Sukses

Lirik dan Makna Lagu November Rain, Lagu Hit dari Guns N Roses

November Rain telah bertahan sebagai salah satu lagu Guns N Roses yang paling disukai penikmat musik. Tapi, apakah sebenarnya makna di balik lagu milik Guns N Roses tersebut?

Liputan6.com, Jakarta -

Lagu hit Guns N Roses "November Rain" menjadi salah satu power ballad paling ikonik dalam sejarah rock. Selain itu, November Rain telah bertahan sebagai salah satu lagu Guns N Roses yang paling disukai penikmat musik.

Lirik lagu yang kuat menjadikannya lagu klasik abadi yang terus bergema di kalangan pendengar dari segala usia. Bahkan hampir tiga dekade setelah dirilis, lagu ini terus menginspirasi dan menyetuh penggemar.

Tapi, apakah sebenarnya makna di balik lagu milik Guns N Roses tersebut?

Makna Lagu November Rain

November Rain adalah lagu tentang cinta, kehilangan dan harapan. November Rain bercerita tentang sebuah hubungan yang berantakan karena keadaan di luar kendali pasangan tersebut. 

Melansir dari Old Time Music, Rabu (1/11/2023), liriknya mengeksplorasi naik turunnya suatu hubungan dan dampak yang bisa ditimbulkan oleh keadaan dan waktu bahkan pada ikatan terkuat sekalipun.

Salah satu tema sentral lagu November Rain adalah gagasan bahwa tidak ada yang abadi. Hal ini diungkapkan paling jelas dalam bagian refrain, yang mengulangi kalimat "nothin’ last forever" (tidak ada yang abadi) beberapa kali.

Ungkapan ini merupakan pengingat yang serius bahwa cinta yang paling kuat pun bisa berlalu begitu saja, dan kita harus menghargai momen yang kita miliki bersama orang-orang yang kita sayangi.

Tema lain yang ada di sepanjang lagu ini adalah gagasan tentang ketahanan dan harapan. Terlepas dari rasa sakit dan patah hati yang dialami sang protagonis, dia tidak pernah menyerah pada kemungkinan menemukan cara untuk membuat segalanya berjalan baik.

Ketahanan dan tekad ini diekspresikan paling kuat di bagian refrain terakhir, di mana sang protagonis menyatakan bahwa dia dan rekannya masih bisa menemukan cara untuk membuat segala sesuatunya berjalan baik, bahkan dalam menghadapi rintangan yang tampaknya tidak bisa diatasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lirik Lagu November Rain dari Guns N Roses

When I look into your eyes

I can see a love restrained

But darlin' when I hold you

Don't you know I feel the same

 

'Cause nothin' lasts forever

And we both know hearts can change

And it's hard to hold a candle

In the cold November rain

 

We've been through this such a long long time

Just tryin' to kill the pain

 

But lovers always come and lovers always go

No one's really sure who's lettin' go today

Walking away

 

If we could take the time to lay it on the line

I could rest my head

Just knowin' that you were mine

All mine

So if you want to love me

Then darlin' don't refrain

Or I'll just end up walkin'

In the cold November rain

 

Do you need some time...on your own

Do you need some time...all alone

Everybody needs some time...on their own

Don't you know you need some time...all alone

 

I know it's hard to keep an open heart

When even friends seem out to harm you

But if you could heal a broken heart

Wouldn't time be out to charm you

 

Sometimes I need some time...on my own

Sometimes I need some time...all alone

Everybody needs some time...on their own

Don't you know you need some time...all alone

 

And when your fears subside

And shadows still remain

I know that you can love me

When there's no one left to blame

So never mind the darkness

We still can find a way

'Cause nothin' lasts forever

Even cold November rain

 

Don't ya think that you need somebody

Don't ya think that you need someone

Everybody needs somebody

You're not the only one

You're not the only one

3 dari 3 halaman

Fakta Unik Lagu November Rain

32 tahun yang lalu, lagu November Rain milik Guns N Roses di tayangkan perdana di Headbangers Ball MTV. Sejak video itu dirilis pada 1992, banyak hal yang telah berubah. Namun ada satu hal yang tidak berubah, November Rain masih tidak bisa dijelaskan seperti saat pertama kali ditayangkan di tv. 

Berikut beberapa fakta unik terkait lagu tersebut yang mungkin Anda lewatkan seperti dihimpun dari MTV.

1. Disutradarai oleh sosok pembuat video Guns N' Roses lainnya

"November Rain" disutradarai oleh Andy Morahan, yang resumenya mencakup dua video klip Guns N' Roses lainnya yaitu "Don't Cry" dan "Estranged", serta banyak video untuk artis lain seperti "Give in to Me" karya Michael Jackson, George "Faith" karya Michael, "Everything I Do I Do It for You" karya Bryan Adams, dan "Poundcake" karya Van Halen, serta film layar lebar "Highlander III: The Sorcerer." 

2. Model video klip yang pernah berpose untuk Playboy dan Victoria's Secret

Istri Axl dalam video musik tersebut diperankan oleh Stephanie Seymour, seorang model yang terkenal karena berpose untuk Sports Illustrated, Playboy, dan katalog Victoria's Secret. 

Seymour adalah pacar Rose yang sebenarnya pada saat itu (dia mengklaim mereka bertunangan, meski wanita itu menyangkalnya), tetapi mereka putus pada tahun 1993 ketika Axl menuduh Seymour selingkuh (mereka juga saling menuduh melakukan penyerangan dalam rumah tangga). 

3. Video termahal yang pernah dibuat saat itu

Pada saat dirilis, "November Rain" dianggap sebagai video termahal yang pernah dibuat pada saat itu. Total biayanya mencapai 1,5 juta dolar AS. Sepersepuluh dari anggaran produksi digunakan untuk pembangunan kapel di padang pasir.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.