Sukses

Cerita Warga Cirebon Merasakan Getaran Gempa Garut

Gempa bumi tersebut juga sempat dirasakan sejumlah warga di wilayah Cirebon, Kabupaten Kuningan hingga Indramayu

Liputan6.com, Cirebon Gempa Bumi magnitudo 6,5 Sr mengguncang Kabupaten Garut Jawa Barat. Gempa yang terjadi pada Sabtu, 27 April 2024 pukul 23.29 WIB terasa ke sejumlah daerah. 

Diketahui, pusat gempa berada di 116 Km barat daya Garut. BMKG membenarkan kejadian tersebut melalui informasi yang dikeluarkan laman resminya.

"Telah Terjadi gempabumi dengan kekuatan: 6.5 SR, 116 km Barat Daya GARUT-JABAR, waktu gempa: 27-Apr-24 23:29:47 WIB, Gempa ini tidak berpotensi TSUNAMI (Event ini sudah direview oleh seismologist.)," demikian dikutip dari laman resmi BMKG.

Gempa bumi tersebut juga sempat dirasakan sejumlah warga di wilayah Cirebon, Kabupaten Kuningan hingga Indramayu. Salah seorang warga, Jajar Darojat mengaku merasakan adanya getaran mirip gempa. 

Ia yang tengah duduk menyesap kopi di sebuah kedai sontak terdiam hendak memastikan apa yang terjadi. 

"Kepala saya mendadak sedikit pusing saya merasakan ada getaran. Tapi yang terasa di kepala," kata Jajat. 

Jajat sempat tak percaya tanda alam yang dirasakan oleh tubuhnya itu. Ia pun memastikan apa yang dirasakan kepada rekannya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Getaran Gempa

Dia mengatakan, getaran gempa juga dirasakan oleh temannya. Jajat juga sempat melihat tanda alam lain jika memang terjadi gempa.

"Saya lihat daun sampai kabel listrik mendadak goyang-goyang tidak seperti biasanya. Tidak lama kemudian saya sama teman langsung keluar dari tempat ngopi" ujar Jajat.  

Guncangan gempa Garut dengan beragam skala juga dirasakan di Serang, Banten hingga Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Yandhi warga Serang, Banten merasakan gundangan yang cukup kuat. "Kerasa sampe Serang soallee," tulis Yandhi di grup WA.

Guncangan gempa juga dirasakan di Banyumas dan Cilacap, Jawa Tengah. Warga keluar rumah karena merasakan gempa berdurasi cukup lama, kisaran 10 detik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini