Sukses

Sederet Makanan Khas Thailand yang Wajib Kalian Coba, Mulai dari Tom Yum hingga Mango Sticky Rice

Thailand dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki berbagai hidangan lezat. Berikut ini deretan makanan khas Thailand yang wajib kalian coba, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Thailand dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki berbagai hidangan lezat. Masakan Thailand menonjol karena kesegarannya, aromanya yang eksotis, dan rempah-rempahnya yang melimpah. 

Makanan Thailand terbaik termasuk pad Thai dan nasi goreng Thailand, namun masih banyak hidangan lezat lainnya yang harus Anda coba, seperti aneka kari Thailand, hot pot Thailand yang panas dan nikmat, dan sup udang pedas. Dilansir dari Asia Highlights, Sabtu (14/10/2023) berikut ini deretan makanan khas Thailand yang wajib kalian coba, apa saja? 

1. Tom Yum Goong (Sup Udang Pedas)

Tom Yum merupakan salah satu makanan khas Thailand yang paling terkenal. Rasa unik dari sup ini, yang terkenal di seluruh dunia, diperoleh dari kombinasi wangi serai, daun jeruk purut, bawang merah, air jeruk nipis, kecap ikan, cabai segar (atau terasi), dan udang berair serta berlemak. Rasa eksotisnya yang segar dan kaya secara naluriah menentukan definisi Anda tentang cita rasa Thailand.

2. Tom Kha Kai (Sup Kelapa Ayam Thailand)

Tom kha kai adalah hidangan sup yang mirip dengan tom yum. Bumbu serupa, seperti lengkuas, bawang merah, serai, dan daun jeruk purut, menjadi rasa dasar kuahnya, kecuali cabai yang menjadi pilihan kali ini. Potongan ayam yang empuk dan jamur Asia yang aromatik membentuk kuahnya yang lembut, sementara santan kental dimasukkan dan berpadu sempurna dengan yang lainnya.

Tom kha kai bisa menjadi makanan khas Thailand terbaik untuk orang-orang yang tidak terlalu menyukai hidangan cabai dan juga bisa menawarkan rasa kesegaran Thailand dengan kualitas yang sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Guay Tiew Reua (Sup Mie)

Sup mie ini bukan merupakan hidangan utama dibandingkan yang di atas, tetapi selalu menjadi pilihan populer di restoran pinggir jalan setempat. Awalnya disajikan dari perahu di sepanjang kanal Bangkok (namanya berarti mie perahu). 

Mienya dimasak dengan kuah kaldu daging yang luar biasa, yaitu kuah kaldu yang direbus berisi bumbu dan daging khas Thailand. Cara memesannya berbeda-beda sesuai dengan daging yang Anda santap, seperti ayam, babi, atau seafood.

4. Pad Thai (Mie Goreng ala Thailand)

Hidangan khas Thailand, pad Thai seharusnya ada di menu setiap restoran di Thailand, mulai dari warung pinggir jalan yang ramai hingga restoran berbintang di Bangkok. Hidangan ini terdiri dari bihun (tipis atau lebar) yang digoreng dengan udang segar dalam jumlah banyak, tauge renyah, telur, tahu kubus yang lezat, bawang bombay, dan kacang tanah yang diparut halus. Sedikit perasan jeruk nipis akan melengkapi hidangan ini sebelum menggetarkan setiap selera di mulut Anda.

3 dari 5 halaman

5. Khao Pad (Nasi Goreng Thailand)

Ini adalah hidangan sederhana yang dapat Anda temukan dengan mudah karena disajikan hampir di semua tempat di Thailand. Bahan-bahannya antara lain nasi, telur, bawang putih, bawang merah, dan sejenis protein, seperti ayam, udang, daging kepiting, atau daging sapi. Cara memasaknya juga sangat sederhana. Masukkan saja semuanya ke dalam wajan di atas kompor dan tumis hingga semuanya tercampur dan rasa bahan-bahannya hilang.

6. Gaeng Daeng Gai (Kari Merah dengan Ayam)

Cabai merah Asia segar atau kering dalam jumlah besar dihancurkan dengan bawang putih, bawang merah, jahe biru, dan serai. Bersama-sama, bahan-bahan ini membentuk dasar pasta kari merah. Irisan dada ayam mendapatkan rasa kari merah yang kuat dan enak sebelum dicampur dengan santan kental. 

Terong, jamur, atau tomat ditambahkan dan direbus perlahan di dalam santan. Sentuhan manis jeruk purut segar dan daun kemangi memberikan keseimbangan pada aroma kari yang creamy dan hidangan ini disajikan dengan nasi melati kukus.

4 dari 5 halaman

7. Som Tum (Salad Pepaya Hijau Pedas)

Ini adalah contoh luar biasa lainnya dari hidangan sederhana namun sangat lezat. Bahan-bahannya sangat sederhana mulai dari pepaya kecil berwarna hijau (mentah), tomat, wortel, kacang panjang, kacang tanah, bawang putih, cabai, gula jawa, perasan jeruk nipis, dan kecap ikan. Bersama-sama, mereka memberikan lima rasa yang manis, gurih, pedas, asin, dan asam.

8. Pla Nueng Manow (Ikan Kukus dengan Saus Jeruk Nipis Pedas)

Pla nueng manow adalah hidangan ikan kukus ala Thailand yang patut Anda coba. Biasanya ikan yang ditangkap adalah ikan kakap. Saus pedasnya terbuat dari cabai, bawang putih, daun ketumbar, kecap ikan, air jeruk nipis, dan kaldu ayam. Ini akan membuat Anda terkesan dengan rasanya yang mendebarkan.

 

5 dari 5 halaman

9. Poh Pia Tod (Lumpia Thailand)

Lumpia Thailand dibuat dengan daging babi giling, wortel, irisan kubis, bihun, dan bawang bombay, semuanya dibungkus dengan bungkus lumpia dan digoreng hingga berwarna keemasan. Cangkangnya yang renyah mengandung kombinasi aroma segar yang baik, menjadikan hidangan ini pilihan yang cocok untuk hidangan pembuka.

10. Khao Niao Mamuang (Mango Sticky Rice)

Nasi ketan mangga adalah salah satu makanan penutup tradisional Thailand yang paling disukai. Kao niew ma muang adalah hidangan sederhana yang dibuat dengan ketan, irisan mangga segar, dan sedikit santan serta susu kental manis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.