Sukses

Niat dan Tata Cara Mandi Sunah Sebelum Puasa Ramadan

Selain bermaafan, salah satu yang banyak dilakukan umat muslim menjelang Ramadan yakni mandi sunah di malam sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadan. Berikut niat mandi puasa Ramadan dan tata caranya.

Liputan6.com, Jakarta - Tinggal menghitung hari, umat muslim akan memasuki bulan Ramadan. Sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadan, umat muslim biasanya mempersiapkan diri secara fisik maupun batin.  

Selain bermaafan, salah satu yang banyak dilakukan umat muslim menjelang Ramadan yakni mandi sunah di malam sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadan.  

Dasar anjuran ini adalah penjelasan Syekh Ibrahim al-Bajuri dalam kitabnya, Hasyiyah al-Bajuri (1/81), seperti mengutip dari Nu Online, Sabtu (9/3/2024).

و بقية الأغسال المسنونة مذكورة في المطولات منها الغسل لدخول المدينة الشريفة...ولكل ليلة من رمضان و قيده الأذرعي بمن يحضر الجماعة والمعتمد عدم التقييد بذالك  

Artinya,

“Dan sisa mandi-mandi yang disunnahkan telah disebutkan dalam kitab-kitab yang panjang pembahasannya. Di antaranya adalah membersihkan badan karena hendak memasuki kota Madinah,... dan setiap malam di bulan Ramadhan. Imam al-Adzra’i hanya membatasi pada orang yang hendak menghadiri berjamaah, sementara menurut pendapat yang kuat tidak ada pembatasan dalam hal itu.” 

Berikut niat mandi puasa Ramadan dan tata caranya:

Niat Mandi Sunah Sebelum Puasa Ramadan

 

نَوَيْتُ أَدَاءَ اْلغُسْلِ اْلمَسْنُوْنِ لِيْ فِيْ هَذِهِ اللَّيْلَةِ مِنْ رَمَضَانَ لله تَعَالَى    

Nawaitu adâ’al ghuslil masnûni lî fî hadzihil lailatil min romadh lillâhi ta’âlâ.

Artinya, 

“Aku berniat menjalankan mandi yang disunnahkan kepadaku pada malam ini di bulan Ramadan karena Allah Ta’ala.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tata cara mandi sunah sebelum puasa Ramadan

 

Tata cara mandi besar sebelum puasa Ramadan tidak jauh berbeda dengan mandi wajib atau mandi besar pada umumnya. Mandi besar sebelum puasa Ramadan kerap dilakukan dengan membersihkan rambut atau keramas.

Berikut tata cara mandi besar sebelum puasa Ramadan:

  • Membaca doa mandi sebelum puasa, baik di dalam hati maupun dilafalkan.
  • Mencuci tangan sebanyak 3 kali untuk menghilangkan najis.
  • Membersihkan bagian tubuh yang tersembunyi dengan tangan kiri, seperti bagian kemaluan.
  • Mencuci kedua tangan setelah membersihkan bagian tubuh yang kotor dan tersembunyi tersebut.
  • Berwudhu seperti saat hendak sholat.
  • Mengguyur air ke bagian kepala sebanyak 3 kali hingga sampai kulit kepala dan pangkal rambut.
  • Membersihkan pangkal rambut dengan jari-jari yang sudah basah oleh air. Menyela pangkal rambut ini wajib bagi laki-laki, tapi tidak wajib bagi wanita.
  • Membersihkan seluruh anggota tubuh dengan mendahulukan yang kanan. Pastikan semua lipatan tubuh ikut dibersihkan.
3 dari 3 halaman

Tujuan mandi sunah sebelum puasa Ramadan

Melansir dari Dream, mandi keramas sebelum puasa Ramadan memiliki tujuan yang penting dipahami oleh umat muslim. Seperti yang kita ketahui mandi merupakan salah satu cara untuk membersihkan dan menyucikan tubuh dari kotoran dari najis.

Tapi lebih dari itu, mandi juga bisa bertujuan membersihkan tubuh secara lahir dan batin sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Terlebih lagi mandi keramas atau mandi besar sebelum puasa juga bertujuan untuk membersihkan hati dari berbagai penyakit hati.

Meski mandi keramas tidak wajib, namun amalan ini sangat penting dilakukan guna mempersiapkan diri kita dalam menyambut bulan yang suci nan mulia yaitu bulan Ramadan. Hal ini agar jiwa dan raga kita siap untuk beribadah sepenuhnya kepada Allah SWT.

Yang terpenting sebelum puasa Ramadan, kita tidak hanya sekedar membersihkan diri dengan mandi dan keramas. Tapi yang utama ialah membersihkan hati, menahan diri dan nafsu dalam segala hal. Jangan sampai saat puasa kita masih memiliki penyakit hati karena bisa menghambat ibadah kita di bulan Ramadan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.