Sukses

Perhatikan 5 Hal Penting Ini Sebelum Memasang Lift di Rumah

Berikut hal yang harus diperhatikan sebelum memasang lift di rumah atau home lift

Liputan6.com, Jakarta Bagi masyarakat perkotaan, lift rumah atau home lift bukan lagi dinilai sebagai barang mewah, melainkan kebutuhan. Selain bertujuan untuk memudahkan mobilitas, penggunaan home lift telah menjadi salah satu kebutuhan penting dalam perumahan modern mengingat terbatasnya kondisi lahan sehingga rumah harus dibangun secara vertical.

Jika Anda berencana untuk mengaplikasikan home lift, ketahuilah bahwa terdapat perbedaan mencolok antara lift konvensional dengan home lift, terutama dalam hal kapasitas angkut dan energi yang digunakan. Meski home lift memiliki kapasitas angkut yang lebih sedikit, home lift dinilai lebih efisien karena tidak memerlukan ruang yang besar, serta penggunaan energi listrik yang lebih hemat.

CEO PT Belift Amanah Indonesia, Adhie Kurnia mengatakan terdapat 5 poin penting yang perlu diperhatikan saat ingin menambahkan home lift di tempat usaha atau rumah. Menurutnya keindahan (estetika), kekuatan dan kemanan, fungsi dan kegunaan, serta pemilihan teknologi dan produk adalah kelima hal yang tidak bisa diabaikan.

Namun ia menekankan bahwa keamanan perlu menjadi prioritas utama dalam pemasangan home lift. Kekuatan bangunan menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan sebelum memasang home lift.

“Perhitungan matematis terkait gravitasi, gaya-gaya alam, momen, mekanika, dan keawetan material harus dilakukan untuk memastikan bahwa bangunan mampu menopang beban lift dengan aman,” katanya.

Secara rinci, berikut adalah 5 poin penting saat ingin memasang home lift di rumah atau tempat usaha, menurut Adhie Kurnia selaku CEO PT Belift Amanah Indonesia, pemimpin industri lift rumah di Indonesia:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Keindahan atau Estetika

  Saat mempertimbangkan penambahan home lift, penting untuk memikirkan bagaimana lift tersebut akan berdampak pada tampilan bangunan secara keseluruhan. Home lift yang dipasang haruslah enak dipandang dan dapat memenuhi perasaan nyaman. Pemilihan desain yang sesuai dengan gaya arsitektur rumah atau bangunan akan memberikan sentuhan estetika yang menarik.

2. Kekuatan dan Keamanan

Kekuatan bangunan menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan sebelum memasang home lift. Perhitungan matematis terkait gravitasi, gaya-gaya alam, momen, mekanika, dan keawetan material harus dilakukan untuk memastikan bahwa bangunan mampu menopang beban lift dengan aman. Keamanan juga harus menjadi prioritas utama, sehingga pemilihan teknologi dan konstruksi yang unggul dari segi keamanan sangat penting.

 

3 dari 4 halaman

3. Fungsi dan Kegunaan

Unsur fungsi dari setiap ruang dalam bangunan juga harus dipertimbangkan. Home lift haruslah dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan penghuni atau pengguna bangunan. Mempermudah aktivitas manusia berpindah dari satu lantai ke lantai lainnya adalah salah satu fungsi utama home lift. Dengan adanya home lift, penggunaan tiap lantai dan ruangan dalam bangunan dapat dimaksimalkan.

4. Teknologi Screw and Nut

Salah satu teknologi yang sangat cocok digunakan untuk home lift saat ini adalah teknologi screw and nut. Teknologi ini memiliki konstruksi sederhana, hemat listrik, instalasi cepat, pengoperasian yang mudah, dan sangat unggul dari segi keamanan dan kenyamanan. Teknologi screw and nut juga tidak membutuhkan ruang mesin dan tanpa pit, sehingga lebih hemat ruang dan tetap menjaga estetika bangunan.

 

4 dari 4 halaman

5. Pilihan Produk

Dalam memilih home lift, penting untuk mempertimbangkan produk yang berkualitas dan telah teruji keamanannya. Salah satu contohnya adalah home lift dengan teknologi screw and nut dari TKAccess dan Are Mangusta 030. Produk-produk ini telah menggunakan teknologi screw drive yang telah dipatenkan dan terbukti selama 70 tahun. Selain itu, teknologi screw and nut juga telah memenuhi persyaratan keselamatan internasional.

Menambahkan lift rumah atau home lift dapat memberikan banyak manfaat, baik dari segi mobilitas maupun estetika bangunan. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, pemilik rumah atau tempat usaha dapat memastikan bahwa penambahan home lift akan memberikan nilai tambah yang signifikan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.