Sukses

Coba Tiru Metode Niksen, Gaya Hidup ala Orang Belanda untuk Atasi Stres

Pernah mendengar tentang Niksen? Gaya hidup orang Belanda untuk mengatasi stres.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam hidup, kita memang tidak bisa lepas dari stres. Padatnya aktivitas sehari-hari, pekerjaan yang menumpuk, belum lagi urusan di rumah yang menyita waktu. Rasanya ketika kehidupan mulai terasa melelahkan dan membingungkan, pasti Anda merindukan suasana yang santai dan tenang untuk dilakukan. 

Memang tidak bisa dipungkiri jika sudah mengalami stres bisa sangat mengganggu, terlebih dapat menurunkan kualitas hidup. Oleh karenanya, sangat penting bagi Anda untuk selalu dapat mengontrol situasi untuk melawan stres agar tidak memengaruhi kesehatan fisik dan kesehatan mental.

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan dan ditiru yaitu dengan metode niksen yang berasal dari Belanda. Apakah Anda sendiri pernah mendengar atau mengetahuinya? Metode yang satu ini bertujuan untuk memerangi semua yang membuat kehidupan makin sibuk dan sering membuat stres.

Bagi orang Belanda, niksen sendiri dapat diartikan sebagai "tidak melakukan apa-apa" yang begitu mirip seperti konsep rebahan dan santai di Indonesia, ya. Meskipun terkesan seperti menyia-nyiakan waktu, tapi cara ini bisa membantu mengelola stres dan mengurangi dampak negatif dari hal tersebut.

Apalagi jika saat ini Anda merasakan beberapa kondisi seperti merasa lelah, gampang sekali marah, susah tidur, hingga mengalami gangguan kesehatan tertentu. Maka, cobalah untuk melakukan niksen.

Lalu, apakah niksen yang sebenarnya? Dan bagaimana manfaatnya? Dilansir dari Time, Kamis (10/8/2023), kenali lebih dekat tentang niksen, yuk!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Niksen?

“Secara harfiah niksen berarti tidak melakukan apa-apa, menganggur, atau melakukan sesuatu tanpa ada gunanya,” kata Carolien Hamming, direktur pelaksana CSR Centrum, pusat pelatihan di Belanda yang membantu klien mengelola stres dan pulih dari kelelahan. "Berlatih niksen bisa sesederhana sekadar jalan-jalan, melihat sekeliling, atau mendengarkan musik, apa pun itu asalkan tidak dilakukan untuk mencapai sesuatu atau menjadi produktif," tambahnya.

Ruut Veenhoven, sosiolog dan profesor di Erasmus University Rotterdam, Belanda yang mempelajari kebahagiaan menambahkan, "Pikirkan cukup untuk duduk di kursi atau melihat ke luar jendela.” 

Sementara itu, niksen bisa dibilang berbeda dengan mindfullness. Di mana, mindfulness adalah tentang hadir pada saat ini. Sedangnkan niksen lebih tentang mengukir waktu untuk menjadi, bahkan membiarkan pikiran Anda mengembara daripada berfokus pada detail suatu tindakan.

“Kita harus memiliki saat-saat relaksasi, dan relaksasi dapat digabungkan dengan aktivitas semi-otomatis yang mudah, seperti merajut,” kata Veenhoven. "Salah satu aspek dari 'seni hidup' adalah mencari tahu cara bersantai apa yang paling cocok untuk Anda."

Tidak harus ada pendekatan satu ukuran untuk semua. Dengan begini, Anda bisa menemukan perilaku mana yang paling efektif untuk Anda melalui coba-coba.

3 dari 4 halaman

Manfaat Melakukan Niksen

"Di Belanda, niksen secara historis dianggap sebagai kemalasan atau kebalikan dari produktif," kata Hamming.

Akan tetapi ketika tingkat stres meningkat di Amerika Serikat dan secara global serta dampak kesehatannya yang menghancurkan, seperti kelelahan, mendapatkan lebih banyak pengakuan dari komunitas medis, tidak melakukan apa pun semakin disuarakan sebagai taktik melawan stres yang positif.

“Semua orang mencari cara untuk kembali kepada kemudahan dan koneksi,” kata Eve Ekman, direktur pelatihan di Greater Good Science Center di University of California, Berkeley, yang menyebut tingkat stres nasional di antara orang dewasa dan remaja di AS begitu menakutkan.

Tapi Ekman, yang mempelajari stres dan kejenuhan, mengatakan penelitian ini kuat dalam hal manfaat memperlambat stres. Mulai dari tunjangan emosional seperti mengurangi kecemasan hingga keuntungan fisik, seperti membatasi proses penuaan dan memperkuat kemampuan tubuh untuk melawan flu biasa. Efek kesehatan potensial ini mungkin cukup untuk mendorong bahkan orang yang paling sibuk dan terbebani di antara kita untuk mempertimbangkan meluangkan waktu untuk berlatih niksen.

"Manfaat lain dari niksen adalah dapat membantu orang memunculkan ide-ide baru," menurut Veenhoven, yang juga direktur World Database of Happiness, sebuah arsip penelitian yang berkaitan dengan kenikmatan hidup.

"Bahkan ketika kita 'nik', atau tidak melakukan apa-apa, otak kita masih memproses informasi dan dapat menggunakan kekuatan pemrosesan yang tersedia untuk menyelesaikan masalah yang tertunda," katanya, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kreativitas seseorang.

Ini dapat terwujud dalam memiliki solusi terobosan untuk masalah saat berjalan-jalan atau ide bisnis yang hebat muncul dengan sendirinya saat melamun. Penelitian juga mendukung gagasan bahwa melakukan tugas-tugas sederhana yang memungkinkan pikiran Anda mengembara dapat menumbuhkan pemecahan masalah yang kreatif, bahkan meningkatkan kemampuan Anda untuk mengatasi masalah yang mungkin sebelumnya Anda hadapi.

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan di Frontiers in Psychology, tentang pro dan kontra dari pikiran yang mengembara, menunjukkan bahwa proses ini dapat membantu seseorang mendapatkan inspirasi untuk mencapai tujuannya dan mendapatkan kejelasan tentang tindakan yang harus diambil untuk mencapai tujuan tersebut di masa depan.

4 dari 4 halaman

Kelemahan dari Niksen

Namun, metode niksen rupanya tidak lepas dari kelemahan. Literatur ilmiah menunjukkan bahwa kelemahan dari membiarkan pikiran mengembara terlalu lama bisa "terjebak dalam perenungan" daripada merasa segar, kata Ekman, yang mungkin memiliki beberapa efek fisiologis.

Dalam studi 2013, Pros and Cons of a Wandering Mind, para peneliti mengamati peserta mengalami peningkatan detak jantung selama 24 jam setelah latihan pengembaraan pikiran dan kesulitan tidur pada malam berikutnya. Di mana, para peneliti mencatat, bahwa konsekuensi segera setelah itu tidak memprediksi keadaan emosi orang dalam jangka panjang dan bahwa melamun, terutama tentang keluarga dan teman, dikaitkan dengan kepuasan hidup yang lebih tinggi.

“Kita perlu melatih pikiran kita untuk mengembara dengan cara yang imajinatif dan kreatif,” kata Ekman. Beberapa praktik "gerbang" ke niksen bisa berupa berjalan-jalan di alam atau menulis surat ucapan terima kasih, sebagai cara untuk meredakan seperti apa rasanya waktu istirahat yang sebenarnya.

Menurut Veenhoven, tidak praktis untuk berlatih niksen terus-menerus. Sebab, kita tidak dapat melakukan apa pun sepanjang waktu. Sebaliknya, mengukir waktu untuk bermalas-malasan yang diimbangi dengan gaya hidup aktif dapat memaksimalkan manfaat niksen

“Meskipun istirahat berfungsi dan dapat membuat seseorang merasa lebih baik setelah beraktivitas, itu bukanlah cara utama menuju kebahagiaan dalam arti kepuasan hidup,” katanya.

Faktanya, orang yang berpartisipasi dalam aktivitas yang lebih produktif cenderung lebih bahagia karena koneksi sosial yang lebih kuat dan rasa percaya diri yang lebih kuat, menurut sebuah studi tahun 2016 terhadap orang dewasa yang lebih tua. Penelitian juga menunjukkan bahwa kebahagiaan menghasilkan produktivitas, artinya ada korelasi antara relaksasi, kebahagiaan, dan produktivitas.

"Intinya adalah mencari tahu cara bersantai apa yang paling cocok untuk Anda," kata Veenhoven. Apakah itu sesuatu yang aktif pasif dan agak bersifat kedua, seperti merajut atau berjalan-jalan. Selama Anda mengizinkan diri sendiri untuk 'nik' secara teratur dan tanpa niat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.