Sukses

8 Kebiasaan Baik Ini Dapat Memperpanjang Usiamu 6 Tahun

Berikut ini daftar kebiasaan baik yang dapat membantu berumur panjang

Liputan6.com, Jakarta Di dunia yang penuh dengan biohack dan trik kesehatan, kita mungkin akan mudah tersesat dalam semua nasihat kesehatan yang ada. Namun para ahli mengatakan bahwa ada beberapa aturan penting yang harus Anda ikuti jika tujuan Anda adalah hidup lebih lama dan lebih sehat.

Faktanya, American Heart Association (AHA) telah menunjukkan delapan kebiasaan, yang dikenal sebagai Life's Essential 8, yang menurut organisasi tersebut adalah daftar sederhana Anda untuk "kesehatan yang baik seumur hidup".

Kini, sebuah penelitian baru telah menguji kebiasaan-kebiasaan ini dan menemukan bahwa mematuhinya sebenarnya dapat memperlambat proses penuaan alami tubuh Anda hingga enam tahun.

“Temuan ini membantu kita memahami hubungan antara usia kronologis dan usia biologis serta bagaimana mengikuti kebiasaan gaya hidup sehat dapat membantu kita hidup lebih lama,” kata Donald M. Lloyd-Jones, MD, ScM, FAHA, ketua kelompok penulis Life's Essential 8 , seperti dilaporkan oleh Bestlife.

“Setiap orang ingin hidup lebih lama, namun yang lebih penting, kita ingin hidup lebih sehat lebih lama sehingga kita dapat benar-benar menikmati dan memiliki kualitas hidup yang baik selama bertahun-tahun.” 

Lalu apa saja kebiasaan-kebiasaan baik tersebut? Ini dia.

1. Makan lebih baik

Mengonsumsi makanan sehat yang terdiri dari makanan utuh adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda. “Ini melindungi Anda dari banyak penyakit kronis tidak menular, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker,” jelas Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Banyak ahli menyarankan untuk membuat rencana makan yang menekankan buah-buahan dan sayuran, daging atau ikan tanpa lemak, biji-bijian, kacang-kacangan, dan polong-polongan sambil membatasi asupan makanan olahan. “Mengonsumsi makanan yang bervariasi dan mengonsumsi lebih sedikit garam, gula, serta lemak jenuh dan lemak trans yang diproduksi secara industri, sangat penting untuk pola makan yang sehat,” tambah para ahli WHO.

2. Menjadi lebih aktif

Berolahraga secara teratur adalah salah satu rahasia umur panjang dan meningkatkan kesejahteraan Anda. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan untuk melakukan minimal 150 menit olahraga intensitas sedang per minggu, tetapi mencatat bahwa manfaatnya akan terus terasa jika Anda melakukan lebih dari itu.

Berkomitmen pada rutinitas olahraga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, dan jenis kanker tertentu. Ini juga akan memperkuat tulang dan otot Anda serta meningkatkan keseimbangan Anda, yang dapat membantu Anda menghindari jatuh atau cedera di kemudian hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Mengontrol kolesterol

"Kolesterol adalah penyebab utama penyakit jantung. Kolesterol menyebabkan penumpukan plak di arteri kita, sehingga meningkatkan tekanan darah dan risiko serangan jantung," jelas Catherine Rall, RD, ahli diet terdaftar di Happy V. "Berfokus pada pengurangan kolesterol Anda konsumsi kolesterol 'jahat' atau LDL khususnya akan banyak membantu di sini."

Mayo Clinic mengatakan ada beberapa perubahan pola makan utama yang dapat menargetkan area kesehatan Anda secara khusus. Mereka merekomendasikan untuk membatasi lemak jenuh dan mengurangi lemak trans sekaligus meningkatkan asupan asam lemak Omega-3, serat larut, dan protein whey. Berhenti merokok dan minum juga dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol. Seorang dokter dapat membantu Anda menentukan apakah pengobatan juga bermanfaat.

4. Kelola gula darah

Selanjutnya, mengelola gula darah Anda adalah langkah penting lainnya dalam menambah usia hidup Anda, menurut penelitian tersebut. Menurut CDC, menjaga angka-angka tersebut dalam kisaran target Anda tidak hanya dapat membantu Anda menghindari diabetes tipe 2, namun juga dapat mencegah atau menunda timbulnya penyakit jantung, kehilangan penglihatan, dan penyakit ginjal. “Tetap pada kisaran target Anda juga dapat membantu meningkatkan energi dan suasana hati Anda,” catat para ahli CDC.

Mayo Clinic menambahkan bahwa diet yang membantu Anda mengatur gula darah sebenarnya adalah "rencana makan terbaik bagi kebanyakan orang". Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi makanan utuh dalam ukuran porsi sedang dan makan pada waktu makan teratur. “Ini adalah pola makan sehat yang kaya nutrisi secara alami dan rendah lemak serta kalori. Elemen kuncinya adalah buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian,” jelas mereka.

 

3 dari 5 halaman

5. Kelola tekanan darah

Memiliki tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama kematian dan kecacatan. Itu karena hipertensi yang tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, gagal jantung, penyakit ginjal, demensia, masalah metabolisme, dan masih banyak lagi.

Berita bagus? Dengan menerapkan kebiasaan lain dalam daftar periksa AHA, Anda sudah berada di jalur menuju tekanan darah yang lebih baik. Bicaralah dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah pengobatan juga diperlukan.

6. Berhenti merokok

Berhenti merokok adalah salah satu keputusan terbaik yang dapat Anda buat demi kesehatan dan umur panjang Anda. Faktanya, CDC mengatakan bahwa berhenti merokok dapat mengurangi risiko kematian dini dan menambah harapan hidup hingga 10 tahun.

Hal ini juga dapat sangat meningkatkan kualitas hidup Anda, dengan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), hasil kesehatan reproduksi yang buruk, dan kanker.

 

4 dari 5 halaman

7. Dapatkan tidur yang sehat

Tidur berkualitas antara tujuh hingga sembilan jam per malam juga dapat mengubah kesehatan Anda dan memutar balik jam biologis Anda.

“Setiap malam saat Anda pergi tidur, hal-hal menakjubkan terjadi,” kata Naheed Ali, MD, PhD, penulis utama di Sleep Bubble.

“Saat kita tidur, tubuh kita melakukan pekerjaan perbaikan yang penting. Ini seperti menyetel segalanya saat Anda beristirahat. Sel beregenerasi, hormon yang mengontrol pertumbuhan dan stres menemukan keseimbangan, dan otak memproses informasi dari hari sehingga ingatan dapat terbentuk dengan baik. Ini penting untuk tetap tajam secara mental seiring bertambahnya usia."

Meski begitu, tidak semua tidur diciptakan dengan cara yang sama. Ali mengatakan bahwa konsistensi dan kualitas sama pentingnya dengan kuantitas tidur. "Ketika pola tidur Anda berubah terus-menerus, hal ini akan mengganggu proses perbaikan. Bayangkan mencoba memperbaiki sesuatu tetapi tidak pernah tahu kapan atau berapa lama waktu yang Anda miliki sebelum diganggu—itu sulit! Nah, ketidakkonsistenan sebenarnya dapat membuat kita lebih tua pada tingkat sel daripada kita sebenarnya."

 

5 dari 5 halaman

8. Kelola berat badan

Jika Anda melakukan semua hal lain dalam daftar ini—terutama makan dengan baik dan berolahraga secara teratur—mengelola berat badan kemungkinan besar akan menjadi hasil sampingannya. Ini adalah berita bagus karena menjaga berat badan yang sehat dapat mengurangi risiko beberapa penyakit kronis.

Secara khusus, orang yang mengatur berat badannya "lebih kecil kemungkinannya terkena diabetes, penyakit jantung, kanker tertentu, batu empedu, osteoartritis, masalah pernapasan, dan sleep apnea," kata AHA.

Bicaralah dengan dokter Anda sebelum memulai rencana kesehatan baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.