Sukses

Jangan Abai, 7 Sinyal Tubuh Saat Kondisi Kesehatanmu Bermasalah

Ketika kesehatan kita dipertaruhkan, lebih baik kita berhati-hati daripada menyesal. Jadi, ada baiknya untuk membuat janji dengan dokter ketika Anda melihat gejala-gejala ini.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun tidak semuanya memprihatinkan, beberapa tanda umum yang diberikan tubuh kita sebagai peringatan akan masalah kesehatan yang lebih besar seringkali diabaikan.

Ketika kesehatan kita dipertaruhkan, lebih baik kita berhati-hati daripada menyesal. Jadi, ada baiknya untuk membuat janji dengan dokter ketika Anda melihat gejala-gejala ini.

Oleh karena itu, ketahui beberapa sinyal tubuh saat kondisi kesehatanmu bermasalah, seperti melansir dari Bright Side, Kamis (1/2/2024).

1. Haus terus-menerus

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dan minum banyak air memang penting, namun selalu merasa haus adalah gejala pradiabetes. Gejala umum lainnya adalah kelelahan dan sering buang air kecil, akibat rasa haus yang terus- menerus.

2. Memar tanpa sebab yang jelas

Jika Anda selalu menemukan memar di sembarang tempat dan tidak ingat pernah menabrak apa pun, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

Memar yang tidak disengaja dan mudah terjadi bisa berarti kekurangan vitamin sederhana, tapi juga bisa menjadi tanda penyakit yang lebih serius, seperti penyakit pembekuan darah.

3. Kembung

Beberapa rasa kembung ringan setelah makan biasanya tidak perlu dikhawatirkan, tapi juga merupakan tanda kepekaan terhadap makanan.

Mengonsumsi makanan yang membuatmu alergi (walaupun Anda tidak menyadarinya) menyebabkan banyak gas yang keluar dari perutmu. Makanan paling umum yang menyebabkan hal ini adalah gandum dan gluten.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Ruam kulit

Biasanya kulit merah dan gatal merupakan tanda eksim, namun terkadang ruam yang disertai demam juga bisa disebabkan oleh infeksi atau menyentuh tanaman tertentu.

Meskipun tidak terlihat terlalu serius, bintik-bintik tersebut bisa menyebabkan infeksi, jadi disarankan untuk memeriksakannya ke dokter.

5. Bercak putih di lidah

Lidah yang sehat biasanya memiliki warna merah muda. Jika Anda melihat bercak putih muncul di lidahmu, itu merupakan tanda sariawan, yang sangat umum terjadi pada pengidap diabetes.

Bercak ini juga bisa menjadi tanda perawatan mulut yang tidak memadai, jadi meningkatkan kebersihan mulutmu bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

 

3 dari 3 halaman

6. Tangan dan jari keriput

Munculnya kerutan di tubuh menjadi tanda penuaan yang normal dan sehat, dan jari-jari kita biasanya menjadi kurus ketika kita berada di dalam air dalam jangka waktu yang lama.

Namun, ketika tangan kita mulai terlihat lebih keriput dan kehilangan elastisitasnya lebih cepat dibandingkan bagian tubuh lainnya, mungkin tubuhmu sedang mengirimkan sinyal.

Kerutan di jari tanpa terkena air bisa berarti dehidrasi, sirkulasi darah buruk, atau masalah pada tiroidmu.

7. Ketombe dan rambut rontok

Memiliki kulit kepala yang terkelupas bisa menjadi masalah umum, dan ditambah dengan rambut rontok, ini merupakan tanda kurangnya vitamin dan nutrisi penting.

Rendahnya kadar zinc, vitamin B2, B3, B6 dan B7, serta zat besi, bisa menjadi penyebab masalah sehari-hari ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.