Sukses

7 Tahapan Perpisahan yang Akan Dilewati Seseorang Saat Putus Cinta

Anda harus melewati ini dulu sebelum benar-benar move on dari pasangan!

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah hubungan cinta yang sudah terjalin lalu berakhir bukanlah hal yang mudah dijalani. Entah apakah Anda yang diputuskan atau Anda yang memutuskan hubungan tersebut.

Memang sangat menyakitkan jika orang yang Anda cintai memberi tahu Anda bahwa mereka tidak ingin bersama Anda lagi, dan, juga sama sakitnya ketika harus mengakhiri hubungan dengan seseorang yang Anda cintai. Walaupun, ketika Anda tahu itu adalah hal yang benar untuk dilakukan.

Maka ketika hubungan selesai, bisa jadi Anda akan mengalami tahapan perpisahan setelah putus cinta. Tahapan perpisahan ini berbeda dengan tahapan duka cita, yang mengharuskan kedua orang untuk melewati fase seperti penyangkalan, kemarahan, dan akhirnya penerimaan. Inilah yang diharapkan saat mengalami putus cinta, ditambah berapa lama waktu yang dibutuhkan, menurut pakar hubungan.

Jika Anda adalah orang yang diputuskan oleh pasangan, mungkin Anda perlu waktu lebih lama untuk menerima apa yang terjadi. Namun juga tidak mudah menjadi orang yang membuat keputusan untuk mengakhiri hubungan.

Untuk seseorang itu, mungkin ada periode waktu ketika mereka mempertimbangkan keputusan mereka dan mencoba mencari tahu apa yang ingin mereka lakukan.

"Masih sangat menyakitkan untuk putus dengan seseorang," pekerja sosial klinis berlisensi Jordan Aura-Gullick, LCSW, menjelaskan kepada Mind Body Green, "dan jika Anda adalah orang yang memutuskannya, Anda mungkin sudah menyelesaikan mengapa alasannya."

Hal ini dapat membuat Anda lebih mudah melewati fase-fase seperti syok dan penyangkalan, tetapi perpisahan masih terasa menggelegar.

Kedua belah pihak akan melewati tahapan dengan langkah mereka sendiri, yang akan terlihat sedikit berbeda untuk semua orang.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengatasi putus cinta? Tidak ada jawaban pasti berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengatasi putus cinta, menurut Gullick dan psikolog klinis Kristina Hallett, Ph.D., ABPP.

"Itu tergantung pada berapa lama Anda terlibat, seberapa kuat perasaan Anda, seberapa besar Anda berinvestasi, dan seberapa penting itu," catat Hallett.

Makanya, sangat penting untuk mengetahui tahapan perpisahan setelah putus cinta yang mungkin akan Anda lalui seperti di bawah ini!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Tahap 1: Terguncang

Tahap ini sangat relevan jika Anda adalah orang yang diputuskan oleh pasangan dan jika Anda tidak melihatnya akan terjadi. Kejutan dari perpisahan adalah tentang rasa sakit, disorganisasi, dan kebingungan. Anda mungkin mencoba merasionalisasikannya dan merasakan kebutuhan yang sangat besar untuk memahami apa yang salah.

"Seringkali, itu membingungkan," kata Gullick.

Hallett juga mencatat bahwa tahap ini disertai dengan banyak rasa sakit, dan akan sangat terfokus pada "mengapa." Menanyakan hal-hal seperti "Mengapa ini terjadi?" atau "Bagaimana mereka bisa melakukan ini padaku?" dalam upaya untuk memahami kejadian yang tidak biasa dan terduga ini.

"Orang-orang merasa bahwa mereka sangat membutuhkan jawaban, atau mereka sedang mencari penutupan," katanya. "Mereka hanya tidak memahaminya, dan pertanyaan 'Mengapa, mengapa, mengapa?' terus muncul. Ini adalah tanggapan pertama."

3 dari 8 halaman

Tahap 2: Penolakan

Kejutan dan penyangkalan saling terkait erat, saat Anda bergulat dengan kenyataan dari apa yang terjadi.

Hallett menjelaskan bahwa saat orang menyangkal, "Mereka mencari informasi—mereka cenderung terlalu fokus pada hal-hal seperti, 'Dia bilang ia akan mencintaiku selamanya, atau ia menjanjikan kami akan pergi berlibur bersama.'"

Sebagai penyangkalan, orang mengemukakan segala macam hal yang dikatakan pasangannya yang menurut mereka mengindikasikan hubungan mereka akan berlanjut.

"Mereka berdebat mengapa orang itu seharusnya tidak putus dengan mereka dan itu cenderung mengarah pada penyangkalan," tambahnya.

Penolakan dapat melibatkan upaya meyakinkan diri sendiri bahwa pasangan Anda tidak bersungguh-sungguh atau bahwa mereka akan berubah pikiran.

"Kami juga mencoba untuk merasionalisasikannya dengan otak logis kami, tetapi banyak hal yang tidak masuk akal dalam fase penyangkalan dan keterkejutan," tambah Gullick.

4 dari 8 halaman

Tahap 3: Tawar-menawar

Ini adalah tahap yang dapat menyebabkan "kambuh" atau kembali ke mantan, kata Gullick. Dalam upaya untuk memperbaiki keadaan dan/atau menghilangkan masalah, orang mungkin mulai melakukan tawar-menawar—dengan diri mereka sendiri atau dengan mantan mereka.

Hallett mencatat pertanyaan seperti "Apa yang harus saya lakukan secara berbeda?" dan "Bisakah kita memiliki kesempatan lain dan mencoba lagi?" mungkin tergoda untuk ditanyakan secara langsung. 

"Pada tahap ini, orang sangat peduli tentang 'seandainya'," catatnya, lalu menambahkan, "Anda mungkin menahan hal-hal yang sebelumnya tidak Anda sukai karena Anda merasa sangat ingin bersama orang itu."

Sampai semuanya mendingin, seperti setelah beberapa waktu berlalu, dan Anda berdua memiliki kesempatan untuk mendapatkan kejelasan dan penutupan, sebaiknya hindari menjangkau mantan selama fase ini. 

5 dari 8 halaman

Tahap 4: Kemarahan

Begitu Anda mengalami keterkejutan, penyangkalan, dan tawar-menawar, kenyataan perpisahan akan mulai terlihat.

"Dan orang tersebut seringkali sangat marah tentang apa yang terjadi," jelas Hallett. Tahap ini bisa datang dari banyak tempat berbeda tergantung pada konteks hubungan.

Apakah Anda marah karena pasangan Anda selingkuh? Marah karena putus tiba-tiba? Marah pada diri sendiri—atau mereka—karena tidak berinvestasi lebih banyak dalam hubungan? Bahkan bisa menjadi kombinasi dari hal-hal ini. Gullick mengatakan hal-hal seperti kecemburuan dan daya saing dapat muncul di tahap ini, apakah perasaan ini diarahkan pada pasangan Anda atau pada diri Anda sendiri.

Namun, pada akhirnya, kemarahan seringkali merupakan emosi yang muncul sebelum kita dapat menghadapi emosi yang lebih dalam, seperti sakit hati, kekecewaan, kesedihan, rasa malu, ketidakberdayaan, dan sebagainya.

6 dari 8 halaman

Tahap 5: Kesedihan dan Berduka

Saat kemarahan mulai menghilang, proses berduka yang sebenarnya akan mulai dimulai. Pada titik ini, Anda perlahan-lahan menerima kenyataan bahwa perpisahan itu terjadi, meskipun Anda mungkin belum tentu menerima bahwa itu benar-benar sudah berakhir.

Merasakan duka pada suatu hubungan adalah hal yang normal dan memang harus dilewati. Lagi pula, Anda tidak hanya kehilangan seseorang di dalam hidup Anda. Namun, di sisi lainnya, Anda kehilangan orang yang bersama Anda.

Gullick mencatat bahwa Anda juga berurusan dengan hilangnya kepastian hubungan yang diberikan, sejauh rencana masa depan, teman bersama, keluarga mereka, dan hal lain yang Anda bagikan.

Dia mencatat ini dapat memacu perasaan depresi, kekosongan, dan sikap apatis. Hal-hal seperti keraguan diri dan keputusasaan juga bisa masuk, serta kesepian dan pengabaian.

Ini adalah tahap yang sangat sulit untuk dilalui, tetapi kabar baiknya adalah, ketika Anda mulai memproses perasaan sedih dan duka ini, Anda dapat mulai menyembuhkan dan melanjutkan hidup.

Bersandar pada support system Anda, memprioritaskan kebutuhan dan perawatan diri Anda sendiri, dan bahkan menemui ahli kesehatan mental dapat membantu Anda melewati masa sulit ini.

7 dari 8 halaman

Tahap 6: Penerimaan

Ketika Anda mulai menerima perpisahan itu, segala sesuatunya akan mulai terasa lebih positif, dan Anda bahkan mungkin mulai menyadari bahwa hubungan itu bukan satu-satunya untuk Anda.

Gullick mencatat bahwa penerimaan bisa "Di mana saja dari penyerahan apatis ke harapan sejati dan melewati orang itu."

Penting untuk mengingat tahapan penerimaan ini, tambahnya, karena itu tidak selalu merupakan jalur linier. "Anda bisa merasa cukup yakin tentang hal itu, dan kemudian di saat lain Anda kembali menyangkal atau tawar-menawar."

Meskipun demikian, Anda akan tahu bahwa Anda sedang melewati tahap penerimaan ketika Anda mendapati diri Anda sedang melepaskan diri secara mental dari orang ini.

"Memikirkan diri Anda sebagai individu daripada mempertimbangkan atau memikirkan mantan Anda," kata Gullick.

Dan seperti yang ditambahkan Hallett, "Anda dapat melihat awal yang baru, harapan, dan fakta bahwa mungkin ada orang lain di luar sana—mereka bukan satu-satunya ikan di laut."

8 dari 8 halaman

Tahap 7: Move on

Selain menerima perpisahan, move on adalah cerita yang sedikit berbeda.

"Anda benar-benar tahu bahwa Anda telah pindah ketika itu bukan hanya penerimaan, itu benar-benar pelepasan dari orang ini," kata Gullick.

Anda dapat mengalihkan fokus dari hubungan dan mantan bahkan lebih dari saat awal dari mulai menerimanya, dan Anda benar-benar berfokus pada diri sendiri, kebutuhan sendiri, dan harga diri sendiri.

Anda akhirnya berhenti memeriksa media sosial mereka, Anda tidak terus memikirkan mereka, dan Anda mengharapkan yang terbaik untuk mereka, karena tahu Anda tidak akan menjadi bagian dari itu. Saat Anda melewati fase ini, Anda mungkin merasa siap untuk tampil lagi dan berkencan dengan orang baru, dan itu bagus!

Cobalah untuk menyadari apakah Anda sedang "rebound," atau benar-benar siap untuk memulai hubungan baru.

Gullick mengatakan ketika Anda sampai di tempat di mana Anda baik-baik saja dengan sendirian, Anda tidak lagi terjebak dengan mantan Anda, dan Anda benar-benar dapat berdiri sendiri secara emosional, Anda akan tahu bahwa Anda siap untuk memberikan cinta yang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.