Sukses

Tidak Perlu Pakai Garam atau Jeruk Nipis, Begini Cara Kurangi Rasa Asin pada Ikan Asin Hanya Menggunakan 1 Alat Dapur

Coba cara sederhana berikut ini untuk mengurangi rasa asin pada ikan asin.

Liputan6.com, Jakarta Ikan sering menjadi pilihan favorit para ibu sebagai hidangan di rumah. Tentu saja, ikan dapat diolah dengan berbagai cara menjadi hidangan yang beragam, seperti ikan goreng, sup ikan, pepes, bakso ikan, tumis ikan, dan lain sebagainya. Dengan variasi masakan ikan yang beraneka ini di rumah, penggemar olahan ikan pasti akan terus bertambah saat makan.

Tak hanya itu, mengonsumsi ikan juga diyakini memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Menurut oehha.gov, ikan kaya akan protein, vitamin, asam lemak omega-3, dan nutrisi lainnya. Selain ikan segar, ikan asin juga bisa menjadi pilihan saat berbelanja. Kelebihannya, ikan asin sudah memiliki bumbu sehingga memasaknya lebih praktis dan memiliki daya tahan yang baik saat disimpan.

Meskipun begitu, terkadang ikan asin yang dijual di pasaran memiliki tingkat keasinan yang berlebihan, yang dapat mengurangi kenikmatan masakan. Oleh karena itu, banyak orang berupaya mengurangi kadar keasinan sebelum memasak ikan asin. Umumnya, orang merendam ikan asin dalam larutan air garam atau air jeruk nipis untuk mengurangi keasinannya.

Tak hanya itu, ada juga cara lain yang sederhana untuk mengurangi tingkat keasinan pada ikan asin, seperti yang dibagikan oleh seorang pengguna media sosial yang akrab disapa Mama Saaya. Ia mengungkapkan bahwa cara ini hanya membutuhkan satu peralatan sederhana yang dimiliki oleh semua orang di rumah.

Yuk simak informasi selengkapnya, dikutip dari pengguna kanal YouTube Dapur Mama SaaYa, pada Kamis (28/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Alat Apa yang Digunakan?

Menurut informasi yang diperoleh dari kanal YouTube Dapur Mama SaaYa, diungkapkan bahwa untuk mengurangi rasa asin pada ikan asin, dapat menggunakan kertas bersih atau tisu dapur. Terbukti, kertas dapat berperan dalam menyerap kelebihan garam yang melekat pada ikan asin.

“Larutan garam yang berlebih pada ikan asin akan ikut terserap oleh kertas,” ujar pemilik akun YouTube Dapur Mama SaaYa.

3 dari 9 halaman

Langkah Pertama

Siapkan tempat untuk meletakkan ikan asin dan siapkan beberapa lembar kertas. Kertas ini akan memainkan peran utama dalam mengurangi kadar keasinan berlebih pada ikan asin. Pastikan kertas dalam keadaan bersih dan tidak ada tinta atau coretan apa pun.

"Kertas yang bersih ya bunda, kalau nggak di dapur pasti ada kertas tisu, ya, tisu dapur,” jelasnya lebih lanjut.

4 dari 9 halaman

Langkah Kedua

Setelah itu, sobek kertas hingga sesuai untuk dimasukkan ke dalam mangkuk. Tempatkan sebagian dari potongan kertas ke dalam wadah, kemudian tambahkan air dan masukkan ikan asin ke dalamnya.

5 dari 9 halaman

Langkah Ketiga

Berikutnya, tutup kembali ikan asin dengan sisa potongan kertas. Pastikan ikan asin dan kertas terendam sepenuhnya. Rendam ikan asin beserta kertas selama 10 hingga 15 menit.

6 dari 9 halaman

Langkah Keempat

Setelah mengalami proses perendaman selama beberapa menit, cucilah dan tiriskan ikan asin. Selanjutnya, keringkan ikan asin sebelum diolah menjadi hidangan utama masing-masing. Pasti, citarasa ikan asin akan terasa lebih ringan karena kelebihan keasinannya berhasil diserap oleh kertas.

7 dari 9 halaman

Apakah Ikan Asin Tinggi Garam?

Ikan asin mengandung tingkat garam yang tinggi yang dapat menimbulkan peningkatan tekanan darah.

8 dari 9 halaman

Apakah Ikan Asin Harus Dicuci Sebelum Dimasak?

Sebelum proses memasak, bersihkan ikan asin terlebih dahulu dengan air mengalir. Tindakan membersihkan ikan asin dengan menggunakan air mengalir dapat mengurangi tingkat garam yang terdapat di dalamnya. Selain itu, cara ini juga efektif untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada ikan selama proses pengasinan.

9 dari 9 halaman

Apa Manfaat Makan Ikan Asin?

Ikan asin juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin juga sangat baik untuk ketahanan dan kekebalan tubuh kamu. Manfaat vitamin A ini, tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kesehatan mata kamu, seperti, mencegah katarak, mencegah mata minus dan plus serta mencegah degenerasi makula.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.