Sukses

6 Fakta Unik Lagu November Rain yang Tak Kamu Ketahui

Berikut ini beberapa fakta unik lagu November Rain

Liputan6.com, Jakarta 32 tahun yang lalu, lagu November Rain milik Guns N Roses di tayangkan perdana di Headbangers Ball MTV. Sejak video itu dirilis pada 1992, banyak hal yang telah berubah. Namun ada satu hal yang tidak berubah, November Rain masih tidak bisa dijelaskan seperti saat pertama kali ditayangkan di tv. 

Berikut beberapa fakta unik terkait lagu tersebut yang mungkin Anda lewatkan seperti dihimpun dari MTV.

1. Disutradarai oleh sosok pembuat video Guns N' Roses lainnya

"November Rain" disutradarai oleh Andy Morahan, yang resumenya mencakup dua video klip Guns N' Roses lainnya yaitu "Don't Cry" dan "Estranged", serta banyak video untuk artis lain seperti "Give in to Me" karya Michael Jackson, George "Faith" karya Michael, "Everything I Do I Do It for You" karya Bryan Adams, dan "Poundcake" karya Van Halen, serta film layar lebar "Highlander III: The Sorcerer." 

2. Model video klip yang pernah berpose untuk Playboy dan Victoria's Secret

Istri Axl dalam video musik tersebut diperankan oleh Stephanie Seymour, seorang model yang terkenal karena berpose untuk Sports Illustrated, Playboy, dan katalog Victoria's Secret. 

Seymour adalah pacar Rose yang sebenarnya pada saat itu (dia mengklaim mereka bertunangan, meski wanita itu menyangkalnya), tetapi mereka putus pada tahun 1993 ketika Axl menuduh Seymour selingkuh (mereka juga saling menuduh melakukan penyerangan dalam rumah tangga). 

3. Video termahal yang pernah dibuat saat itu

Pada saat dirilis, "November Rain" dianggap sebagai video termahal yang pernah dibuat pada saat itu. Total biayanya mencapai 1,5 juta dolar AS. Sepersepuluh dari anggaran produksi digunakan untuk pembangunan kapel di padang pasir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Adegan konser 

Meskipun rekaman konsernya terlihat nyata, adegan pertunjukan Guns N' Roses seluruhnya dipentaskan. Band ini menyewa sebuah teater di Los Angeles dan membawa 1.500 figuran untuk menjadi penonton. 

Daripada sekadar menirukan permainan instrumen mereka dan menyinkronkan bibir ke trek yang telah direkam sebelumnya, Guns sebenarnya memainkan seluruh lagu tersebut (dan juga sejumlah lagu lain dalam kanon mereka) untuk menjaga agar para ekstra tetap terhibur.

 

3 dari 4 halaman

5. Dibuat berdasarkan cerita pendek

Video ini sebenarnya didasarkan (meskipun secara longgar) pada cerita pendek berjudul "Without You," yang ditulis oleh Del James. Ceritanya bercerita tentang seorang musisi blues yang mencoba menghadapi pacarnya yang bunuh diri. James adalah teman Axl yang lain dan ikut menulis beberapa lagu Guns, serta lagu untuk Testament dan TNT.

 

4 dari 4 halaman

6. Memecahkan beberapa rekor

"November Rain" tetap menjadi lagu terpanjang yang pernah memecahkan 10 besar Billboard, memuncak di #2 pada bulan Agustus 1992. Meskipun terkenal, video tersebut hanya dinominasikan untuk dua Penghargaan Musik Video pada tahun 1992 yaitu Sinematografi Terbaik dan Penyutradaraan Seni Terbaik dan mengalahkan klip dari Genesis, Tori Amos, Eric Clapton dan En Vogue untuk hadiah sinematografi. Namun, video tersebut terpilih sebagai video teratas tahun 1992 selama hitungan mundur akhir tahun MTV.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini