Sukses

Doa Sahur yang Dibaca Rasulullah SAW, Lengkap dengan Arab, Latin dan Artinya

Sebelum menjalankan puasa Ramadan, penting untuk membaca niat puasa terlebih dahulu. Adapun doa sahur yang dibaca Rasulullah SAW. Umat muslim dianjurkan untuk membaca doa ini saat menyantap sahur.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadan menjadi momen yang paling ditunggu umat muslim di seluruh dunia. Di bulan yang suci ini, masyarakat muslim akan melakukan ibadah puasa Ramadan, menahan diri dari nafsu, makan, minum dan semua hal yang membatalkan dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Dalam menyambut puasa Ramadan 2024, yang jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024, masyarakat tampak begitu antusias. Saat menjalani puasa, tiap individu belajar untuk bisa lebih bersabar, berbagi dan menghargai orang lain. 

Sebelum menjalankan puasa Ramadan, penting untuk membaca niat puasa terlebih dahulu.

Melansir dari Nu Online, Senin (11/3/2024), Rasulullah SAW mengatakan bahwa santapan hidangan sahur itu penuh berkah, sebagaimana dalam keterangan hadist riwayat Ahmad berikut:  

وعن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم السحور كله بركة فلا تدعوه ولو أن يجرع أحدكم جرعة من ماء فإن الله عز و جل وملائكته يصلون على المتسحرين

Artinya,

"Dari Abu Sa’id Al-Khudri ra, ia berkata bahwa Rasulullah sawbersabda, 'Sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bershalawat untuk mereka yang bersahur." (HR. Ahmad)

Adapun doa sahur yang dibaca Rasulullah SAW. Umat muslim dianjurkan untuk membaca doa ini saat menyantap sahur.

Doa Sahur yang Dibaca Rasulullah SAW

يَرْحَمُ اللهُ المُتَسَحِّرِيْنَ

Yarhamullâhul mutasahhirîn.

Artinya,

"Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa tersebut diriwayatkan oleh Imam At-Thabarani

Doa tersebut terdapat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Thabarani, dikutip oleh Syekh Abdul ‘Azhim al-Mundziri dalam Kitab At-Targhib wat Tarhib, [Beirut: Darul Kutub Al-Ilmiyyah], cetakan pertama, juz II, halaman 90.

وروي عن السائب بن يزيد رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم نِعْمَ السَّحُوْرُ التَّمْر وَقَالَ يَرْحَمُ اللهُ الْمُتَسَحِّرِيْنَ

Artinya,

"Diriwayatkan oleh As-Saib bin Zaid RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Sebaik-baik hidangan sahur adalah kurma." Rasulullah SAW lalu berdoa, 'Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur,'" (HR At-Thabarani).

3 dari 3 halaman

Bacaan Niat Puasa Ramadan

Berikut niat berpuasa Ramadan:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin an adai fardhi syahri ramadhana haadzhihis sanati lillahi taala

Artinya,

Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan tahun ini karena Allah Taala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.