Sukses

7 Manfaat Yoga Bagi Pria, dari Meningkatkan Kesehatan hingga Kualitas Seks

Berikut manfaat yoga untuk pria yang dimana dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Latihan ini membantu membangun kekuatan, meningkatkan fleksibilitas, dan mengurangi tingkat stres.

Liputan6.com, Jakarta Yoga, meskipun sering diidentikkan dengan kegiatan yang lebih dominan dilakukan oleh wanita, sebenarnya juga memberikan banyak manfaat bagi pria. Praktik yoga tidak hanya tentang fleksibilitas tubuh, tetapi juga tentang keseimbangan antara pikiran, tubuh, dan jiwa.

Biasanya, ketika pria ingin merasa lebih bugar dan mencoba untuk menjaga kesehatan fisik, mereka masuk ke gym, melakukan olahraga kardio yang lama, atau membuat rencana untuk olahraga malam.

Berbaring di atas matras yoga dan berlatih yoga, hampir tidak pernah terlintas dalam pikiran mereka. Sesi yoga telah disebut-sebut sebagai olahraga terbaik untuk wanita, dan selalu diabaikan oleh para pria. Yoga ini merupakan kegiatan penyatuan pikiran, tubuh, dan jiwa.

Latihan yang tidak memandang gender dan usia ini adalah untuk semua orang, dan Anda akan mengetahui hal-hal penting dari latihan yoga dan alasan menakjubkan mengapa pria harus melakukan yoga.

Keseluruhan kebugaran pria pun bisa dijembatani dengan melakukan yoga. Bahkan ada banyak atlet dan selebriti pria yang tidak pernah melupakan yoga ke dalam rutinitas mereka.

Yoga dapat menjadi latihan ringan untuk tubuh anda atau dilakukan sebagai pemanasan sebelum latihan fisik yang berbobot. Sesi yoga akan membantu menyeimbangkan seluruh program kebugaran Anda dengan melatih mobilitas dan fleksibilitas. Pastikan Anda pun melakukan yoga ini secara teratur.

Dan berikut ialah manfaat-manfaat yoga bagi pria, dilansir dari Pinkvilla.com, Senin (04/03/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Membantu meningkatkan fleksibilitas

Fleksibilitas yang lebih baik adalah salah satu kekuatan pendorong yoga. Dalam tubuh kita, karena gerakan dan mobilitas yang terbatas, tulang rawan yang terabaikan cenderung tergerus dari waktu ke waktu dan dapat mengekspos tulang di bawahnya, yang dapat menyebabkan kondisi seperti radang sendi, nyeri punggung, dan osteoporosis.

Berlatih yoga memastikan bahwa persendian benar-benar berada dalam jangkuan normal gerakannya dan membantu areal seputar tulang dengan meningkatkan nutrisi alami untuk kekuatan tulang.

Latihan yoga yang konsisten, pada akhirnya akan melonggarkan otot-otot dan jaringan di sekitar tulang dan persendian, sekaligus mempertahankan kekuatan otot. Dan tentunya semua manfaat ini bersama-sama meningkatkan fleksibilitas, melepaskan ketegangan otot, dan mencegah kondisi fisik yang lemah.

3 dari 8 halaman

2. Membantu meningkatkan sirkulasi aliran darah

Dengan yoga, dapat meningkatkan sirkulasi aliran darah dalam tubuh melalui peningkatan kadar hemoglobin dan sel darah merah. Melakukan pose gerakan yoga tertentu berfungsi dengan cara memeras darah vena dari organ-organ tubuh sambil membiarkan darah segar dan beroksigen mengalir ketika postur dilepaskan.

Melakukan gerakan yoga seperti memutar pinggang sembari duduk atau memutarkan tubuh sembari berdiri ke sudut samping secara bergantian, bermanfaat bagi cakram tulang belakang dengan meningkatkan aliran darah ke tulang belakang.

4 dari 8 halaman

3. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Sebuah studi pada tahun 2012 mengungkapkan bahwa yoga yang dilakukan secara konsisten dan dalam durasi yang lama terbukti dapat meningkatkan daya tahan jantung dan paru.

Telah diamati bahwa selama latihan yoga, pemanfaatan oksigen, gerakan yang dilengkapi anaerobik, dan peningkatan asam laktat pada darah dapat meningkatkan daya tahan secara keseluruhan dan menurunkan detak jantung, meningkatkan fungsi kardiovaskular dan dipercaya dapat mencegah penyakit jantung.

5 dari 8 halaman

4. Meningkatkan kesehatan mental

Depresi, kecemasan, stres, dan insomnia merupakan kesehatan mental yang buruk dan cukup umum terjadi di kalangan individu saat ini. Dengan mereka merasakan sakit itu, orang-orang tentunya akan mencari terapi untuk memenuhi kebutuhan kesehatan mental mereka.

Yoga adalah salah satu praktik yang paling cocok dan terbukti untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Dengan melakukan yoga dan meditasi akan mengaktifkan mode relaksasi seseorang dengan mengalihkan pikiran negatif mereka kepada suatu hal yang dapat menenangkan mereka dari sistem saraf simpatik ke sistem parasimpatik.

Ini berarti bahwa pikiran Anda menyimpang dari mode “melawan” atau beralih ke mode yang lebih tenang dan tenang. Hal ini terjadi karena teknik pernapasan yang dilakukan dalam yoga yang juga membantu dalam mengelola tekanan darah, meningkatkan aliran darah, dan dapat menurunkan kadar kortisol.

6 dari 8 halaman

5. Membantu tubuh tetap rileks, dan meningkatkan kualitas tidur

Yoga disebut-sebut sebagai salah satu praktik perawatan diri terbaik karena berbagai alasan, seperti mencapai pikiran yang tenang, menghindari khayalan negatif dari pikiran Anda, mencapai relaksasi, dan meningkatkan sikap optimistik secara keseluruhan.

Yoga bekerja untuk merangsang pusat kesenangan di otak yang mengarah pada pikiran yang menyenangkan dan sikap yang tenang dengan mengatasi pemikiran yang agresif dan rasa takut yang berlebihan.

Manifestasi energi yang seimbang dan positif melalui yoga dapat membantu mengendalikan detak jantung, kecemasan, tekanan darah, dan memperlancar pernapasan.

Dengan ini juga melakukan yoga secara teratur telah menunjukkan hasil yang signifikan dalam kualitas tidur yang lebih baik. Penelitian menunjukkan bahwa yoga berguna untuk memberikan kecukupan untuk tubuh dapat beristirahat dengan tidur menjadi lebih nyaman dan rileks.

Karena yoga membantu menenangkan pikiran, sekaligus menenangkan kecemasan dan stres, yoga bermanfaat bagi mereka yang berjuang dengan masalah seperti itu dan tetap tidak memiliki tidur yang nyenyak.

7 dari 8 halaman

6. Membantu meringankan nyeri punggung dan meningkatkan kenyamanan tidur

Banyak orang mengeluhkan nyeri punggung bagian bawah karena berbagai alasan seperti postur duduk yang buruk, gaya hidup yang tak sehat, jarang berolahraga, dan lain-lain. Tidak hanya tidak nyaman untuk menahan rasa sakit, tetapi juga menghambat pekerjaan sehari-hari dan mempengaruhi gaya hidup.

Untungnya, penelitian telah menunjukkan efek positif dari berlatih yoga untuk meredakan nyeri punggung bagian bawah.

8 dari 8 halaman

7. Membantu meningkatkan fungsi seksualitas

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan yoga secara teratur, orang-orang merasakan peningkatan dalam fungsi seksual mereka. Studi lain menyimpulkan bahwa yoga adalah latihan yang mudah dan tanpa obat untuk mengobati ejakulasi dini.

Yoga yang secara harfiah meningkatkan relaksasi dalam tubuh secara langsung berkaitan dengan peningkatan kesehatan seksual.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.