Sukses

10 Manfaat Teh Jahe Lemon yang Jarang Diketahui

Perpaduan jahe dan lemon dalam sebuah minuman, dapat mendatangkan manfaat bagi tubuh manusia. Lantas, apa saja keuntungan yang akan kamu peroleh jika mengonsumsinya? Ada 10 Manfaat yang bisa kamu dapatkan diantaranya adalah sebagai berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Secangkir teh lemon jahe dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan Anda, sebagian besar dikonsumsi sebagai teh sebelum tidur karena efeknya yang menenangkan dan menenangkan pada pikiran dan tubuh, sehingga membantu seseorang tertidur lebih cepat.

Anda juga dapat mengonsumsinya di siang hari sebagai pengganti minuman berkafein yang sehat untuk menghilangkan stres. Dua bahan dalam teh ini, yaitu lemon dan jahe telah digunakan untuk tujuan pengobatan selama berabad-abad. Ini karena lemon dan jahe kaya akan antioksidan dan sifat anti-inflamasi.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan madu ke dalamnya untuk menambah rasa dan manfaat. Oleh karena itu, mari kita pelajari lebih jauh topik ini untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

Apa Manfaat Teh Jahe Lemon bagi Tubuh?

Teh jahe lemon merupakan secangkir teh yang sangat nikmat dan berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan jika dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu yang cukup lama. Di satu sisi, jahe telah terbukti secara ilmiah dapat meredakan masalah pencernaan, mengurangi rasa mual, dan memiliki sifat anti inflamasi yang dapat meredakan ketidaknyamanan.

Di sisi lain, lemon menambahkan vitamin C dosis tinggi, dan flavinoid yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mendukung detoksifikasi. Kombinasi kedua bahan bermanfaat ini berpotensi meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan meningkatkan pengelolaan berat badan dan meningkatkan metabolisme.

Antioksidan dalam lemon dan jahe juga berkontribusi terhadap peningkatan kesehatan kulit, sementara sifat teh yang bebas kafein memberikan peningkatan energi tanpa kegelisahan. Aromanya yang menenangkan dan potensi efek pengurangan stres menjadikannya minuman yang menenangkan.

Namun, penting untuk diingat bahwa respons individu mungkin berbeda-beda, dan teh lemon jahe sebaiknya hanya menjadi bagian tambahan dari diet yang berfokus pada gaya hidup seimbang namun tidak menggantikan nasihat atau pengobatan medis profesional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

10 Manfaat Mengonsumsi Teh Jahe Lemon

1. Meredakan Gangguan Pencernaan

Dua bahan jahe dan lemon dalam teh jahe lemon memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan pencernaan Anda. Lemon mengandung senyawa kimia yang disebut limonene, diketahui dapat membantu pencernaan lebih baik dengan meningkatkan masuknya empedu, menetralkan keasaman yang disebabkan oleh asam lambung dan dengan demikian meringankan saluran pencernaan dari gangguan pencernaan.

Jahe juga merupakan komponen makanan terkenal yang memiliki efek karminatif meredakan perut kembung. Selain itu, ini juga meningkatkan motilitas lambung yang membantu pengosongan lambung lebih cepat. Oleh karena itu, meminum teh jahe dan lemon dapat membantu meredakan gangguan pencernaan.

2. Meredakan Mual dan Muntah

Mual dan muntah yang berhubungan dengan kehamilan adalah kejadian paling umum yang menyerang sekitar 80% wanita di dunia. Oleh karena itu, efek berbagai obat serta bahan alami dalam mengatasi mual pada ibu hamil telah banyak diteliti.

Hasil tersebut menunjukkan bahwa 1 gram jahe per hari efektif meredakan mual dan muntah selama kehamilan tanpa efek samping yang berarti karena adanya komponen bernama gingerol yang memberikan sifat anti inflamasi.

Jahe adalah solusi yang bagus untuk mengatasi mabuk perjalanan, pembedahan, kemoterapi, penyakit lain, atau mual yang berhubungan dengan cedera. Oleh karena itu, teh lemon jahe dapat membantu meringankan gejala muntah dan memberikan efek antimual.

3 dari 5 halaman

3. Meningkatkan Kekuatan Kekebalan Tubuh

Bahan utama dari teh jahe lemon adalah lemon segar yang kaya akan vitamin C, dan berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini membantu tubuh menghasilkan sel kekebalan atau sel darah putih dalam jumlah sehat yang bertanggung jawab untuk melawan infeksi dan penyakit.

Mengonsumsi teh lemon dan jahe secara konsisten dapat mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan tingkat antibodi untuk membunuh mikroba dengan cepat, dan bertindak sebagai antioksidan yang menurunkan kematian sel inang.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon dapat meningkatkan aliran darah di dalam pembuluh darah, yang penting untuk menjaga tekanan darah, sehingga menjaga kesehatan jantung. Hal ini juga terbukti mencegah kekakuan arteri dan memiliki efek yang lebih baik pada profil lipid sehingga membantu mencegah penyumbatan jantung.

Jahe, yang dikenal dengan sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-trombositnya, memiliki efek hipolipidemik yang berkontribusi mengurangi risiko yang terkait dengan kesehatan jantung. Selain itu, jahe juga dikenal dapat mendukung peningkatan sirkulasi darah dan mencegah pembekuan darah, sehingga membantu menjaga kesehatan jantung.

Oleh karena itu, memasukkan obat herbal ini ke dalam rutinitas harian Anda dapat menurunkan risiko terjadinya kondisi kardiovaskular tertentu.

4 dari 5 halaman

5. Mencegah Hidung Tersumbat

Uap yang dikeluarkan dari teh hangat lemon-jahe berfungsi untuk meredakan hidung tersumbat dengan cara membuka saluran hidung. Hal ini bisa sangat membantu selama musim dingin, karena cairan hangat tidak hanya mencegah hidung tersumbat tetapi juga meredakan sakit tenggorokan.

Meskipun efeknya hanya sementara, uap teh lemon jahe dapat meredakan kondisi seperti sinusitis dan kesulitan bernapas yang terkait dengan hidung tersumbat dengan mengencerkan lendir hidung.

6. Meningkatkan Kognitif dan Suasana Hati

Jahe dipercaya dapat meningkatkan relaksasi otot dan fungsi kognitif, berpotensi membantu konsentrasi, fokus mental, dan kesehatan otak yang lebih baik. Meskipun manfaat kognitif jahe paling banyak diamati, bukti nyata masih kurang.

Selain itu, dampak jahe terhadap regulasi perubahan suasana hati mungkin merupakan aspek positif lain yang perlu dieksplorasi. Studi lain yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa menghirup uap minyak lemon berkontribusi mendorong keadaan relaksasi.

7. Meningkatkan Hidrasi

Teh lemon jahe, bila dikonsumsi dengan air, membantu menjaga tingkat hidrasi yang tepat. Hal ini penting untuk fungsi optimal dan kesehatan organ vital seperti ginjal, jantung, dan sistem pencernaan.

Menurut Bella Carvosso, Ilmuwan Biomedis dan Ahli Gizi, “Jumlah ideal teh lemon jahe untuk dikonsumsi setiap hari dapat bervariasi dari orang ke orang, namun secara umum, aman dan bermanfaat untuk meminum 1 hingga 3 cangkir teh lemon jahe per hari.

5 dari 5 halaman

8. Mendukung Kesehatan Hati

Kehadiran asam sitrat dalam lemon berkontribusi terhadap detoksifikasi hati karena mengaktifkan enzim hati dan molekul tertentu lainnya yang penting dalam jalur tersebut. Ia juga diketahui membantu regenerasi perubahan patologis tertentu di hati.

Bahkan, jahe berperan penting dalam memerangi penyakit hati seperti steatosis hati karena sifat anti-inflamasinya. Memasukkan teh lemon-jahe ke dalam makanan Anda dapat membantu menghilangkan racun dan mendetoksifikasi tubuh, sehingga meningkatkan kesehatan hati.

9. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Teh lemon jahe adalah sumber yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan penting yang berkontribusi untuk menjaga kesehatan kulit. Sifat antibakteri jahe berperan dalam melawan infeksi kulit dan menutrisi kulit. Vitamin C dalam lemon juga dikenal menawarkan sifat pembaharuan sel yang lebih tinggi, sifat mencerahkan, anti-inflamasi, dan anti-penuaan pada kulit.

10. Efek Mencegah Pertumbuhan Rambut

Efek jahe pada sel kulit telah dipelajari secara in vivo dan memberikan hasil yang menarik. Telah diamati bahwa jahe memiliki efek pro-pembunuhan sel. Oleh karena itu, teh lemon-jahe juga dapat berkontribusi mencegah bulu tubuh yang tidak diinginkan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.