Sukses

5 Alasan Sebaiknya Anda Tidak Curhat Tentang Hubungan Asmara kepada Teman

Lihatlah deretan alasan di bawah ini untuk mencari tahu mengapa sebaiknya Anda tidak selalu berbagi hal tentang hubungan cinta Anda kepada teman sedekat apapun Anda dengannya.

Liputan6.com, Jakarta Kita semua memiliki satu teman yang menjadi tempat curhat kita tentang segala hal. Ketika sesuatu yang baik, buruk, atau di antara keduanya terjadi, merekalah orang pertama yang kita hubungi.

Cinta adalah topik yang selalu kita diskusikan dengan sahabat ini. Kita jelas membutuhkan mereka untuk mengetahui bagaimana pasangan kita membuat hari kita menyenangkan atau mengecewakan kita.

Membayangkan berbagi dengan seseorang yang Anda kenal akan langsung mendukung Anda membuat Anda merasa lebih baik. Anda membutuhkan seseorang yang akan berada di sisi Anda, apapun yang terjadi. 

Apalagi hubungan asmara pasti sering mengalami masalah, jadi melampiaskan kehidupan cinta Anda hampir menjadi bagian dari rutinitas mingguan Anda. Teman setia Anda menjadi terbiasa dengan kedatangan Anda untuk curhat tentang masalah hubungan Anda. Namun sayangnya, tidak selalu bijaksana untuk membicarakan setiap hal kecil yang terjadi dalam hubungan Anda dengan teman Anda.

Pertama, mereka tidak terlibat dengan Anda. Jadi mereka tidak bisa mengetahui semua yang sedang terjadi. Namun ada alasan lain mengapa Anda tidak boleh berbagi detail tentang kehidupan cinta Anda dengan teman-teman Anda. Lihatlah deretan alasan di bawah ini untuk mencari tahu mengapa sebaiknya Anda tidak selalu berbagi hal tentang hubungan cinta Anda kepada teman sedekat apapun Anda dengannya. Dilansir dari Yourtango, berikut ulasannya. 

1. Mereka mungkin menyimpan dendam

Teman-teman Anda menyayangi Anda. Jadi, setiap kali mereka mendengar cerita seseorang melakukan kesalahan pada Anda, otomatis mereka akan kesal. Biasanya, ketika Anda berbagi cerita dengan mereka, Anda berbicara dari sisi emosional.

Ini bukanlah hal yang baik. Tidak pernah gagal jika Anda akan tenang setelah beberapa saat, tetapi teman Anda akan tetap marah. Setiap kali mereka berada di dekat pasangan Anda, mereka secara terbuka menunjukkan penghinaan terhadap mereka karena sesuatu yang terjadi beberapa bulan lalu yang tidak lagi Anda pikirkan.

Hal ini hanya akan melemahkan hubungan Anda karena akan meningkatkan ketegangan antara teman dan kekasih Anda seiring dengan semakin seriusnya hubungan tersebut. Mudah-mudahan, hal ini tidak membuat Anda kehilangan salah satu dari hubungan ini untuk menyelamatkan yang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Mereka mungkin memberi Anda nasihat yang salah

Menerima nasihat dari seorang teman bisa jadi rumit. Mereka selalu bermaksud baik, namun karena mereka tidak berada di posisi Anda, teman Anda tidak selalu memberikan nasihat terbaik. Teman Anda hanya dapat berbicara berdasarkan pengalamannya dan apa yang akan dia lakukan dalam situasi tertentu.

Teman bisa dengan cepat meminta Anda untuk mengutuk pasangan Anda, bersikap acuh tak acuh, atau meninggalkan pasangan Anda sama sekali. Kadang-kadang mereka bahkan mendorong sikap yang tidak perlu untuk melihat bagaimana pasangan Anda akan merespons.

Melakukan hal-hal seperti ini dapat memperburuk hubungan Anda. Pasangan Anda akan menyadari bahwa perilaku ini tidak seperti Anda dan akan menjadi frustasi ketika mencoba mencari tahu perubahan sikap Anda yang tiba-tiba.

3 dari 5 halaman

3. Mereka mungkin membuat Anda percaya akan kemungkinan terburuk

Anda merasa sedikit curiga dengan tindakan pasangan Anda akhir-akhir ini? Dia jarang membalas pesan Anda akhir-akhir ini, atau mungkin dia tidak terlalu mesra. Bukannya menenangkan Anda, teman-teman Anda justru malah melontarkan kemungkinan penjelasan yang hanya membuat Anda semakin panik.

Mungkin mereka mengira dia selingkuh, atau dia perlahan-lahan mencoba putus dengan Anda. Secara alami, pikiran Anda akan mengambil ide-ide ini dan menjalankannya. Sebelum Anda menyadarinya, Anda memberitahu dia tentang betapa dia adalah orang terburuk yang pernah ada dan betapa Anda tidak percaya dia akan melakukan hal seperti ini kepada Anda.

Dia tidak tahu dari mana semua ini berasal. Begitu dia akhirnya mendapat waktu untuk berbicara, dia dengan ramah menjelaskan kepada Anda bahwa jadwalnya sedikit lebih sibuk dari biasanya dan suasana hatinya sedang tidak baik karena semua stres. Anda sekarang merasa konyol. Hal ini bisa dihindari jika Anda tidak menceritakannya kepada teman Anda.

4 dari 5 halaman

4. Mereka mungkin membicarakan hubungan Anda dengan orang lain

Terkadang teman Anda tidak menyadari adanya masalah saat berbicara dengan teman dekat Anda yang lain tentang kehidupan cinta Anda. Mereka mengira semua orang sudah mengetahuinya, jadi mungkin bersama-sama mereka dapat membantu Anda menemukan solusi untuk masalah Anda. Inilah saatnya segala sesuatunya menjadi rumit.

Sekarang Anda dipaksa untuk mengikuti sesi intervensi kecil dimana teman Anda (dan teman dari teman Anda) memisahkan hubungan Anda. Meskipun niat mereka semua baik, mengumpulkan teman-teman Anda dalam satu ruangan mencoba memberi Anda nasihat tentang hubungan Anda hanya akan memperburuk keadaan. Alih-alih memberikan solusi yang masuk akal untuk masalah Anda, mereka malah melontarkan ide-ide aneh yang akan merusak hubungan Anda. 

Teman cenderung saling memberi energi satu sama lain, jadi sekarang Anda akan melihat banyak orang dengan emosi tinggi yang menyuarakan pendapat mereka. Keadaan frustasi dan marahnya dapat dengan mudah menular ke Anda, dan kembali lagi ke pasangan Anda.

5 dari 5 halaman

5. Mereka mungkin mempertanyakan keputusan Anda

Anda baru saja selesai melampiaskannya kepada teman-teman Anda, dan sekarang mereka mempertanyakan pengambilan keputusan Anda. Mereka ingin tahu mengapa Anda bereaksi seperti itu, atau mengapa Anda tidak bereaksi sama sekali. Teman Anda sedang memikirkan apa yang akan dia lakukan dan sepertinya tidak mengerti mengapa Anda tidak berpikiran sama.

Meskipun hal ini tidak selalu disengaja, mempertanyakan keputusan Anda mungkin akan memberi teman Anda kekuatan sesaat. Mereka berada dalam posisi di mana mereka dapat membuat Anda menebak-nebak sendiri. Anda sekarang mengingat kembali situasi tersebut di kepala Anda dan bertanya-tanya apakah Anda telah melakukan sesuatu secara berbeda dan bagaimana hasilnya bisa lebih baik.

Membiarkan teman Anda memiliki kendali atas Anda tidak peduli seberapa singkat waktunya tidaklah baik. Anda akan mulai lebih sering menebak-nebak diri sendiri dan terbiasa meminta pendapat mereka sebelum mengambil keputusan. Pastikan untuk berhenti dan berpikir serta mendapatkan dukungan Anda sendiri sebelum bersandar pada teman Anda untuk mendapatkan dukungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.