Sukses

Waspada Tanda Tersembunyi Diabetes di Mata yang Menandakan Penyakit Lanjutan

Berikut tanda tersembunyi diabetes di mata yang dapat menandakan penyakit lanjutan

Liputan6.com, Jakarta Tanda-tanda peringatan diabetes yang tersembunyi dapat ditemukan di mata Anda, itu bahkan dapat menandakan stadium lanjut dari penyakit tersebut.

Meskipun itu mungkin merupakan salah satu gejala diabetes tipe 2 yang berkembang belakangan, komplikasinya dapat melemahkan dan menyebabkan masalah penglihatan.

Diabetes tipe 2 adalah kondisi umum yang menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi terlalu tinggi.

Ini dapat menyebabkan gejala seperti rasa haus yang berlebihan, perlu banyak buang air kecil dan kelelahan. Ini juga dapat meningkatkan risiko Anda mengalami masalah serius dengan mata, jantung, dan saraf Anda.

Penderita bisa terus mengalami kehilangan penglihatan tiba-tiba atau penglihatan kabur, bentuk mengambang di depan mata atau sakit mata atau kemerahan.

Menurut MailOnline, masalah yang memengaruhi mata itu sendiri disebabkan oleh retinopati diabetik, komplikasi dari kondisi itu sendiri yang disebabkan oleh kadar gula darah tinggi yang merusak pembuluh darah yang memberi makan bagian belakang mata: retina.

"Tanpa pengobatan, ini dapat menyebabkan kebutaan. Tapi butuh waktu bertahun-tahun untuk sampai ke tahap ini," kata NHS.

Kyla Black, dari Boots Opticians, berkata: "Tes mata memeriksa penglihatan Anda dan apakah Anda memerlukan kacamata."

"Tetapi mereka juga memainkan peran penting dalam memeriksa potensi kondisi kesehatan yang serius seperti diabetes."

Gejala diabetes tipe 2 meliputi:

  • kencing lebih dari biasanya, terutama di malam hari
  • merasa haus sepanjang waktu
  • merasa sangat lelah
  • menurunkan berat badan tanpa berusaha
  • gatal di sekitar penis atau vagina Anda, atau berulang kali terkena sariawan
  • luka membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh
  • penglihatan kabur

Diabetes tipe 2 adalah kondisi seumur hidup yang dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari Anda. Anda mungkin perlu mengubah pola makan, minum obat, dan melakukan pemeriksaan rutin.

Ini disebabkan oleh masalah dengan bahan kimia dalam tubuh (hormon) yang disebut insulin dan sering dikaitkan dengan kelebihan berat badan atau tidak aktif, atau memiliki riwayat keluarga diabetes tipe 2.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5 Benda yang Sebaiknya Tidak Anda Taruh di Kamar Tidur Menurut Pakar Hubungan

Apakah Anda sudah menjalin hubungan atau ingin menjalin hubungan, pasangan Anda cenderung melihat lebih dekat ke kamar tidur Anda daripada kebanyakan orang di beberapa titik.

Ruang ini sering berfungsi sebagai panggung utama untuk membangun keintiman dengan orang lain. Tapi itu juga bisa menjadi titik putus bagi pasangan tergantung pada faktor-faktor tertentu.

Berbicara dengan pakar hubungan, pakar hubungan menjelaskan betapa ruangan ini dapat memengaruhi ikatan antara Anda dan pasangan. Berkut ini lima hal yang tidak boleh Anda miliki di kamar Anda jika Anda tidak ingin menimbulkan masalah dalam hubungan Anda.

Dihimpun dari Bestilife, ini dia.

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

6 Zodiak Paling Tidak Bisa Dimintai Bantuan, Males Banget Gerak

Ingat anak-anak yang bersembunyi dari guru karena tidak ingin dipanggil di kelas? Itulah yang dirasakan beberapa orang ketika diminta untuk membantu sesuatu. Mereka lebih suka duduk di pinggir lapangan—jika ada sesuatu yang tidak menguntungkan mereka dalam jangka panjang, mereka akan keluar dari sana.

Bersikap akomodatif bukanlah gaya mereka, dan jika mereka akhirnya membantu, mereka mungkin akan mengeluh sepanjang waktu. Dan sementara mereka mungkin hanya mengalami hari yang malas, astrologi mungkin ada hubungannya dengan itu.

Berikut ini daftar zodiak yang menurut paling tidak membantu — dari mereka yang bisa sedikit tidak kooperatif hingga zodiak yang sama sekali tidak berguna. Dihimpun dari Bestlife, ini dia.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Pameran Van Gogh Alive Hadir di Jakarta, Cek Harga Tiket, Cara Pesan, dan Jadwalnya di Sini

Bagi kamu penggemar, sebaiknya tidak melewatkan kesempatan yang satu ini. Pameran Van Gogh Alive bakal tampil di Jakarta, tepatnya di Mal Taman Anggrek.

Sebelumnya, pameran yang menampilkan karya-karya Van Gogh dengan pengalaman imersif 360 derajat ini telah hadir terlebih dahulu di Singapura dan Bangkok.

Dari laman vangogh.co.id, diklaim bahwa pameran yang telah menarik 8,5 juta pengunjng di seluruh dunia itu akan hadir di 7 Juli-9 Oktober 2023, setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam.

Van Gogh Alive sendiri merupakan pameran di mana karya-karya Van Gogh menjadi terlihat hidup dan interaktif dengan tampilan animasi memukau. Pengunjung pula akan dimanjakan dengan suara-suara dan musik yang terinspirasi dari mahakarya Van Gogh.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.