, omega 6, serta vitamin A, D, dan E dalam produk ini membantu menjaga kelembapan rambut Anda. Selain itu, formula tersebut juga merangsang pertumbuhan rambut serta meningkatkan peredaran darah di kulit kepala.

4 dari 10 halaman

Mengatasi Uban dengan Menggunakan Bubuk Kopi yang Kaya Kafein

Bubuk kopi mengandung kafein yang dapat merangsang pertumbuhan rambut, melembutkan, dan mengurangi uban. Selain itu, pigmen hitam alaminya dapat berfungsi sebagai pewarna alami untuk rambut, memberikan kesan gelap.

5 dari 10 halaman

Langkah-langkah Dalam Pengolahan Bahan

bahan alami yang dipercaya efektif dalam mengatasi uban dan membuat rambut lebih gelap. Ayo, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengolahnya.

Bahan:

  • 1/2 cangkir minyak mustard
  • 1 sendok makan bubuk kunyit
  • 1-2 sendok makan bubuk kopi

Cara Pembuatan:

  1. Campur semua bahan yang telah disiapkan dalam sebuah wadah.
  2. Aduk bahan-bahan tersebut hingga merata.
  3. Panaskan campuran tersebut dengan api kecil selama sekitar 10 menit.
  4. Biarkan dingin, lalu aplikasikan ke rambut.
  5. Bungkus rambut dengan handuk selama 1-2 jam, kemudian bilas dengan shampoo atau kondisioner.

Agar hasilnya optimal, kamu bisa melakukan langkah-langkah tadi secara teratur dua kali seminggu.

6 dari 10 halaman

Bagaimana Cara Mengatasi Uban yang Muncul di Usia Muda?

Untuk mengurangi risiko uban pada usia muda, tambahkan lebih banyak makanan yang kaya akan vitamin B12, seperti telur, hati, ikan, kerang, dan sereal dalam diet Anda. Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan zat besi, Anda bisa mengonsumsi daging sapi, bayam, dan kacang lentil. 

 

7 dari 10 halaman

Apakah Uban yang Muncul di Usia Muda bisa Kembali Hitam?

Uban dapat kembali menjadi hitam atau kembali ke warna asli rambutnya jika tidak disebabkan oleh faktor genetik.

8 dari 10 halaman

Vitamin Apa yang Bisa Menghilangkan Uban?

Vitamin B12 secara efektif mencegah rambut uban yang disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah kekurangan asupan vitamin dan nutrisi. Nutrisi penting dari vitamin B12 setidaknya dapat memperlambat pertumbuhan rambut uban.

9 dari 10 halaman

Apa yang Menyebabkan Uban Terbentuk?

Perubahan warna rambut menjadi abu-abu dipengaruhi oleh melanin, pigmen yang ada di dalam folikel rambut. Konsentrasi melanin dalam tubuh individu dapat mengalami perubahan seiring berjalannya waktu.

10 dari 10 halaman

Uban Dapat Muncul di Usia Berapa?

Biasanya, rambut putih muncul lebih awal pada orang kulit putih sekitar usia 20 tahun, pada orang Asia sekitar usia 25 tahun, dan pada orang Amerika-Afrika sekitar usia 30 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini