Sukses

Dihadiri Anggota Parlemen, Begini Uniknya Perayaan Idul Adha di Sheffield, Inggris

Begini uniknya perayaan Idul Adha di Sheffield, Inggris

Liputan6.com, Jakarta Pada hari Rabu dan Kamis lalu, umat muslim merayakan hari raya Idul Adha 1444 Hijriah. Seperti di tanah air, warga Indonesia di kota Sheffield – Inggris turut merayakan hari besar keagamaan tersebut. Sebagian besar masjid-masjid di Sheffield merayakan Idul Adha pada hari Rabu, 28 Juni 2023, mengikuti keputusan pemerintah Saudi Arabia.

Ada juga masjid-masjid komunitas Pakistan yang melakukan sholat Idul Adha pada tanggal 29 Juni 2023. Sholat Eid di Sheffield dilakukan di beberapa tempat, umumnya di lapangan sekolah atau di taman.

 

Seperti di Indonesia, selesai sholat Idul Adha ada kotak amal didistribusikan kepada jemaah. Di Sheffield, pasca pandemik COVID 19, cashless menjadi hal yang normal sehingga kotak amal mesjid pun dibuat cashless menggunakan mesin EDC.

Kemeriahan Idul Adha di Sheffield menarik perhatian warga sekitar. David Baker (71 tahun), warga Sheffield menyatakan bahwa dia sangat senang melihat warga muslim merayakan Idul Adha, terutama karena mereka (warga muslim) menggunakan pakaian yang indah-indah ketika sholat, dan memasak makanan enak.

"I am so fascinated to see people celebrating Eid. You guys pray together in park, dressed beautifully. You also cook delicious food," ujarnya.

Kemeriahan Idul Adha turut menjadi perhatian anggota parlemen atau yang biasa disebut sebagai MP (member of parliament). MP kerap kali berkeliling di wilayah konstituensinya, misalnya berkeliling di taman untuk memberi ucapan selamat hari raya kepada warganya yang selesai melakukan sholat Eid, atau sedang piknik merayakan Idul Adha. MP berfoto bersama warga Indonesia yang sedang piknik usai sholat Idul Adha di Ponderosa Park.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak ada hari libur khusus

Seperti halnya negara non-muslim lainnya, Inggris tidak memiliki hari libur khusus untuk merayakan Idul Adha. Banyak warga muslim di Sheffield yang langsung kembali bekerja atau sekolah seusai sholat Eid. Dengan demikian, banyak warga muslim yang menunda merayakan Idul Adha hingga akhir pekan.

Demikian juga warga muslim Indonesia di Sheffield. Untuk mengakomodasi kesibukan warga yang bekerja, KIBAR Sheffield (Keluarga Islam di Britania Raya) dan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Sheffield mengadakan acara potluck dan BBQ di Ponderosa park pada hari Sabtu, 1 Juli 2023. Acara ini terbuka untuk warga Indonesia secara umum, muslim maupun non muslim. Fathul ulum, ketua KIBAR Sheffield menyatakan bahwa perayaan Idul Fitri dan Idul Adha sangat penting rutin diadakan untuk menjaga silahturahmi warga Indonesia.

Beragam masakan Indonesia dibawa oleh warga Indonesia di Sheffield, untuk dimakan bersama-sama. Tak lupa warga juga menyiapkan bahan makanan untuk dibakar seperti sate kambing dan sapi. Kemala Ayunda, mahasiswa master di University of Sheffield, membawa hidangan sate Padang ke acara potluck Idul Adha ini.

 

3 dari 3 halaman

Kemampuan masak yang berguna di negeri orang

Kemala menyatakan kebahagiaannya bahwa kemampuannya memasak berguna di luar negeri, "Aku dulu berfikir untuk apa sih capek-capek belajar masak sebelum ke Inggris. Ternyata aku memasak sate Padang di luar negeri. Semoga sate Padangku disukai teman-teman semua."

Hal serupa juga disampaikan oleh Joko Purwanto, warga asal Yogyakarta yang kini bekerja sebagai staff di University of Sheffield. Joko menyatakan kebahagiaan bahwa kemampuannya meracik sate Klathak dan Maranggi berguna di Inggris.

Tak tanggung-tanggung pada H-1 acara BBQ, Joko dan rekan-rekan terlihat duduk lesehan beralas terpal di halaman depan rumah salah satu warga Indonesia, mempersiapkan 600-an tusuk sate Klathak dan Maranggi. Sebagian warga Indonesia berkumpul di perumahan Bromhall – Sheffield, mempersiapkan sate untuk perayaan Idul Adha

Demikan sedikit cerita Idul Adha dari kami di rantau. Akhir kata, kami warga Indonesia di Sheffield mengucapkan selamat Idul Adha 1444 Hijriah. Semoga Allah selalu melimpahkan berkah dan rahmatnya kepada kita. Aamiin. Salam hangat dari kami di Sheffield, Inggris

Penulis: Dian Mayasari (Associate Lecturer di The University of Sheffield)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini