Sukses

Jangan Disepelekan, Ada 5 Masalah Kesehatan Serius Saat Perut Terasa Sakit Setelah Makan

Sering merasa sakit perut setelah makan? Jangan disepelekan karena bisa jadi ada beberapa penyebab medis di baliknya.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda mengalami sakit perut atau perut terasa kembung setelah makan? Jika iya, Anda mungkin berpikir, "Kenapa perut saya terasa sakit setelah makan, ya?"

Rupanya hal tersebut memang sering dialami oleh orang-orang. Jadi, Anda tidak perlu merasa sendiri.

Menyantap makanan lezat seharusnya menjadi pengalaman yang menyenangkan. Namun, merasakan sakit perut yang begitu tiba-tiba setelahnya bisa sangat mengecewakan. Anda mungkin juga mengalami perut terasa bergas, mulas, sembelit, atau bahkan diare.

Hal ini tentunya bisa membuat Anda merasa sangat khawatir dan takut. Terlebih jika hal ini ternyata juga sering terjadi berulang-ulang.

Lalu, apakah yang menjadi penyebab hal tersebut?

Melansir dari Women's Health, Senin (22/4/2024), sebenarnya, sulit untuk mengetahui penyebab pasti dari gangguan pencernaan Anda. Mungkin Anda merasakan ketidaknyamanan umum sehabis makan makanan tertentu, atau Anda mengira intoleransi gluten mungkin penyebabnya.

Bisa saja, Anda mengalami masalah perut saat tengah bepergian, tapi tidak saat makan di rumah. Penyebab umum lainnya termasuk mengonsumsi makanan asam, alkohol, kafein, dan tentu saja, gangguan pencernaan biasa, yang bisa datang dan pergi.

Jika perut Anda sakit setelah makan, hal ini mungkin bukan merupakan hal yang perlu dikhawatirkan. Namun, hal ini bisa jadi merupakan tanda dari masalah kesehatan yang serius. Sebelumnya, ahli gastroenterologi akan berbagi beberapa penyebab paling umum secara medis untuk membantu Anda mengidentifikasi apa yang terjadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Masalah Kesehatan dari Sakit Perut Setelah Makan

Ternyata ada beberapa masalah kesehatan yang cukup serius sehingga Anda bisa mengalami sakit perut hebat setelah selesai makan. Seperti misalnya:

1. Gangguan pencernaan

Salah satu penyebab paling umum sakit perut setelah makan adalah dyspepsia—pada dasarnya merupakan kata yang bagus untuk gangguan pencernaan. Dyspepsia menyebabkan sakit perut, kembung, dan perasaan kenyang setelah Anda makan, kata Scott Gabbard, MD, ahli gastroenterologi di Cleveland Clinic.

Meskipun gangguan pencernaan biasanya hilang dengan sendirinya, perut Anda mungkin juga sakit setelah makan karena kondisi yang mendasarinya, kata Ashkan Farhadi, MD, ahli gastroenterologi di MemorialCare Orange Coast Medical Center. Sebelumnya, para ahli mempertimbangkan kondisi medis umum yang mungkin berkontribusi terhadap sakit perut Anda.

3 dari 5 halaman

2. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Kondisi ini terjadi ketika asam lambung mengiritasi lapisan kerongkongan, sehingga menyebabkan mulas dan sakit perut, kata Dr. Farhadi. Anda lebih mungkin menderita GERD jika Anda cenderung makan berlebihan atau menyukai makanan pedas, karena hal itu menyebabkan asam mengalir ke kerongkongan, yang bisa sangat menyakitkan, kata Rudolph Bedford, MD, ahli gastroenterologi di Providence Saint John's Health Center.

Jika Anda merasa menderita GERD, cobalah mengurangi makanan pedas, kafein, dan alkohol, dan konsumsi antasida yang dijual bebas untuk membantu mengatasi gejalanya. Jika cara tersebut masih tidak berhasil, hubungi dokter Anda.

3. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

IBS, kelainan usus yang dapat menyebabkan sakit perut, gas, diare, dan sembelit, dapat muncul dalam berbagai cara. Namun pasti dapat menyebabkan sakit perut setelah Anda makan, kata Dr. Farhadi.

Jika perut Anda terus-menerus sakit setelah makan dan Anda juga terus-menerus mengalami sembelit atau diare, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk menjalani tes IBS.

4 dari 5 halaman

4. Celiac Disease

Ini adalah kelainan pencernaan dan kekebalan kronis yang dapat berdampak berbeda pada penderitanya. Salah satunya adalah sakit perut setelah Anda makan gluten, kata Dr. Bedford.

Namun, perut Anda juga bisa sakit jika Anda memiliki intoleransi gluten ringan—artinya tubuh Anda kesulitan mencerna gluten—tetapi ini berbeda dengan penyakit celiac. Jika Anda memiliki celiac disease, usus kecil seseorang menjadi rusak saat mereka mengonsumsi gluten.

Dengan intoleransi gluten, seseorang mungkin mengalami reaksi fisik seperti diare atau perut bergas setelah makan gluten. Oleh karenanya, Anda dapat membantu Anda menentukan apa yang mungkin menjadi akar masalahnya.

5 dari 5 halaman

5. Gastroparesis

Juga dikenal sebagai "slow stomach", gastroparesis menyebabkan kelumpuhan sebagian otot perut dan mencegah pencernaan yang baik, kata Thomas VanderHeyden, DO, seorang gastroenterologi di Michiana Gastroenterology.

Karena itu, makanan bertahan lebih lama di perut Anda. Akibatnya, perut Anda tidak dapat menampung dan mencerna lebih banyak makanan yang Anda makan, yang kemudian menyebabkan kram dan/atau kejang pada perut. Anda mungkin juga mengalami mual atau muntah.

Sebagian besar kasus terjadi secara spontan, biasanya terjadi setelah virus lambung atau infeksi bakteri. Namun infeksi COVID-19 baru-baru ini juga dikaitkan dengan gastroparesis, menurut Dr. VanderHeyden.

Jika Anda mengalami kondisi ini, cobalah makan dalam porsi kecil dan lebih sering, sehingga makanan lebih mudah keluar dari perut Anda. Anda mungkin juga ingin menghindari makanan kaya serat seperti jeruk, brokoli, bit, dan seledri, serta mengonsumsi buah dan sayuran yang dimasak dengan baik daripada yang mentah.

Dokter Anda mungkin juga meresepkan obat untuk merangsang otot perut dan meredakan rasa mual yang terkait.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.