Sukses

5 Coping Mechanism yang Tidak Sehat dan Bisa Merugikan Diri Sendiri, Apa Saja?

Pastikan coping mechanism Anda dalam melewati masa-masa sulit adalah cara yang sehat dan tidak berbahaya. Seperti misalnya jangan mengikuti lima kebiasaan di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Dalam hidup memang tidak selalu berakhir bahagia dan sesuai dengan rencana. Pada kondisi tertentu, kita semua pasti akan menemukan situasi dan emosi yang begitu sulit.

Baik kita memilihnya secara sengaja atau secara otomatis, coping mechanism adalah upaya alami untuk melindungi diri kita sendiri. Kondisi ini muncul karena banyak dari kebiasaan mengatasi masalah hanya memberikan kesenangan atau kelegaan sementara.

Sayangnya, strategi-strategi tersebut merupakan strategi yang menghambat—bukan menyelesaikan. Hal ini bisa mendasari kerusuhan. Termasuk akan menganggu kesehatan mental Anda nantinya bila dibiarkan begitu saja.

Sebagaimana dilansir dari Real Simple, Senin (8/4/2024), ketika masa-masa sulit berlangsung, sangat penting untuk mempelajari cara mengidentifikasi dan menghindari coping mechanism yang tidak sehat. Seperti apa contohnya?

1. Lupa Bernapas

Pernahkah Anda merasa tidak bisa bernapas saat terbebani dengan tugas, pikiran, atau perasaan, atau mendapati Anda secara tidak sadar menahan napas saat mengalami sesuatu yang membuat stres? Sampai Anda harus mengingatkan diri sendiri untuk bernapas.

“Merupakan hal yang wajar jika Anda merasa gelisah lebih sering dari biasanya—Anda tidak sendirian,” kata Paula Pavlova yang merupakan instruktur yoga bersertifikat, pemimpin meditasi, dan pendiri Pavlova Wellness. “Tetapi mengurangi oksigen yang sangat dibutuhkan tidak akan membantu menanggung beban tersebut.”

Lain kali Anda merasakan jantung berdebar kencang, perut mual, dan rahang mengepal (semuanya merupakan reaksi fisik yang tidak disengaja terhadap stres), Pavlova menyarankan untuk menginjakkan kaki dengan kuat ke tanah—atau berbaring atau duduk—dan tutup mata Anda.

“Ambil napas dalam-dalam, perlahan, dan stabil sepanjang masuk (seperti Anda bernapas ke dalam tungkai dan kaki), tahan sejenak, lalu keluarkan dengan perlahan,” ujarnya.

Lakukan ini setidaknya tiga kali sebelum kembali ke tugas yang ada. Hanya setelah Anda merasa terhubung kembali dengan napas dan lebih melekat pada tubuh Anda, kembalilah ke apa yang Anda lakukan sebelum istirahat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Membiarkan Terlalu Banyak Pikiran Negatif

“Stres yang umum memanifestasikan dirinya adalah sebagai mentalitas kekurangan yang menjalar,” kata Pavlova. "Kami merasa seolah-olah diri kami sendiri tidak cukup, atau tidak pernah ada cukup waktu, uang, energi, bakat, dukungan—Anda mengisi kekosongan itu."

Meskipun dalam beberapa kasus hal ini mungkin benar, hanya membicarakan apa yang tidak mencukupi, atau apa yang tidak berhasil, tidak akan mengubah keadaan.

“Ketika Anda mendapati diri Anda secara mental memikirkan apa yang kurang, ciptakan lebih banyak kesadaran tentang hal sebaliknya: kelimpahan (abundance),” kata Pavlova.

Mentalitas kelimpahan memberdayakan Anda untuk percaya pada kemampuan Anda untuk menaklukkan keadaan apa pun (yang terlihat atau tidak terduga) dengan percaya pada diri sendiri, tidak peduli berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Ini tidak berarti bersandar pada gagasan tentang lebih banyak barang (uang, kekuasaan, barang); pola pikir berkelimpahan adalah pola pikir optimisme dan hak pilihan, bukan sikap negatif dan ketidakberdayaan.

Terlepas dari hal-hal negatif—yang akan selalu ada—apa yang Anda miliki? Apa yang banyak dalam hidupmu? Hal baik apa yang sudah kamu capai hari ini, meskipun itu kecil?

“Konsep 'tidak cukup' merupakan konstruksi sistem yang pada akhirnya kita ciptakan: Kita menyetujui tenggat waktu, kita memilih pemimpin kita, dan kita memenuhi ketakutan kita dengan retorika yang membuat kita merasa tidak berdaya,” kata Pavlova. "Sebaliknya, anggaplah diri Anda sebagai pahlawan. Saat Anda percaya pada diri sendiri, Anda mulai memberikan pengaruh pada dunia di sekitar Anda, bukan sebaliknya."

3 dari 5 halaman

3. Terlalu Keras Bekerja (Overworking)

Terkadang, untuk menghindari memikirkan masalah pribadi, kita mengarahkan seluruh energi kita ke dalam kehidupan profesional, yang dapat menyebabkan lebih banyak masalah.

“Menggunakan pekerjaan sebagai cara utama untuk mengatasi stres atau menghindari masalah pribadi dapat menyebabkan kelelahan, hubungan yang tegang, dan pengabaian aspek penting lainnya dalam kehidupan,” kata Sanam Hafeez, MD, neuropsikolog dan direktur Comprehend the Mind yang berbasis di New York City.

Berfokus pada pekerjaan mungkin terdengar seperti gangguan positif dan solusi yang sama-sama menguntungkan dalam menyelesaikan tugas. Namun, membawa pekerjaan kantor ke rumah juga dapat menimbulkan kebencian di tempat kerja, sehingga menyebabkan Anda melakukan pekerjaan dengan kurang memadai.

Hafeez merekomendasikan pembuatan jurnal untuk membantu melepaskan atau mengkonsolidasikan pemikiran Anda.

“Buatlah jurnal untuk mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman Anda. Menulis dapat membantu Anda memperoleh wawasan tentang emosi Anda, mengidentifikasi pola, dan menemukan kejelasan dalam situasi yang menantang,” kata Hafeez.

4 dari 5 halaman

4. Terlalu Banyak Konsumsi Alkohol

“Sebagai manusia, kita sering memilih jalan yang paling sedikit perlawanannya dengan mengabaikan isyarat yang dirancang oleh tubuh dan pikiran kita untuk membantu kita belajar dari sejarah kita dan orang lain,” kata Paula Pavlova. “Kita menggunakan zat-zat seperti obat-obatan, makanan, dan alkohol untuk meredam kekhawatiran kita, melakukan pertengkaran kecil untuk menghindari perasaan kita, menunjukkan kelemahan orang lain, dan menyimpan dendam alih-alih memperhatikan diri kita sendiri.”

Banyak orang setuju bahwa tidak ada yang lebih menenangkan saat ini selain koktail atau segelas anggur. Konsumsi alkohol dalam jumlah sedang merupakan pelarian yang menyenangkan dan enak—tetapi pada saat mental tidak tenang, bosan, atau depresi, ini adalah cara yang sangat tidak sehat untuk mengatasinya.

“Saya merekomendasikan untuk meminimalisasikan minuman,” kata Cassie Majestic, MD, dokter pengobatan darurat yang berbasis di Orange County, CA.

“Meskipun alkohol membuat orang merasa lebih relaks dan bahagia pada awalnya, efeknya hanya bersifat sementara. Sibukkan diri Anda dengan proyek, tujuan, atau interaksi lain, dan batasi jumlah alkohol yang Anda simpan di rumah, sehingga ada penghalang untuk minum berlebihan."

5 dari 5 halaman

5. Tidak Mengikuti Jadwal

Bagi banyak orang, tidak memaksakan diri untuk mengikuti jadwal yang ditentukan sendiri dapat menjadi cara untuk menghibur rasa cemas dan ketidakpastian mereka. Namun seiring berjalannya waktu, kurangnya kesadaran akan struktur, serta interaksi manusia yang teratur, akan lebih banyak merugikan daripada menguntungkan.

“Jika Anda bertanggung jawab di tempat kerja, jadwalkan rapat video atau makan siang secara teratur dengan tim Anda. Jika Anda terbang sendirian, pertimbangkan untuk membuat jadwal sendiri (dengan slot waktu tertentu) pada hari kerja,” kata Cassie.

"Pertimbangkan untuk menggunakan agenda kuno, karena segala sesuatunya melibatkan teknologi saat ini. Dan keluarlah dari pekerjaan itu! Anda dapat berharap untuk menggunakannya kembali ketika hari kerja Anda selesai."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.